Pengaruh kualitas pelayanan pramusaji dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen di capil beach grill and bar

The effect of quality of service service and facilities for consumer satisfaction at capil beach grill and bar

Authors

  • I Gede Putrayasa Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v1i10.199

Keywords:

Pengaruh, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Konsumen

Abstract

Capil Beach Grill and Bar merupakan salah satu restoran yang terletak di pinggir pantai Double Six, Seminyak yang banyak diminati oleh tamu lokal maupun mancanegara. Untuk tamu merasa nyaman ketika datang berkunjung, tentu saja kualitas pelayanan dan kondisi fasilitas sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tamu. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan di Capil Beach Grill and Bar, yaitu pada bulan Maret sampai dengan Juli 2021. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen di Capil Beach Grill and Bar, dengan penyebaran kuesioner kepada para konsumen yaitu sebanyak 40 orang. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen. Hal ini berarti semakin bagus kualitas pelayanan maka semakin tinggi tingkat kepuasan konsumen. Kemudian fasilitas berpengaruh secara signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen. Hal ini berarti semakin bagus kondisi fasilitas yang ada maka semakin menigkat tingkat kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini berarti peningkatan pada kualitas pelayanan dan fasilitas berdampak positif terhadap kepuasan konsumen di Capil Beach Grill and Bar. Disarankan kualitas pelayanan dan fasilitas diperhatikan oleh pihak manajemen karena akan mempengaruhi kepuasan pelanggan di Capil Beach Grill and Bar.

Author Biography

I Gede Putrayasa, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

References

Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Daradjat. 2012. Fasilitas Transportasi Konsumen. Bandung: CV Alfabeta

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Ghozali. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Kotler dan Keller. 2016. Marketing Management 15 Edition. United State of America: Person Education

Limited. Kotler, Philip dan Armstrong. 2012. Principle of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip., Keller, Levin Lane. 2012. Marketing Management. Global edition. England: Pearson Education Ltd.

Pantiyasa. 2019. Teknik Penulisan Skripsi. Denpasar: Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional.

Rangkuti. 2013. Customer Service Satisfaction & Call Centre Berdasarkan ISO 9001.

Santoso, Singgih. 2012. Analisis SPSS Pada Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komput Indo. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Tjiptono. 2011. Service Quality and Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta: Andi Officet.

Zeithaml dan Bitner. 2013. Service Marketing, Sixth Edition. Amerika: Mc Graw Hill.

Abdullah. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Pengambilan Keputusan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Real Cafe di Kota Makasar. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Bahar dan Sjaharuddin. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang. Makassar: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bongaya.

Dewandi, Yulizar Kasih, Idham Cholid. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Emilia Palembang. Palembang: STIE MDP.

Indrawati. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan Layanan Lembaga Pendidikan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Bisnis.

Moha dan Loindong. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta di Kota Manado. Manado: Universitas Sam

Ratulangi Manado. Pratiwi. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Penginapan Lebar Daun Palembang. Palembang: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negri Raden Fatah Palembang.

Putranto. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma.

Published

2022-10-30

How to Cite

Putrayasa, I. G. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan pramusaji dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen di capil beach grill and bar: The effect of quality of service service and facilities for consumer satisfaction at capil beach grill and bar. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(10), 2850 -2867. https://doi.org/10.22334/paris.v1i10.199