Analsis kebutuhan jumlah pramusaji pada tanarasa restaurant di tanadewa resort & spa

Analysis of the number of waiters needs at tanarasa restaurant at tanadewa resort & spa

Authors

  • Ni Komang Juniastuti Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v1i8.140

Keywords:

Pramusaji, Total beban kerja, Jumlah tenaga kerja pramusaji

Abstract

Pramusaji adalah salah satu tenaga kerja yang berada direstaurant yang memberikan kualitas pelayanan yang baik sesuai dengan keinginan tamu. Mengingat pentingnya tenaga kerja sangat berpengaruh pada kualitas pelayanan maka adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui beban kerja yang dihadapi oleh pramusaji dan mengetahui jumlah tenaga kerja pramusaji yang sesuai pada Tanarasa Restaurant di Tanadewa Resort & Spa ubud. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik analisis deskriptif kuantitatif yaitu Work Load Analysis (Analisis Beban Kerja) dan Work Force Analysis (Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja) . Hasil penelitian yaitu total beban kerja yang distandarkan oleh manajemen tidak sesuai dengan senyatanya dilapangan dan penambahan jumlah tenaga kerja pramusaji yang mengunakan Work Force Analysis (analisis kebutuhan tenaga kerja).

Author Biography

Ni Komang Juniastuti, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Diploma III Perhotelan

References

Brown, Graham.2004. The Waier’sHandbook.Australia: PearsonHospitality Press. Dessler, Gary. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Diterjemahkan olehParamita Rahayu. Edisi Ke-10. Cetakan Ke-l, New Jersey: Prentice-Dahmer, Inc.

Dahmer, Sondra J. And Kahl. Restaurant Service Basic. 2ndEdition. New Jersey:John Wiley& Sons, Inc.

Fischer, John W, 2005, At Your Service: A Hand- on Guidetothe ProfessionalDiming Room.Hoboken, New Jersey: Jhon Wiley and Sons, Inc.

Kamaruddin. 2000.Pengadaan Personalia. Jakarta: Rajawali Pers.

Mangkunegara, A. Anwar Prabu. 2003. Perencanaan dan pengembangan SumberDaya Manusia. Bandung: PT.Refika Aditama.

Marsum, W.A. 2002. Restoran dan Segala Permasalahan. Edisi ke-3.Cetakan ke-3. Yogyakarta : Andi.

Martoyo, Susilo. 2000.Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kelima.Yogyakarta: BPFE.

Ninemeier, Jack D. And David K. Hayes. 2006, RestaurantOperationsManagement:Principle and Practices. I’ Edition. New Jersey: PearsonEducation, Inc.

Pizam, Abraham dan Judy holcomb (ed). 2008. International Dictionary ofHospitalityManagement. 1” Edition. Oxford: Elseevier Ltd.

Ranupandojo, Heindjrach dan Suad Husnan. 1990. Manajemen Personalia.Edisi Ke-4. Cetakan Ke- 10. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Ruky, Achman S. 2006. Sumber Daya Manusia Berkualitas Mengubah VisiMenjadi Realitas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sastrohadiwiryo, B.S. 2002. Manajemen Tenaga Kerja. Indonesia.Jakarta : Bumi Aksara

Sihite, Richard. 2000. Tata Hidangan. Cetakan Ke-5. Surabaya. SIC.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Tjiptono, Fandy. 2005. Service Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Mengenai Tenaga Kerja.2003. Jakarta: RepublikIndonesia.

Wiwoho, Ardjono. 2008. Pengetahuan Tata Hidangan. Jakarta : Erlangga.

Published

2022-08-31

How to Cite

Juniastuti, N. K. (2022). Analsis kebutuhan jumlah pramusaji pada tanarasa restaurant di tanadewa resort & spa: Analysis of the number of waiters needs at tanarasa restaurant at tanadewa resort & spa. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(8), 2034 -2053. https://doi.org/10.22334/paris.v1i8.140