Pengaruh kualitas makanan dan pelayanan terhadap kepuasan tamu lokal di fontana hotel bali pada era new normal (studi kasus di portabella restoran)

Influence of food quality and service for guest satisfaction local in fontana hotel bali in the new normal era (case study at portobella restaurant)

Authors

  • Komang Wisnu Suyoga Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v1i9.168

Keywords:

Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Tamu dan Fontana Hotel Bali

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kualitas Makanan (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Kepuasan Tamu (Y). Penelitian ini dilakukan di Fontana Hotel Bali, yaitu pada bulan Maret sampai dengan Juli 2021. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Makanan (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Kepuasan Tamu (Y) di Fontana Hotel Bali, dengan penyebaran kuesioner kepada konsumen Fontana Hotel Balu yaitu sebanyak 40 orang. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan Kualitas Makanan (X1) berpengaruh signifikan (p<0.05) secara parsial terhadap Kepuasan Tamu (Y). Kemudian Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh secara signifikan (p<0.05) secara parsial terhadap Kepuasan Tamu (Y). Kualitas Makanan (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh signifikan (p<0.05) secara simultan terhadap Kepuasan Tamu (Y) , dengan persamaan regresi Y (Kepuasan Tamu) = 0.498 + 0.488 X1 (Kualitas Makanan) + 0.490 X2 (Kualitas Pelayanan). Disarankan kualitas makanan dan kualitas pelayanan diperhatikan oleh manajemen karena akan mempengaruhi kepuasan tamu di Fontana Hotel Bali .

Author Biography

Komang Wisnu Suyoga, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

References

Azwar S. (2017) Metode Penelitian Psikologi – Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017

Canny, Ivyanno U. (2016), "Measuring the Mediating Role of Dinning Experience Attributing on Customer Satisfaction and Its Impact on Behavioral Intentions of Casual Dining Restaurant in Jakarta, InternationalJournal of Innovation, Management and Technology, Vol.5, No 1.

Fiani, Margaretha S. & Edwin Japarianto. (2012). Analisa Pengaruh Food Quality & Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Mandala, (2019) Pengaruh food quality, dining atmosphere, dan service person customer orientation terhadap customer satisfaction di Sangkasa Restoran: Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional

Pantiyasa. (2018). Jayapangus Press. Yogyakarta: Andi

Pantiyasa. (2019) Teknik Penulisan Skripsi. Denpasar: Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Tjiptono,Fandy dan Gregorius Chandra. (2016). Service, Quality, dan Satisfaction.Yogyakarta: Andi Offset

Wijaya, Antoni. G. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Seminyak Garden Hotel: Skripsi Diploma IV Manajemen Perhotelan pada Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional, Denpasar

Zakharia. (2019) Pengaruh kualitas makanan dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Neo Kupang. Kampus Bina Widya Jl. H. R Soebrantas Km. 12,5 Simp. Baru Kepulauan Riau

Published

2022-09-30

How to Cite

Suyoga, K. W. (2022). Pengaruh kualitas makanan dan pelayanan terhadap kepuasan tamu lokal di fontana hotel bali pada era new normal (studi kasus di portabella restoran): Influence of food quality and service for guest satisfaction local in fontana hotel bali in the new normal era (case study at portobella restaurant). Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(9), 2467 -2480. https://doi.org/10.22334/paris.v1i9.168