Penerapan standar operasional prosedur pelayanan kamar occupied oleh room attendant di hotel segara village sanur

Implementation of standard operating procedures for room occupied by room attendant at hotel segara village sanur.

Authors

  • I Made Wirasatya Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v1i10.182

Keywords:

Penerapan, Standar Operasional Prosedur, Penyiapan Kamar Occupied

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengetahui bagaimana penerapan standar operasional prosedur pelayanan kamar tamu occupied yang dilakukan oleh seorang room attendant di hotel Segara Village Sanur. Metode yang digunakan dalam penelitia ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan pencatatan dokumen, Penulis melakukan perbandingan mengenai teori SOP menurut Agus Nawar (2009) dengan penerapan SOP yang ada di hotel Segara Village Sanur. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan SOP di hotel Segara Village Sanur sudah diterapkan dengan baik akan tetapi masih ada 3 poin SOP yang belum diterapkan dengan maksimal oleh room attendant di hotel Segara Village Sanur yakni, (1) Masih ada beberapa room attendant yang tidak menerapkan standar operasional prosedur mencuci gelas dan asbak yang ada di kamar tamu dikarenakan masih terlihat bersih. (2) Beberapa room attendant tidak memeriksa kembali semua lampu / AC yang terdapat di kamar tamu dikarenakan untuk menghemat waktu pembersihan kamar, sehingga jika ada lampu / AC yang tidak bisa diperbaiki dengan cepat. (3) Beberapa room attendant tidak melakukan double check setelah membersihkan kamar tamu, dikarenakan untuk menghemat waktu yang diperlukan saat membersihkan kamar tamu.

Author Biography

I Made Wirasatya, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Diploma III Perhotelan

References

Agusnawar. (2000). Operasional Tata Graha Hotel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Atmoko, Tjipto. (2012). Standar Operasional Prosedur dan Akuntabilitas. Jakarta.

Darsono, Agustinus. (2011). Housekeeping Hotel. Jakarta: Grasindo

Dimyati. (2002). Belajar Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Ekotama, S. (2015). Pedoman Mudah Menyusun SOP. Yogyakarta: MedPress Media Kita.

Mulyadi, Deddy. (2015). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik (Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta

Pendit, Nyoman. (2015). Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. terbit: PT Gramedia pustaka utama

Rumekso. (2001). Housekeeping Hotel. Yogyakarta: ANDI

Rumekso. (2002). Housekeeping Hotel. Yogyakarta: ANDI

Rumekso. (2005). Housekeeping Hotel Floor Section. Jogjakarta: Andi Offset

Sailendra, Annie. (2015). Langkah- Langkah Praktis Membuat SOP. Trans Idea Publising: Yogyakarta

Sihite, Richard. (2006). Hotel Manajemen (Pengelolaan Hotel).Surabaya: SIC

Sulastyono, Agus. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta

Usman (2002) Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Andi

Published

2022-10-30

How to Cite

Wirasatya, I. M. (2022). Penerapan standar operasional prosedur pelayanan kamar occupied oleh room attendant di hotel segara village sanur: Implementation of standard operating procedures for room occupied by room attendant at hotel segara village sanur. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(10), 2609 -2622. https://doi.org/10.22334/paris.v1i10.182