Analisis perancangan sistem registrasi daya tarik wisata medewi

Authors

  • Christina Risma Lovieta Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Ni Ketut Yantini Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Gusti Ayu Ngurah Astiti Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Ida Bagus Samudra Wijaya kusuma Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Kadek Doni Setiawan Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Kadek Indra Kurniawan Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Ni Wayan Rena Mariani Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i1.271

Keywords:

Desa Medewi, Sistem Registrasi, Deskriptif Kualitatif

Abstract

Penerapan sistem informasi yang tepat di Desa Medewi dapat menjadi kekuatan tambahan yang dilihat dari kurangnya sistem informasi kepariwisataan khususnya pada registrasi kunjungan wisatawan di setiap daya tarik wisata. Dalam artikel ini peneliti merekomendasikan sistem registrasi kunjungan daya tarik wisata yang berisi tentang informasi dari wisatawan mengenai identitas pribadi, asal wisatawan berkunjung, atraksi atau aktivitas yang menjadi favorit di setiap daya tarik wisata yang ada, serta laporan pemasukan yang berisi tentang informasi terkait pendapatan yang diperoleh dari kunjungan wisatawan melalui penjualan tiket masuk yang dimana pengelola akan mengetahui jumlah pendapatan dari daya tarik wisata yang ada dan yang terakhir ada laporan. Pada penelitian ini mengumpulkan data dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif, yang dilakukan bertujuan untuk mengkaji rancangan sistem registrasi daya tarik wisata yang sesuai dengan kebutuhan sistem informasi pariwisata di Desa Medewi. Sistem registrasi yang dirancang oleh peneliti ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan pariwisata khususnya dalam mendukung pendataan kunjungan wisatawan untuk mengetahui tingkatan kunjungan dari tahun ke tahun yang dapat digunakan sebagai acuan pengembangan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas, baik untuk pelayanan ataupun ketersediaan informasinya.

 

The application of the right information system in Medewi Village can be an additional strength as seen from the lack of a tourism information system, especially in the registration of tourist visits at every tourist attraction. In this article the researcher recommends a tourist attraction visit registration system which contains information from tourists regarding personal identity, where tourists visit, favorite attractions or activities in each existing tourist attraction, as well as income reports which contain information related to the income earned. from tourist visits through the sale of entrance tickets where the manager will find out the amount of income from existing tourist attractions and finally there is a report. In this study, collecting data using a qualitative approach with thetype of research that is descriptive, which was carried out aimed at examining the design of a tourist attraction registration system that fits the needs of a tourism information system in Medewi Village. The registration system designed by this researcher is very influential on tourism development, especially in supporting data collection on tourist visits to determine the level of visits from year to year which can be used as a reference for development carried out to improve quality, both for services and information availability.

Author Biographies

Christina Risma Lovieta, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Manajemen Pariwisata

Ni Ketut Yantini, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Manajemen Pariwisata

I Gusti Ayu Ngurah Astiti, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Manajemen Pariwisata

Ida Bagus Samudra Wijaya kusuma, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Manajemen Pariwisata

I Kadek Doni Setiawan, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Manajemen Pariwisata

Kadek Indra Kurniawan, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Manajemen Pariwisata

Ni Wayan Rena Mariani, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Manajemen Pariwisata

References

Davies, and Paul Beynon, 2004, “Database Systems Third Edition”, Palgrave Macmillan, NewYork

Janry Haposan U. P. Simanungkalit, S.Si., M. S. (2012). KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI ( Review ). Lecture Notes?: Sistem Informasi, 1–10

Marimin, et al., Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Grasindo,

Natasuwarna, A. P. (2019). Rancangan Sistem E-Procurement pada Usaha Hutan Tanaman Industri dengan Metode Enterprise Architecture. Techno.Com, 18(1). https://doi.org/10.33633/tc.v18i1.2080

Pengertian system registrasi https://kc.umn.ac.id/15937/7/BAB_II.pdf , diakses pada 13 Desember 2022 pukul 20.00

Pribadi, D. S. (2019). Proses Perumusan Kebutuhan Sistem Informasi Korporasi Menggunakan Zachman Framework Standards. Teknois?: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Sains, 9(1). https://doi.org/10.36350/jbs.v9i1.2

Sasue, N. S., & Wijaya, A. F. (2020). PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING (EAP) FRAMEWORK. Jurnal Bina Komputer, 2(2). https://doi.org/10.33557/binakomputer.v2i2.919

Setiawan, Wawan. Dan Munir. (2006). Pengantar Teknologi Informasi : Basis Data, Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia

Sobri, M., Indriani, P., Ijab, M. T., Isnawijani, & Marlindawati. (2019). Development of inventory information system using enterprise architecture planning method. International Journal on Informatics Visualization, 3(4), 321–326. https://doi.org/10.30630/joiv.3.4.228

Sugiyono. (2020). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN KOMBINASI (MIX METHODS). ALFABETA, cv.

Published

2023-01-30

How to Cite

Lovieta, C. R., Yantini, N. K., Astiti, I. G. A. N., kusuma, I. B. S. W., Setiawan, I. K. D., Kurniawan, K. I., & Mariani, N. W. R. (2023). Analisis perancangan sistem registrasi daya tarik wisata medewi. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.22334/paris.v2i1.271