Strategi penjualan kamar ulaman eco retreat pada masa pandemi covid-19

Authors

  • I Made Arya Yudha Saputra Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Made Arya Astina Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i1.274

Keywords:

Marketing mix, penjualan kamar, pandemi covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk membahas bagaimana pihak Ulaman Eco Retreat dalam menjual kamar di masa pandemi covid-19. Pandemi covid-19 berdampak buruk bagi sektor pariwisata khususnya dibali yang mengakibatkan penurunan occupancy. Bedasarkan uraian tersebut maka penelitian ini merumuskan permasalahan berupa Bagaimana strategi penjualan kamar di Ulaman Eco Retreat di masa pandemi covid-19. Dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Yaitu mengajukan pertanyaan secara langsung kepada pihak Ulaman Eco Retreat serta mengamati secara langsung bagaimana strategi penjualan kamar disana selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu menjelaskan secara rinci mengenai hasil wawancara yang di dapat serta keseluruhan data yang ditemui dengan teori yang digunakan yaitu analisis SWOT serta populasi dan sampel. Hasil dari penelitian yang didapat yaitu berupa strategi yang dilakukan Ulaman Eco Retreat dalam melakukan penjualan kamar di masa pandemi covid-19. Beberapa strategi yang dilakukan diantaranya melakukan promosi pada platform digital, serta promosi pada pihak agent yang telah bekerja sama. Selain itu hal yang dapat meningkatkan penjualan kamar yaitu desain interior yang unik berupa bangunan yang terbuat dari bambu.

 

This study aims to discuss how Ulaman Eco Retreat sells rooms during the covid-19 pandemic. The COVID-19 pandemic has had a negative impact on the tourism sector, especially in Bali, resulting in a decrease in occupancy. Based on this description, this study formulates a problem in the form of how to sell rooms at Ulaman Eco Retreat during the covid-19 pandemic. In collecting data in this study using interviews, documentation, and observation. Namely asking questions directly to the Ulaman Eco Retreat and observing firsthand how the room sales strategy there during the covid-19 pandemic. This study uses a qualitative descriptive analysis technique that describes in detail the results of the interviews obtained and the overall data encountered with the theory used, namely SWOT analysis as well as population and samples. The results of the research obtained are in the form of a strategy carried out by Ulaman Eco Retreat in selling rooms during the covid-19 pandemic. Some of the strategies carried out include promoting on digital platforms, as well as promotions to agents who have collaborated. In addition, things that can increase room sales are unique interior designs in the form of buildings made of bamboo.

Author Biographies

I Made Arya Yudha Saputra, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D3 Perhotelan

Made Arya Astina, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D3 Perhotelan

References

Arikunto. S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Akseleran. (2020). Dampak Corona Terhadap Industri di Indonesia. Diakses pada tanggal 15 Desember 2021. https://www.akseleran.co.id/blog/dampak-corona/

Astini, W. S., & Suyuthie, H. (2021). Strategi Pemasaran di Hotel Four Points by Sheraton Jakarta Pada Masa Covid-19. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 2(2), 116-126. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i2.29372

Aris, W. (2020, Desember 30). WNA Dilarang Masuk, Pelaku Pariwisata Bali Diminta Fokus Garap Wisatawan Domestik. Diakses pada 23 Juni 2022 dari https://bali.inews.id/wna-dilarang-masuk-pelaku-pariwisata-bali-diminta-fokus-garap-wisatawan-domestik

Bali, B. P. (2020). TPK (Tingkat Penghunian Kamar). Diakses pada tanggal 10 Desember2021. https://bali.bps.go.id/indicator/16/230/2/tingkat-penghunian-kamar-tpk-hotel-bintang-menurut-kelas-di-provinsi-bali.html

Basuki. H. (2006) Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu - Ilmu Kemanusiaan dan Budaya. Jakarta: Gunadarma.

Budiarta, I. Kadek. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Occupancy Di The Westin Hotels And Resort Nusa Dua Bali. Tugas Akhir Denpasar: Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional.

Adhitama, I. N. D. (2020). Landasan konseptual perencanaan dan perancangan arsitektur home resort di terusan nunyai di Lampung Tengah. S1 Thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 1999. http://e-journal.uajy.ac.id/23394/

Christiawan, E. M. (2022). Strategi pemasaran pada masa pandemi covid-19 di hotel amaris teuku umar. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(1), 197-205. https://doi.org/10.22334/paris.v1i1.15

Fatimah, F. N. A. D. (2016). Teknik Analisis SWOT. Yogyakarta. Anak Hebat Indonesia.

Hidayat, M., & Latief, F. (2018). Strategi Peningkatan Jumlah Hunian Hotel Dengan Analisis Swot. PARADOKS?: Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), 15-27. https://doi.org/10.33096/paradoks.v1i1.80

Kotler. & Keller. (2012:25). Konsep Marketing Mix 4P. Diakses pada Februari 2022.http://repository.unisba.ac.id/bitstream/handle/123456789/572/06bab2_sumirat_10090310219_skr_2015.pdf?sequence=6

Kusuma, B., Bagus Kusuma Wijaya, & Wayan Eny Mariani. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Sektor Perhotelan Di Bali. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 3(1), 49-59. https://doi.org/10.22225/wmbj.3.1.2021.49-59

Kotler. & Amstrong. (2009;99). Penjualan Kamar. Dalam Kartajaya. Jurnal Sains Terapan Pariwisata. 6(1), 57-64.

Kotler. & Amstrong. (2016:56). Pengertian Marketing Mix. Diakses pada Februari 2022. https://repository.stei.ac.id/1856/1/Naskah%20Publikasi%20Bhs.Indonesia %20Fajar%20Tri%20Hermawan%2021160000228.pdf

Kristiutami, Y. P. (2021). Strategi Pemasaran Hotel Grand Asrilia di Masa Pandemi Covid-19. Media Wisata, 19(1), 1-10. https://doi.org/10.36276/mws.v19i1.61

Kadek, N., & Melayanti, T. (2022). Strategi Pemasaran Wisatawan Domestik Saat Pandemi Covid-19 Di Champlung Mas Hotel & Resort Legian Bali Marketing Strategies of Domestic Tourists During the Covid-19 Pandemic in Champlung Mas Hotel & Resort Legian. 01(03), 496-516.

Masatip, A., Maemunah, I., Rosari, D., & Anggreani, C. (2020). Analisis Strategi Pemasaran pada Hotel Inna Parapat dalam Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Akademi Pariwisata Medan, 8(2), 150-159. https://doi.org/10.36983/japm.v8i2.85

Murdhanti. (2011). Pengertian Resort. Diakses pada Februari 2022, https://www.diwarta.com/2017/02/13/pengertian-resort.html

Muliadiasa, I K. (2015). Pedoman Penulisan Skripsi DIV Manajemen Perhotelan. Denpasar. Sekolah Tinggi Pariwisata Bali International.

Nyoman, S. Pendit. (1999). Ilmu Pariwisata. Jakarta: Akademi Pariwisata Trisakti

O’Shannessy et al. (2001:5). Accommodation Services, Hospitality Press Pangarsa, Galih Wijil, 2006, Merah Putih Arsitektur Nusantara. Yogyakarta: Andi.

Sukmadinata, S. N. Metode Penelitian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D cetakan ke-19. Bandung: CV Alfabeta

Sanjaya. W. (2015). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Ulaman Eco Retreat. (2020). Diakses pada 5 Desember 2021, https://ulamanbali.com/

Published

2023-01-30

How to Cite

Saputra, I. M. A. Y., & Astina, M. A. (2023). Strategi penjualan kamar ulaman eco retreat pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(1), 31-39. https://doi.org/10.22334/paris.v2i1.274