Standar operasional prosedur food & beverage product di simply social restaurant ubud di tengah pandemik covid-19

Standard operating procedure for food & beverage product at simply social restaurant ubud in the middle of the covid 19 pandemic

Authors

  • I Kadek Dodi Indrawan Febri Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v1i10.180

Keywords:

SOP, Pandemik, Simply Social Restaurant

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan SOP Food and Beverage di Simply Social Restaurant Ubud pada saat pandemik covid 19. Tempat Penelitian ini di Ubud Bali, Waktu penelitian Maret - Juni 2021. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan SOP F&B sebagai acuan penelitian ini.Sampel adalah bagian F&B Product sebanyak 4 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan SOP di Simply Social Restaurant Ubud sudah dilaksanakan dengan baik pada masa pandemik Covid 19 hanya saja masih ada beberapa item yang belum bisa di terapkan dengan baik

Author Biography

I Kadek Dodi Indrawan Febri, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Diploma III Perhotelan

References

Atmoko, Tjipto . 2011. Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas kinerja Intansi Pemerintah.Bandung : UNPAD

Azeithaml, V. Parasuraman, A. and L. Berry L. 1985. “problems and Strategies in Service Marketing”. Jurnal of Marketing Vol. 49. (Spring)

Azhar Susanto. 2008. Sistem Informasi Akutansi. Bandung: LINGGA JAYA

Folan. 2007. “Performance: Its meaning and content for today's business research". Computers in Industry 58 (7).Jakarta : GRAMEDIA

Handayaningrat, Soewarno (1985). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Managemen. Cetakan Keenam. Jakarta: PT Gunung Agung.

Arsitur.com 2015.Klasifikasi Restoran Menurut Para Aahli

Rachman Arief. 2015. Pengertian Food and Beverage Product

Sugiono., 2008. Teknik Pengumpulan Data. Yogyakarta : CV Andi Ofseet

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung Alfabeta

Soekarno & Pendit. 1998 : 5. Tugas Food & Beverage Product. SMK3 Mahadika.

Pemerintah Indonesia. 2004. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 25 Tahun 2004 tentang Indeks Kepuasan Masyarakat. Lembaran Negara RI Tahun 2004, No. 23. Sekretariat Negara. Jakarta.

Pemerintah Indonesia. 2004. Permenpan No.PER/21/M-PAN/11/2008 Tentang Pedoman Penyusunan Standart Oprasional Prosedur Administrasi Pemerintahan. Lembaran Negara RI Tahun 2004, No. 21. Sekretariat Negara. Jakarta.

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 Bab 1 pasal 1 ayat 2 tentang Ketenagakerjaan. Lembaran Negara RI Tahun 2003, No. 13. Sekretariat Negara. Jakarta

Sugiarto, Endar, Ir.; Sri Sulartiningrum.1998. Pengantar Akomodasi dan Restaurant.Jakarta : PT Gramedia pustaka Utama

Wiwoho. Ardjuno, “Pengetahuan Tata Hidang”, Jakarta: Erlangga, 2008.

Published

2022-10-30

How to Cite

Febri, I. K. D. I. (2022). Standar operasional prosedur food & beverage product di simply social restaurant ubud di tengah pandemik covid-19: Standard operating procedure for food & beverage product at simply social restaurant ubud in the middle of the covid 19 pandemic. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(10), 2584 -2600. https://doi.org/10.22334/paris.v1i10.180