Strategi pemasaran pada masa pandemi covid-19 di hotel amaris teuku umar

Marketing strategies during the covid-19 pandemic at the teuku umar amaris hotel

Authors

  • Ericko Mahendra Christiawan Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v1i1.15

Keywords:

Bauran Pemasaran 7P, Analisis SWOT, IFAS, EFAS

Abstract

Bali sendiri merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat diminati oleh para wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik yang saat ini mengalami pukulan sangat berat dari Pandemi Covid-19. Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor di Bali yang paling terpukul karena Pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis lingkungan internal serta lingkungan eksternal dengan menggunakan analisis SWOT di Hotel Amaris Teuku Umar dan untuk mengetahui alternatif strategi bagi Hotel Amaris Teuku Umar. Penelitian ini mempergunakan dua jenis data, yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data sekunder diperoleh dari website dan Sosial Media Hotel Amaris Teuku Umar. Data primer diperoleh data yang bersumber dari hasil wawancara mengenai mengenai indikator-indikator permasalahan yang sudah dirumuskan dalam penelitian ini, mengenai variabel STP (Segmentation, Targeting & Positioning), persepsi bauran pemasaran, serta pemberian bobot dan rating untuk perhitungan IFAS dan EFAS. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah deskriptif kualitatif, analisis SWOT, IFAS, EFAS, kuadran dan matriks SWOT. Berdasarkan hasil dari analisis SWOT, Hasil dari analisis IFAS dan EFAS didapat titik koordinat sumbu X (internal) berada pada -0,60 dengan sumbu Y (external) -1,48 yang berada pada kuadran II (Diversifikasi), bahwa Hotel Amaris Teuku Umar menghadapi beberapa ancaman perusahaan, maupun strategi pemasaran namun Hotel Amaris Teuku Umar masih memiliki kekuatan dari segi internal. jadi Strategi yang harus diterapkan saat kondisi ini adalah dengan memanfaatkan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang.

Published

2022-01-31

How to Cite

Christiawan, E. M. (2022). Strategi pemasaran pada masa pandemi covid-19 di hotel amaris teuku umar: Marketing strategies during the covid-19 pandemic at the teuku umar amaris hotel. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(1), 197-205. https://doi.org/10.22334/paris.v1i1.15

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.