Pengaruh kualitas pelayanan dan produk terhadap kepuasan konsumen di naughty nuri’s warung seminyak
The effect of service and product quality on consumer satisfaction at naughty nuri's warung seminyak
DOI:
https://doi.org/10.22334/paris.v1i8.144Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan produk terhadap kepuasan konsumen di Naughty Nuri’s Warung Seminyak. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli – Agustus 2021. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang telah menggunakan jasa dan produk di Naughty Nuri’s Warung Seminyak. Penentuan jumlah sampel mempergunakan teori Hair et al dengan jumlah sampel sebanyak 70 responden. Teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non-probability sampling dengan accidental sampling. Data dikumpulkan menggunakan penyebaran kuisioner kemudian dilakukan analisis kuantitatif yang meliputi: uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2), serta pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan produk berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan konsumen yang ditunjukkan dengan tingkat signifikansi 0,000. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Hasil tersebut menandakan bahwa untuk meningkatkan kepuasan konsumen di Naughty Nuri’s Warung Seminyak, pihak manajemen perlu memperhatikan faktor kualitas pelayanan dan produk dikarenakan faktor – faktor tersebut terbukti mempengaruhi kepuasan konsumen.
References
Angipora, M. P., 2002, Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Gerson, Richard F. 2002. Mengukur Kepuasan Pelanggan, Penerbit. Jakarta: PPM.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.
Kotler P. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo.
Tjiptono, Fandy. 2016. Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta. CV Andi Offset.
Asmara, A.Y., 2020. Analisis Faktor Pertimbangan Generasi Z Dalam Memilih Restoran di Kota Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Fiazisyah, A. Purwidiani, N., 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Cepat Saji KFC Basuki Rahmat Surabaya. Jurnal Tata Boga, 7(2).
Fiazisyah, A. Purwidiani, N., 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Cepat Saji KFC Basuki Rahmat Surabaya. Jurnal Tata Boga, 7(2).
Gunardi, C.G. and Erdiansyah, R., 2019. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Mangkok Ku. Prologia, 3(2), pp.456-463.
Gunawan, R. and Azhar, D., 2020. Hubungan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen Pada Restoran Kopilao Puncak Bogor. Jurnal Visionida, 6(1), pp.60-72.
Habibi, Andrian. 2020. Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan, Vol. 4, No. 1. http://journal.uinjkt.ac.id. Diakses 21/05/2021
Harahap, Z., Leonandri, D. and Julvitra, E., 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di 71st Omakase Restoran, Cikajang Jakarta. Jurnal Akademi Pariwisata Medan, 8(2), pp.120-131.
Jiwantara, I Gusti Krisna. 2016. Pengaruh Pelayanan Buffet Breakfast Terhadap Kepuasan Tamu Pada Restaurant Di Harris Hotel & Conventions Denpasar. Denpasar: Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional
Maulidah, I., Widodo, J., & Zulianto, M. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 26-29.
Patimah, S. 2018. Analisis Pengaruh Global Branding Terhadap Purchase Intention Melalui Perceived Product Quality (Studi Pada Produk Pakaian Pria the Executive) (Doctoral dissertation, STIE Indonesia Banking School).
Prakash, A., & Mohanty, R. P. 2012. Understanding service quality. Production Planning & Control, 24(12), 1050–1065. doi:10.1080/09537287.2011.643929
Putro, S.W., 2014. Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), pp.1-9.
Reich, A. Z., McCleary, K. W., Tepanon, Y., & Weaver, P. A. (2005). The Impact of Product and Service Quality on Brand Loyalty. Journal of Foodservice Business Research, 8(3), 35–53. doi:10.1300/j369v08n03_04
Sari, D.K. dan Paludi, S., 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Uccello. STEIN eRepository, 15(1).
Sebayang, Y.B. and Gulo, S., 2020. Pengaruh Kualitas Produk Restoran Gayam Terhadap Kepuasan Tamu Pada Hotel Swiss Garden Beach Resort Damai Laut. Jumant, 12(2), pp.140-150. Syahri, D., Pratama, M. I., & Gustiara, Y. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Karibia Seafood Medan. TANSIQ: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 1(1).
Akbar, Jihad. 2020. Perjalanan Pandemi Covid-19 di Indonesia, Lebih dari 100.000 Kasus dalam 5 Bulan. https://www.kompas.com. Diakses 21/05/2021
BPS Provinsi Bali. 2020. Banyaknya Restoran dan Rumah Makan Dirinci Menurut Kabupaten/Kota di Bali, 2019- 2020. https://bali.bps.go.id/. Diakses 25/08/2021
BPS Provinsi Bali. 2020. Berita Resmi Statistik Perkembangan Pariwisata Provinsi Bali No. 60/10/51/Th. XIV. https://bali.bps.go.id. Diakses 25/08/2021
Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Bali. 2021. Data Kasus Covid-19 Provinsi Bali. https://infocorona.baliprov.go.id. Diakses 25/08/2021
Kadafi, Moh. 2020. Imbas Pandemi Covid-19, 532 Perusahaan di Badung Bali Tutup. https://www.merdeka.com. Diakses 01/08/2021
Tripadvisor.com. 2020. https://www.tripadvisor.com/Restaurant _Review-g469404-d10747526-ReviewsNaughty_Nuri_s_SeminyakSeminyak_Kuta_District_Bali.html. Diakses pada 01/08/2021.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Anak Agung Ngurah Arindra Kusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.