Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan di braud café

Marketing strategies in improving sales at braud cafe

Authors

  • Ni Putu Tia Pratiwi Arta Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v1i8.153

Keywords:

BRAUD café, strategi pemasaran, analisis SWOT

Abstract

BRAUD café merupakan café yang terletak di Jl. Mertanadi No. 62, Kerobokan, Badung, Bali. BRAUD café berfokus pada produk pastry dan bakery. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk membantu menganalisa faktor internal dan faktor eksternal pada BRAUD café dan dapat menemukan strategi alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskripif kualitatif dengan menggunakan bauran pemasaran pada BRAUD café, menggunakan analisis SWOT, mengevaluasi dengan matriks IFAS dan EFAS, menentukan posisi perusahaan pada kuadran SWOT dan mencari strategi alternatif yang dapat digunakan melalui matriks SWOT. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuisoner. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa posisi BRAUD café berada pada Kuadran I, yang dimana menunjukan bahwa BRAUD café merupakan perusahaan yang prima yang memiliki banyak peluang. Strategi yang direkomendasikan untuk digunakan oleh BRAUD cafe yakni strategi “agresif” yang dimana memungkinkan dilakukannya ekspansi, memperbesar pertumbuhan, dan meraih kemajuan secara maksimal.

Author Biography

Ni Putu Tia Pratiwi Arta, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

References

Pantiyasa. 2019. Teknik Penulisan Skripsi. Denpasar: Jayapangus Press.

Rangkuti, Freddy. 2019. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ningsih, S. N., Milasari, A. O., & Saifuddin, M. 2021. Strategi Marketing Mix Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Cafe Jolly Coffee Surabaya).Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA). Volume IV Nomor 1.

Nisak, Z., 2013. Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Jurnal Ekbis, Volume 9 No. 2, hlm 468-476.

Pamungkas, B. 2018. Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang). Jombang. Volume X No. 02, hlm 145-160.

Rachmawati, Rina. 2011. Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik. Volume 2 No.2.

Rismawati, Fitria, dkk. 2018. Strategi Pemasaran STP (SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING) Pada Larissa Aesthetic Center Cabang Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi:Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. Volume 13 No 2.

Published

2022-08-31

How to Cite

Arta, N. P. T. P. (2022). Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan di braud café: Marketing strategies in improving sales at braud cafe. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(8), 2246 -2263. https://doi.org/10.22334/paris.v1i8.153