Strategi promosi jajanan dodol di desa bondalem sebagai oleh-oleh khas buleleng

Promotion strategy of dodol snacks in bondalem village as buleleng's traditional solutions

Authors

  • Defyartha Kepakisan Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v1i8.147

Keywords:

Strategi promosi, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi promosi yang terdiri dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats. Strategi promosi jajanan dodol di Desa Bondalem sebagai oleh-oleh khas Buleleng. Pada metode penelitian yang digunakan adalah metode 4p dan bauran pemasaran. Jenis data yang digunakan dalam penelitian yaitu data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil menunjukan bahwa usaha jajanan dodol pada Industri Rumah Tangga di Desa Bondalem Kecamatan tejakula Kabupaten Buleleng berdasarkan hasil perhitungan, nilai bobot dan rating X keseluruhan nilai pada faktor internal (IFAS) total sebesar 0,38 Sedangkan dari hasil perhitungan nilai bobot dan rating (Y) dapat dihasilkan keseluruhan jumlah bobot total sebesar 0,15 untuk faktor eksternal (EFAS), terletak pada kuadran I. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan membutuhkan strategi untuk bertahan dan dapat menjaga perusahaan menjadi lebih baik lagi. Maka dari itu analisis SWOT diperoleh beberapa strategi yang terdapat pada kuadran yang nantinya akan menjadi prioritas strategi yang tepat untuk dilaksanakan terlebih dahulu dengan menggunakan analisis SWOT

Author Biography

Defyartha Kepakisan, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

References

Fathoni, H.A. 2006.Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Remaka Cipta.

Jogiyanto. 2005. Sistem Informasi Strategik Untuk Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Andi Offset

Pantiyasa, I. W (2019) Teknik Pengumpulan Data. Denpasar: Jayapanggus Press

Rangkuti, Freddy. 2013. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Syafudin Hidayat 2002, Metodologi Penelitian, Mandar maju. Bandung

Arta. K. S (2012) Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, undiksha, Singarja

Ali Khomsan. 2003. Pangan dan Gizi Untuk Kesehatan. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Basu Swastha. 1996. Azas-Azas Marketing. Edisi 3. Liberty: Yogyakarta Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.

Damanik, Darmawan & Wibowo, FX Setiyo. 2018. “Implementasi Strategi 4P Dalam Meningkatkan Frekuensi Public Event Di Harris And Conventions Bekasi (HHCB)”Jakarta: Universitas Bunda Mulia

David, F.R. 2005. Strategic Management, Concept & Case, 10th edition. New Jeersey: Pretince Hall

Dewi, Ni Ketut Ratna Sari. 2017. “Strategi Pemasaran Di Starbucks Airport Bali” Skripsi Sarjana pada Program Studi Manajemen Perhotelan Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional, Bali

Ferrel, O.C dan Hartline, M.D. 2008.Marketing strategy 4 th edition.USA: Thomson South-Western

Harjanto, R. (2009). Prinsip-prinsip periklanan. Jakarta: PT Gramedia.

Hurriyati, (2005), Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung Alfabeta

Indrayana, 2009. Analisis Pengaruh Variabel Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Danliris Di Sukoharjo. Tugas Akhir Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Idrus, H. 1994. Jurnal Pembuatan Dodol. Balai Besar Penelitian Pengembangan Industri Hasil Pertanian. Departemen Perindustrian.

Kotler dan Amstrong. 2004. Prinsipprinsip Marketing.Edisi ketujuh Jakarta: Salemba Empat. Kualitatif.Edisi pertama. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Kotler, Philip.2003. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas, Jakarta: Indeks kelompok Gramedia

Philip Kotler, G. A. (2012). Prinsipprinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Priasukmana Soetarso dan R. Mohamad Mulyadin, Pembangunan Desa Wisata: Pelaksanaan Undang-undang Otonomi Daerah, jurnal,2013. h. 38 3

Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Salemba Empa

Sonatasia, D., Onsardi, & Arini, E. (2017). STRATEGI MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN MAKANAN KHAS KOTA CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG. Bandung: Alfabeta

Swastha dan Irawan.2005, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Danrilis di Sukoharjo. Skripsi

Tjiptono, F. (2007). Pemasaran jasa, cetakan ketiga. Malang: Bayu Media Publishing

Tjiptono, Fandy 2008, Startegi Pemasaran Edisi 3, Andi, Yogyakarta.

Desa Bondalem Kecamatan Tejakula, 2017 Profil Desa - Website Desa Bondalem (bondalem-buleleng.desa.id)

Published

2022-08-31

How to Cite

Kepakisan, D. (2022). Strategi promosi jajanan dodol di desa bondalem sebagai oleh-oleh khas buleleng: Promotion strategy of dodol snacks in bondalem village as buleleng’s traditional solutions. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(8), 2153 -2164. https://doi.org/10.22334/paris.v1i8.147

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.