Pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada hotel bali niksoma boutique beach resort

The effect of leadership and motivation on hotel employee performance at bali niksoma boutique beach resort

Authors

  • I Kadek Yoga Putra Pratama Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Ni Putu Ayuning Permatasari Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v1i10.201

Keywords:

Kepemimpinan, Motivasi dan Kinerja Karyawan

Abstract

Sektor pariwisata di Bali sampai saat ini masih memiliki peranan penting bagi perekonomian masyarakat di Bali karena mayoritas masyarakat di Bali mengandalkan sektor pariwisata untuk pendapatan utama mereka. Sumber Daya Manusia (SDM), merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan itu sendiri. Adapun beberapa masalah yang terjadi disalah satu hotel di bali yaitu Hotel Bali Niksoma Boutique Beach Resort diantaranya factor kepemimpinan dan motivasi kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan di Hotel Bali Niksoma Boutique Beach Resort. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Hotel Bali Niksoma Boutique Beach Resort yaitu 82 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi dan kuesioner. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan Teknik analisis statistic dengan uji korelasi berganda, regresi linier berganda, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah nilai signifikan untuk kepemimpinan yakni 0,000 kurang dari 0,05 (0,000<0,05) dengan nilai t hitung 5,173 Sehingga H1 diterima, dengan kata lain Kepemimpinan berhubungan signifikan terhadap Kinerja Karyawan di Hotel Bali Niksoma Boutique Beach Resort. Dilihat nilai signifikan untuk Motivasi yakni 0,028 kurang dari 0,05 (0,008<0,05) dengan nilai t hitung 2,734 sehingga H2 diterima, dengan kata lain Motivasi berhubungan signifikan terhadap Kinerja Karyawan di Hotel Bali Niksoma Boutique Beach Resort. Dilihat dari nilai signifikan yakni 0,000 kurang dari 0,05 (0,000<0,05) dengan nilai F hitung 86,069 sehingga H3 diterima, dengan kata lain Kepemimpinan dan Motivasi berhubungan signifikan terhadap Kinerja Karyawan di Hotel Bali Niksoma Boutique Beach Resort.

References

Andi, Supangat. (2008). Statistik Dalam Kajian Deskri ptif dan Paramatik. Jakarta: Kencana Prenada

Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 21 Update PLS Regresi. Yogyakarta : Universitas Diponegoro. 9 . (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) Edisi 4. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Asriani. (2016). Pengaruh Motivasi dan Kepemimpinan Terhadap Semangat Kerja Karyawan Di The Kayon Resort. Skripsi. Jurusan Manajemen Perhotelan Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional, Denpasar.

Bahrum. (2015). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pegawai Lembaga Dewan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam Bintan Karimun. Skripsi. Universitas Batam

Basri. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Hotel MAXONE Palembang. Skripsi. Universitas Palembang.

Chandra. (2016). Hubungan Antara Disiplin Kerja, Motivasi dan Pemberdayaan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Ciputra Jakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Jakarta

Cong, Nguyen Nhat, Dung Nguyen Van. (2013). Effects of Motivation and Job satisfaction on Employees’ Performance at Petrovietnam Nghe an Construction Joints Stock Corporation (PVNC). International Journal of Business and Social Science.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Dessler, Gary. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Indeks.

Dewi, N. K. T., & Darmita, M. Y. (2020). PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOTEL AYUNG RESORT UBUD BALI (Studi Pada Ayung Resort Ubud, Bali). Journal Research of Management (JARMA), 1(2), 106-118.

Dubrin, A.J. (2005). Leadership. Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media.

Edison, Emron. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta.

Edy, Sutrisno. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana. .(2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada, Media Group.

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta : Universitas Diponegoro. .(2013).

Published

2022-10-30

How to Cite

Pratama, I. K. Y. P., & Permatasari, N. P. A. (2022). Pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada hotel bali niksoma boutique beach resort: The effect of leadership and motivation on hotel employee performance at bali niksoma boutique beach resort. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(10), 2888 -2901. https://doi.org/10.22334/paris.v1i10.201

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.