Strategi pemasaran dalam meningkatkan tingkat hunian kamar pada hotel asri melawi selama masa pandemi covid-19
Marketing strategies to improve room occupation at the asri melawi hotel during the covid-19 pandemic
DOI:
https://doi.org/10.22334/paris.v1i8.145Keywords:
Analisis SWOT, Bauran Pemasaran, Strategi PemasaranAbstract
Penelitian ini membahas strategi pemasaran dalam meningkatkan tingkat hunian kamar pada Hotel Asri Melawi selama masa pandemi Covid-19 dengan tujuan untuk menganalisis kondisi bauran pemasaran, kondisi internal dan eksternal, dan untuk mengetahui strategi alternatif yang dapat diterapkan di Hotel Asri Melawi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, observasi, dokumentasi, dan juga penyebaran kuesioner kepada 3 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, IFAS-EFAS dan analisi SWOT. Hasil penelitian dengan analisis SWOT didapat posisi Hotel Asri Melawi berada pada kuadran II, yakni menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang dengan cara strategi diversifikasi. Strategi diversifikasi yang dapat dilakukan oleh Hotel Asri Melawi adalah dengan memanfaatkan teknologi digital yang menjadi pengaruh besar dalam promosi yang dimana sebagian besar orang telah beralih ke online di masa pandemi Covid-19.
References
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Ayuningtyas, A. F., Widyatmaja, I. G. N., & Sulistyawati, A. S. 2015. “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Tingkat Penjualan Produk di Sang Spa Ubud Bali”. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, 3(1), 199-210.
Banur, M. M., Fanggidae, R. P., & Foenay, C. C. (2021). PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN SEGMENTASI PASAR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA PT. MUTIARA TIMOR STAR KUPANG. GLORY: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 2(2), 135-146.
Budi, Permana, A, 2013. Manajemen Marketing Perhotelan. Yogyakarta: CV Andi Offset
Gunawan, M. A. 2019. City hotel malang tema arsitektur modern. Doctoral dissertation, ITN MALANG
Karomi, M. I., Febdilan, F. K., Antoni, Y., Putra, A. N. S., & Lantang, A. G. (2020). Strategi Pemasaran Hotel Pasca Bencana Gempa Bumi Di Hotel Kota Mataram Dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2).
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2021). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 2.
Marlius, D. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Nagari Cabang Muaralabuh.
Naninsih, N., & Hardiyono, H. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Keputusan Pembelian Produk Usaha Kecil Menengah (Ukm) 310 Di Makassar. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 1(1).
Pantiyasa, I Wayan.2013. Metodologi Penelitian. Sekolah Tinggi Pariwisata Bali International. Denpasar.
Pantiyasa, I Wayan.2015. Pedoman Penulisan Skripsi/Tugas Akhir Diploma DIV Manajemen Perhotelan Pada Sekolah Tinggi Pariwisata Bali International. Denpasar.
Rahayu, D. (2018). ANALISIS BAURAN PEMASARAN PRODUK BONEKA DI KOTA CIMAHI (Studi Pada Usaha Kecil Buang Manunggal Jaya) (Doctoral dissertation, PERPUSTAKAAN).
Rakhmawati.N dan W.H. 2020. “Peranan Higiene dan Sanitasi Dlama Proses Pengelolahan Makanan di Hotel Brogto Yogyakarta”. Jurnal Khasanah Ilmu. Vol 4 No 1. Hal 79- 87.
Rangkuti, Freddy. (2009). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama
Sihite, Richard, 2000, Tourism Industry (Kepariwisataan), Surabaya: Penerbit SIC.
Syakir Abdullah, H., Sri, A. A. P., & Suarka, F. M. (2-16)Strategi promosi dalam meningkatkan tingkat hunian kamar di grand clarion hotel & convention makassar.
Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi ke 3, Penerbit Andi, Y ogyakarta
TOGHAS, L., & JULIANA, M. 2019. KARAKTERISTIK KINERJA HOTEL UNIQ DI YOGYAKARTA DITINJAU DARI ASPEK DESAIN DAN EFISIENSI ENERGI DENGAN PENEKANAN STUDI PADA PENERAPAN METODE EDGE BUILDINGS VERSI 2.07 Doctoral dissertation, UAJY.
Widharta, W. P. (2013). Penyusunan strategi dan sistem penjualan dalam rangka meningkatkan penjualan toko damai. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-15.
Wijayanthi, I. A. T., Ratini, P. M., & Pradnyadari, N. K. (2020). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Hunian Kamar di Anantara Uluwatu Bali Resort. JUIMA: JURNAL ILMU MANAJEMEN, 10(1), 22-31.
Yunita, M., & Mardani, M. (2021). PENGARUH STRATEGI SALURAN DISTRIBUSI DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PADA PT. THAMRIN BROTHERS OGAN KOMERING ULU TIMUR. Jurnal Trisnariset, 1(1), 9-16.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Beni Setiawan Sanjaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.