Pengaruh pemasaran melalui media sosial dan harga kamar terhadap minat wisatawan untuk menginap di umah hoshi villa

Marketing effect through social media and room prices on tourist interest to stay at hoshi villa house

Authors

  • Ni Made Nila Dwiyanti Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Ni Luh Putu Yayang Rahmanita Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v1i9.176

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial, dan harga secara parsial dan simultan terhadap minat wisatawan untuk menginap di Umah Hoshi Villa. Lokasi penelitian ini di Umah Hoshi Villa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Asumsi Klasik, Anaisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi, Uji F dan Uji t. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa: (1) media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap minat wisatawan, dimana diperoleh nilai t-hitung 4,245 dan signifikansi 0,000. (2) harga berpengaruh positif signifikan terhadap minat wisatawan, dimana diperoleh nilai t-hitung 3,962 dan signifikansi 0,000. (3) secara simultan media sosial dan harga berpengaruh signfikan terhadap minat wisatawan, dimana diperoleh nilai F-hitung 32,363 dan signifikansi 0,000. Besarnya pengaruh media sosial dan harga terhadap minat wisatawan adalah 63,7%. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah Sehingga bagi Umah Hoshi Villa dalam meningkatkan minat wisatawan diharapkan selalu mengelola media sosial dengan baik dan menawarkan harga villa yang sesuai dengan kualitas dan manfaat yang akan diterima konsumen.

Author Biographies

Ni Made Nila Dwiyanti, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

Ni Luh Putu Yayang Rahmanita, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

References

Belch, George E., Belch, Michael A.(2009). Advertising and Promotion: An Intgrated Marketing Communication Perspective. 8th Edition. New York : McGraw-Hill

Creswell, John W. 2010. Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 3th ,terjemahan Achmad Fawaid, Yogyakarta.

Dailey, Patric R. (2009). Social Media : Finding Its Way into your Business Strategy and Culture, Burlington, Linkage

Erdogmus & Cicek. (2012). The Impact of Social Media Marketing on Brand Loyalty. Journal of Social and Behavioral Sciences, 58, 1353– 1360.

Grunig, J.E. (2009). Paradigm of Global Public Relations in Digitalisation ,Prism, vol 6

Gunelius, Susan. (2011). 30-Minute Social Media Marketing.United States (US) : McGraw-Hill Companies

Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta : PT. Indeks Gramedia.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2016. Marketing Management, 15th edition. United States: Pearson Education.

Lasmadiarta, Made. (2010). Facebook Marketing Revolution, PT. Elex Media Komputindo. Jakarta

Lupiyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Marpaung, Happy. 2002. Pengetahuan Pariwisata edisi revisi. Bandung : Alfabeta.

Mayfield, Anthony. (2008). What is Social Media?. London: iCrossing.

Nadaraja, R., & Yazdanifard, R. (2013). Social media marketing: Advantages and disadvantages. Kuala Lumpur: Research Gate.

Priyatno, Duwi, 2010. Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Puntoadi, Danis. (2011). Meningkatkan Penjualan Melalui Social Media. Elex Gramedia. 2011

Santosa. Hedi Pudjo. (2011). Implikasi media sosial pada perkembangan Ilmu Komunikasi dalam Fajar & Dr.Elvinaro A. (eds) Komunikasi 2.0: Teorisasi dan Implikasi.Yogyakarta: Mata Padi Pressindo

Siswanto, T. (2013). Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Liquidity, 2(1), 80-86.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Solis, Brian. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build Cultivate and Measure Success on The Web. New Jersey: John Wiley & Sons

Stanton, J. 2000. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke 3. Jakarta: Erlangga.

Stanton, J. 2004. Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga: Jakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-25. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono.(2015).Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung: Alfabeta

Sulianta, Feri. (2015). Keaajaiban Sosia Media. Jakarta: Elex Media Komputindo

Taufani. 2008. Minat, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta

Tjiptono dan Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.

Purnama, Hadi. (2011). Media Sosial Di Era Pemasaran 3.0. Corporate and Marketing Communication. Jakarta :Pusat Studi Komunikasi dan Bisnis Program Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana.Pp 107-124

Wijaya, Ketut Krisna. (2016). Indonesia Ternyata Pengguna Instagram Terbanyak Ketiga di Dunia.

Yoeti. 2008. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta : PT Percetakan Penebar Swadaya.

Abzari, Mehdi, Reza A. Ghassemi, dan Leila N. Vosta. 2014. Analysing The Effect of Social Media on Brand Attitude and Purchase Intention: The Case ofIran Khodro Company. Journal of Social and Behavioral Sciences, Vol. 143, No. 71, Hal: 822-826

Anugerah, Hata Agung. 2019. Pengaruh penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Tamu Untuk Menginap di Capaloga Advanture Camp Subang. Jurnal Jurusan Hospitaliti Sekolah Tinggi pariwisata Bandung.

Dennies, I Putu. 2015. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Kunjungan Wisatawan Pantai Pandawa. Skripsi Diploma IV Jurusan Manajemen Pariwisata Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional, Bali.

Ekasari, Novita. 2014. Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pembiayaan Kendaraan Pada PT. BFI Finance Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, Vol. 16, No. 2, Hal: 81- 102.

Fatchurohman. 2011. Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayana Terhadap Keputusan Tamu Untuk Menginap di Hotel Kudus Permata Slawi. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Gunawan. 2007. Villa Puncak dalam Pemngembangannya. Skripsi Program Studi Arsitektur. Fakultas Teknik. Malang: Universitas Brawijaya. (tidak dipublikasikan).

Herman, L. E., & Athar, H. S. (2018). Pengembangan Model Social Media Marketing dan Keputusan Berkunjung: Sebuah Pendekatan Konseptual. J-IKA, 5(2).

https://id.techinasia.com/jumlah-pengguna- instagram-indonesia (Diakses pada tanggal 3 Juli 2018)

Netizen. (2011). Promosikan Produk Melalui Jejaring Sosial. http://www.blogsetik.com/Promosi k.Produ.Melalu.Jejaring.Sosia.Netiz e.Sehat.htm. (Diakses pada tanggal 28 Agustus 2018)

Pamungkas, B. A. (2016). Pengaruh promosi di media sosial dan word of mouth terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi, 10(2), 145-160.

Rizka, R. 2016. Persepsi Konsumen Tentang Wisata Syariah Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Berkunjung. Skripsi Sarjana Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Wahyunanda, Kusuma P. (2018). Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia.https://tekno.kompas.co m/read/2018/03/01/10340027/riset- ungkap-pola-pemakaian-medsos- orang-indonesia. (Diakses tanggal 3 Juli 2018)

Wicaksono, Arif . 2017. Pengaruh Media Sosial Instagram @wisatadakwahokura Terhadap Minat Berkunjung Followers. Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Riau.

Published

2022-09-30

How to Cite

Dwiyanti, N. M. N., & Rahmanita, N. L. P. Y. (2022). Pengaruh pemasaran melalui media sosial dan harga kamar terhadap minat wisatawan untuk menginap di umah hoshi villa: Marketing effect through social media and room prices on tourist interest to stay at hoshi villa house. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(9), 2532 -2549. https://doi.org/10.22334/paris.v1i9.176