Pengaruh media sosial terhadap minat berkunjung wisatawan ke daya tarik wisata sukawana sunrise

The effect of social media on the interest of tourists visiting the attraction of sunrise variety tourism

Authors

  • Ni Putu Ayu Listia Dewi Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v1i2.18

Abstract

Media sosial merupakan salah satu sarana digital marketing yang paling mudah untuk digunakan dan dimanfaatkan sebagai salah satu media promosi pariwisata pada masa pandemi COVID-19. Pemanfaatan media sosial sebagai salah satu media promosi pariwisata khususnya pada sebuah daya tarik wisata sangat berperan penting pada masa new normal ini. hal tersebut dapat dilihat pada akun media sosial daya tarik wisata Sukawana Sunrise dalam upaya memanfaatkan media sosial sebagai salah satu media promosi untuk menarik minat wisatawan mengunjungi daya tarik wisata Sukawana Sunrise. Penelitian ini berjudul “ Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Daya Tarik Wisata Sukawana Sunrise” bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media sosial terhadap aspek promosi daya tarik Sukawana Sunrise serta untuk mengetahui media sosial yang paling berpengaruh terhadap minat berkunjung wisatawan ke Sukawana Sunrise. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif yaitu menguji data persepsi wisatawan dengan teknik analisis. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Hasil dari penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden berupa data ordinal, data hasil kuesioner harus dikonversi terlebih dahulu dengan MSI sebelum dilanjutkan analisis statistik referensial. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh media sosial terhadap minat berkunjung ke daya tarik wisata Sukawana Sunrise adalah sebesar 43,2% dengan nilai uji T sebesar sig 0,000 <0,05, pengaruh koefisien penjaminan menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh terhadap minat berkunjung wisatawan. Penelitian ini menunjukan bahwa media sosial instagram paling berperan dalam aspek promosi terhadap daya tarik wisatawan ke Sukawana Sunrise dengan kontribusi 33%. Dimana pengaruh media sosial instagram tersebut sejalan dengan karakteristik responden yang lebih sering menggunakan media sosial Instagram. Simpulan dalam penelitian ini bahwa adanya pengaruh media sosial dalam aspek promosi terhadap minat berkunjung wisatawan ke daya tarik wisata Sukawana Sunrise.

Author Biography

Ni Putu Ayu Listia Dewi, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Diploma IV Manajemen Pariwisata

Published

2022-02-28

How to Cite

Dewi, N. P. A. L. (2022). Pengaruh media sosial terhadap minat berkunjung wisatawan ke daya tarik wisata sukawana sunrise: The effect of social media on the interest of tourists visiting the attraction of sunrise variety tourism. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(2), 276-285. https://doi.org/10.22334/paris.v1i2.18