Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan tamu di hotel maya ubud resort & spa

The effect of service quality and price on guest satisfaction at hotel maya ubud resort & spa

Authors

  • Sang Ayu Widya Wahyuni Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Ni Wayan Maryuni Erawati Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v1i9.178

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Tamu

Abstract

Pada era globalisasi, jasa atau produk yang bersaing dalam suatu pasar semakin berkembang pesat. Perusahaan yang mampu bersaing dalam pasar global adalah perusahaan yang menyediakan produk atau jasa yang berkualitas. Beberapa hal yang mempengaruhi kepuasan tamu diantaranya adalah harga, harga mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kepuasan konsumen, sedangkan layanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, Tetapi jika diuji dalam waktu yang bersamaan maka harga dan pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan tamu di Hotel Maya Ubud Resort & Spa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, sampel diambil dengan metode accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 40 responden. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari - Juli 2021. Data diperoleh dengan penyebaran kuesioner melalui google form, dengan alat analisis SPSS versi 23 dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Tamu, kemudian Harga juga berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Tamu. Secara uji simultan Kualitas Pelayanan dan Harga juga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Tamu. Saran dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan ataupun referensi bagi peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitian mengenai tingkat kepuasan tamu dengan variabel yang berbeda dan bervariasi sehingga dapat dijadikan acuan bagi para staf dan karyawan hotel dalam memberikan pelayanan, serta diharapkan agar memperluas jangkauan atau tempat penelitian.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gianyar. (2021). Kabupaten Gianyar Dalam Angka 2021. (serial online), Februari, (cited 2021 Feb 14). Available from: URL: https://gianyarkab.bps.go.id/publication /2021/02/26/5c69263f928a91121cef3 e2c/kabupaten-gianyar-dalam-angka- 2021.html

Cahyani, F. G., & Sitohang, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(3), 1–19.(serial online), Maret, (cited 2021 Jan 14). Available from: URL: http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.ph p/jirm/article/view/527/536

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 23 (8th ed.). Semarang: Badan Penerbit

Universitas Diponegoro.

Gulla, R., Oroh, S. G., & Roring, F. (2016). Analisis Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado Grace Inn. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(2). (serial online), Maret, (cited 2021 Feb 20). Available from: URL: https://doi.org/10.35794/emba.v4i2.125 45

Kotler dan Armstrong. (2001). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia (2nd ed.). Yogyakarta: Andi Offset.

Kurniawan, W., & Aryanto, R. (2013). Kualitas Pelayanan Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Menginap Pada Grand Asia Hotel. Jurnal Manajemen, Universitas Binus, Jakarta. (serial online), Juni, (cited 2021 Mar 20). Available from: URL: https://docplayer.info/39446963- Analisis pengaruh-harga-fasilitas-dan- kualitas-pelayanan-terhadap- proses pengambilan-keputusan-menginap- pada-grand-asia-hotel.html

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Toi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 7 (2).

Onasie, N. P. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Bintang Lima Pekan Baru. Jurnal Ekonomi. (serial online), juni, (cited 2021 Mar 25). Available from: URL: https://onesearch.id/Record/IOS1764.ar ticle-7921?widget=1&institution_id=68#hol Dings

Oldy, A. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Skripsi

Manajemen Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah. (serial online), November, (cited 2021 Jan 15). Available from: URL: https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU- Journal-17166-11_0529.pdf Novia, M. A.,

Semmaila, B., & Imaduddin, I. (2020). Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tata Kelola, 7(2), 201–212. (serial online), Februari, (cited 2021 Jan 20). Available from: URL: https://doi.org/10.52103/tatakelola.v7i2.174

Saladin. (2003). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Sugiyono. (2011). Pengertian Populasi dan Sampling (Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Cv. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Cv. Alfabeta.

Published

2022-09-30

How to Cite

Wahyuni, S. A. W., & Erawati, N. W. M. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan tamu di hotel maya ubud resort & spa: The effect of service quality and price on guest satisfaction at hotel maya ubud resort & spa. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(9), 2561 -2575. https://doi.org/10.22334/paris.v1i9.178