Evaluasi strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan di restoran uma cucina pada masa pandemi covid-19

Marketing strategy evaluation for increase sales in uma cucina restaurants during the covid-19 pandemic

Authors

  • Anak Agung Trisna Rahayu Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v1i10.195

Keywords:

Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, IFAS dan EFAS

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran yang dilakukan di salah satu restoran di Ubud, yaitu restoran Uma Cucina. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi IFAS dan EFAS serta strategi alternatif yang bisa diterapkan di restoran Uma Cucina dalam meningkatkan penjualan pada masa pandemi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan data kuantitatif sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis SWOT melalui analisis IFAS dan EFAS, diagram kartesius, serta matriks SWOT. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa restoran Uma Cucina berada pada titik koordinat sumbu X (internal) kekuatan dan sumbu Y (eksternal) peluang. Berdasarkan titik koordinat tersebut, Uma Cucina berada pada kuadran I yaitu mendukung strategi agresif. Beberapa strategi alternatif yang bisa diterapkan oleh Uma Cucina berdasarkan matriks SWOT yaitu dengan mempertahankan kualitas produk, pelayanan, serta melakukan perawatan secara berkala terhadap fasilitas-fasilitas restoran sehingga kualitas produk, jasa, dan lingkup tempat dapat selalu terjaga. Selain itu, Uma Cucina juga perlu mengembangkan produk yang ada dengan melakukan lebih banyak promosi, menjalin kerjasama dengan beberapa pemilik penginapan di sekitar, dan pengelola objek wisata untuk memberi informasi kepada tamu jika ada promosi maupun menu baru.

Author Biography

Anak Agung Trisna Rahayu, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

References

Abdurrahman, N. H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.

Aly, M. N. et al. (2020). Panduan Aman “New Normal” Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service) Vol. 4 No. 2 hal. 415-422. https://e-journal.unair.ac.id/jlm/article/view/2 3472 (Diunduh tanggal 31 Mei 2021).

Assauri, S. (2018). Manajemen Bisnis Pemasaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Atmajanti, C. I. et al. (2020). Edukasi Protokol Kesehatan New Normal Dan Pengenalan Dunia Bisnis Di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Media Sosial. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service). Vo. 4 No. 2 hal 472-478. https://e- journal.unair.ac.id/jlm/article/view/23479/128 32 (Diunduh tanggal 31 Mei 2021).

Atmoko. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation. Vol. 1 No. 2 hal 83-96. https://ejournal.upi.edu/index.php/Jithor/article /view/13769 (Diunduh tanggal 25 April 2021)

Cannon, J. P. et al. (2008). Pemasaran Dasar, Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.

Diniaty, D. & Agusrinal. (2014). Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Anyaman Pandan. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri. Vol. 11 No. 2 Edisi Juni 2014 hal 175-184. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ sitekin/article/view/745 (Diunduh tanggal 20 April 2021).

Dwina, I. (2020). Melemahnya Ekonomi Indonesia Pada Sektor Pariwisata, Akibat Dampak Dari Pandemi Covid-19. Jurnal. FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://osf.io/preprints/socarxiv/8e27t/

Kementerian Keuangan R

epublik Indonesia. (2020). Beradaptasi dengan Tatanan Normal Baru (New Normal). Artikel DJKN. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl- palangkaraya/baca-artikel/13208/Beradaptasi-dengan-Tatanan-Normal-Baru-New- Normal.html (Diunduh tanggal 27 Maret 2021)

Kotler, P. et al. (2014). Marketing for Hospitality and Tourism. Sixth Edition. Boston: Pearson.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.

Muljono, R. K. (2018). Digital Marketing Concept: Penggunaan Konsep Dasar Digital Marketing Untuk Mmembuat Perubahan Besar. Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Paramita, I B. G. & Putra, I G. G. P. A. (2020). New Normal Bagi Pariwisata Bali Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama dan Budaya. Vol. 5 No. 2 hal 58-65. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PB/article/ view/1723/1455 (Diunduh tanggal 21 Mei 2021)

Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.b(2020). Info Singkat: Wacana Kebijakan Lockdown Dalam Menghadapi Covid-19 Di Indonesia. Vol. XII, No.6/II/Puslit/Maret/2020 (Diunduh tanggal 30 Mei 2021)

Rangkuti, F. (2014). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rukmanasari, S. U. (2016). Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Daya Saing Pendidikan. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 3 No. 1 Edisi Juli-Desember 2016 hal 21-40. http://ejournal.uin- malang.ac.id/index.php/jpai/article/view/3990/ 5511 (Diunduh tanggal 22 Juli 2021)

Sartika, F. et al. (2019). Strategi Pemasaran Mie Khas Aceh Pada Restoran Mie Aceh Razali. Jurnal Manajemen dan Inovasi. Vol. 10 No. 1 Edisi April 2019 hal 1-8. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JInoMan/article/vie w/14378/10808 (Diunduh tanggal 26 April 2021)

Schlegelmilch, B. B. (2016). Global Marketing Strategy: An Executive Digest. Springer International Publishing.

Silayani. (2019). Strategi Pemasaran di Starbucks Reserve Dewata. Skripsi. Tidak diterbitkan. Denpasar: Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional.

Sufa, S. A. et al. (2017). Tren Gaya Hidup Sehat dan Saluran Komunikasi Pelaku Pola Makan Food Combining. Jurnal Komunikasi Profesional. Vol. 1 No. 2 Edisi Desember 2017 hal 105-120. https://ejournal.unitomo.ac.id/ index.php/jkp/article/view/473 (Diunduh tanggal 05 September 2021)

Syarah, M. M. & Prastika, R. E. (2020). Strategi Humas Dalam Menyampaikan Informasi Terkait Eksistensi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Public Relations-JPR. Vol. 1 No. 2 Edisi Oktober 2020 hal 97-101. https://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jpr/article/vie w/271/104 (Diunduh tanggal 28 Juni 2021)

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta: Andi

Utami, B. S. A. & Kafabih, A. (2021). Sektor Pariwisata Indonesia Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan (JDEP). Vol. 4 No. 1 Edisi Januari 2021 hal 383-389. http://jdep.upnjatim.ac.id/index.php/jdep/articl e/view/198/76 (Diunduh tanggal 21 Mei 2021)

Warta Ekonomi. (2019). Apa Itu New Normal? https://www.wartaekonomi.co.id/read286203/a pa-itu-new-normal (Diunduh tanggal 17 Maret 2021)

Wijoyo, H. et al. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi. Penerbit: CV Insan Cendikia Mandiri.

Published

2022-10-30

How to Cite

Rahayu, A. A. T. (2022). Evaluasi strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan di restoran uma cucina pada masa pandemi covid-19: Marketing strategy evaluation for increase sales in uma cucina restaurants during the covid-19 pandemic. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(10), 2786 -2806. https://doi.org/10.22334/paris.v1i10.195

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.