Motivasi dan kendala kerja room attendant di hotel ibis budget bali seminyak

Motivation and working constraints of room attendant at ibis budget bali seminyak hotel

Authors

  • Gede Mas Darma Yasa Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v1i10.185

Keywords:

motivasi kerja, room attendant, kendala kerja

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui motivasi dan kendala kerja sebagai room attendant di Hotel Ibis Budget Bali Seminyak. Penelitian yang berlokasi di Jalan Camplung Tanduk no.9 Seminyak Bali menggunakan data kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian di Hotel Ibis Budget Bali Seminyak mendapatkan 2 motivasi kerja staf yaitu, pertama karena sejak pertama kali bekerja di industri pariwisata sudah memilih bersekolah dibidang perhotelan. Kedua karena uang tambahan (tip) yang didapatkan menjadi motivasi yang kuat bekerja di bagian room attendant. Namun salah satu staf memiliki motivasi kerja yang unik yaitu, suka melihat kamar yang bersih, menyukai bekerja sendiri, dan menyelesaikan masalah sendiri. Kendala kerja yang dimiliki staf di Hotel Ibis Budget Bali seminyak adalah keterbatasan linen pada saat high season terutama pillow case king. Strategi yang diterapkan untuk meningkatkan motivasi kerja di Hotel Ibis Budget Bali Seminyak kepada para stafnya dalam bekerja yaitu, dengan diadakan acara tahunan best employee (karyawan terbaik) yang diwakili setiap departemen, bagi yang memenangkan acara tahunan tersebut akan mendapatkan beberapa hadiah.

Author Biography

Gede Mas Darma Yasa, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Diploma III Perhotelan

References

Anoraga, Panji. 2014. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta

Agusnawar.2002. Operasional Tata Graha Hotel.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Utama Branson dan Agusnawar, 2002:134. Karya ilmiah dengan judul Upaya Peningkatan Kualitas Karyawan Room Attendant di Hotel Inna Garuda Yogyakarta

Crompton, J. 1979. Motivations for Pleasure Vacation. Annals of Tourism Research. 6(4): 408-424.

Dann, G.1977. Anomie, Ego- Enhancement and Tourism. Annals of Tourism Research.4 (4): 184-194.

Endraswara, s 2006, Metode teknik penelitian kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Widyatama

Hasibuan, M. S. P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Loudon, D. L., and A. J. D. Bitta.1984. Consumer behavior: Concepts and applications. McGraw-Hill Companies.

Pantiyasa, I W Drs. 2013.Metodologi Penelitian. Yogyakarta. CV ANDE OFFSET.

Published

2022-10-30

How to Cite

Yasa, G. M. D. (2022). Motivasi dan kendala kerja room attendant di hotel ibis budget bali seminyak: Motivation and working constraints of room attendant at ibis budget bali seminyak hotel. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(10), 2646 -2656. https://doi.org/10.22334/paris.v1i10.185