Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen di umah lokal coffee and roastery

The influence of product quality and services on consumer satisfaction in local house coffee and roastery

Authors

  • Erma Putri Febriyanti Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v1i10.197

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Umah Lokal Coffee & Roastery. Waktu penelitian dilaksanakan tepatnya pada bulan Maret - Juni 2021. Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan atau konsumen yang telah melakukan pembelian di Umah Lokal Coffee & Roastery. Pengambilan sampel menggunakan teknik Hair et al dengan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 40 responden. Teknik pengambilan sampel untuk menentukan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling yaitu accidental sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi, kemudian dilakukan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk dan pelayanan secara simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan tingkat signifikansi 0,000. Kualitas produk secara parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan tingkat signifikansi 0,006. Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan tingkat signifikansi 0,000. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan kepuasan konsumen di Umah Lokal Coffee & Roastery, manajemen perlu memperhatikan faktor-faktor kualitas produk dan pelayanan.

Author Biography

Erma Putri Febriyanti, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

References

Bhucori dan Djaslim. 2010. Strategi pemasaran. Edisi2.Yogyakarta

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Service Quality & Satification. Yogyakarta: ANDI.

Ghozali, Iman. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan SPSS. Badan penelitian UNDIP: Semarang.

Hair, Joseph E, Jr et al 2010. Multivariate data analysis 7 th Edition Pearson Education Limited. Harlow. England.

Handi, Irawan. 2012. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media .

Hasan, Ali. 2008. Marketing. Yogyakarta: Penerbit Media Pressindo.

Irawan . 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung : Pt.Remaja RosdaKarya.

Kotler, P., dan Armstrong, G. 2012. Prinsipprinsip Pemasaran. Jakarta

Kotler, Philip &Keller 2012. Marketing Management (14th ed ) Harlow: Pearson Education Limited. Jakarta: Erlangga.

Pantiyasa I Wayan. 2019. Teknik Penulisan Skripsi. Denpasar: Jayapangus Press.

Siregar, Syofian. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Cetakan Ke 2. Kencana: Jakarta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R &D Cetakan Ke 24. CV Alfabeta: Bandung.

Tjiptono Fandy, 2012. Strategi pemasaran , Edisi 3 Andi.Yogyakarta kepustakaan dengan sumber yang lebih akurat.

Umar, Huesin. 2008. Desain Penelitian dan paradigma positif berbasis pemecahan masalah. Pt raja Grafindo Persada.Jakarta.

Yamit, Zulian. 2010. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Penerbit Ekonisia

Fiani, Margaretha S. & Edwin Japarianto. 2012. Analisa Pengaruh Food Quality & Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran. (Tersedia di www.google.com, diakses 8 januari 2021, 11:05)

Puspitasari Linda. 2016. ‘‘pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan”(studi kasus waroeng spesial sambal “ss” purwokerto). Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Rahmawati Kartika Nur. 2017. ‘‘pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen’’ Universitas Negeri

Utami Halida. 2013. ‘‘pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Published

2022-10-30

How to Cite

Febriyanti, E. P. (2022). Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen di umah lokal coffee and roastery: The influence of product quality and services on consumer satisfaction in local house coffee and roastery. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(10), 2824 -2837. https://doi.org/10.22334/paris.v1i10.197

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.