Penerapan prosedur check in oleh resepsionis di jambuluwuk oceano seminyak hotel

Authors

  • Anak Agung Made Ratna Dewi Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Muhamad Nova Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i1.279

Keywords:

standar operasional prosedur, penanganan check-in, resepsionis

Abstract

Guna bertahan pada persaingan bisnis hotel di Bali, setiap hotel harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pengunjung tamu, sehingga setiap staff yang bekerja pada hotel khususnya yang langsung berhubungan dengan tamu harus memberikan pelayanan yang maksimal yang sesuai dengan standar operasional prosedur yang ditetapkan, salah satunya seksi resepsionis yang merupakan bagian departemen kantor depan harus memberikan kesan yang baik dari awal menangani tamu yaitu pada saat check-in. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, tujuan penulis melaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana resepsionis menerapkan prosedur check-in dan mengetahui hambatan dalam melaksanakan tugas resepsionis yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus tunggal, penelitian ini dilakukan dengan cara mengamati resepsionis menerapkan prosedur check-in yang telah ditetapkan hotel lalu membandingkan penerapan yang sesuai dan tidak sesuai dengan SOP dan mewawancarai manajer kantor depan terkait hambatan yang dimiliki selama menerapkan proses check-in. Hasil penelitian ini berupa 4 dari 15 poin SOP yang tidak selalu diterapkan dimana resepsionis tidak memberikan welcome drink kepada tamu, tidak mengecek dengan seksama isi voucher, tidak menagih pembayaran kamar tamu dan tidak memberikan keramahtamahan yang sesuai dan hal ini dikonfirmasi oleh manajer kantor depan beserta dengan alasan tidak dilaksanakannya dengan baik keempat poin SOP.

 

In order to survive in the hotel business competition in Bali, every hotel must provide the best service to every guest, so that every staff who works at the hotel, especially those directly handling the guests, must provide maximum service in accordance with established SOP, receptionist section which is part of the front office department must give a good impression from the beginning such as check-in. The data collection technique that the author uses is observation, interviews and documentation, This research is intended to find out Check-in Implementation based on SOP and knows the obstacles in carrying out the receptionist's duties in accordance with the standards that have been set. The research approach used is a qualitative approach with a single case study design, this research was conducted by observing the receptionist applying the check-in procedures that had been set by the hotel and then comparing the application that was suitable and not in accordance with the SOP and interviewed the front office manager regarding the obstacles they had during implementing check-in process. The results of this study are 4 out of 15 SOP points that are not always applied where the receptionist does not provide welcome drinks to guests, does not check carefully the contents of the voucher, does not collect guest room payments and does not provide appropriate hospitality and this is confirmed by the front office manager along with reasons for not properly implementing the four SOP points.

Author Biographies

Anak Agung Made Ratna Dewi, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Diploma 3 Perhotelan

Muhamad Nova, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Diploma 3 Perhotelan

References

Agus Sambodo, & Bagyono. (2006). Dasar-dasar Kantor Depan Hotel. Andi.

George R. Terry, & Leslie W. Rue. (2014). Dasar-Dasar Manajemen. PT. Bumi Aksara.

I Wayan Pantiyasa. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen. Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI).

Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Salemba Empat.

Ni Kadek Ayu Puspita Dewi. (2018). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur Penanganan Check-In dan Check-Out Tamu Perseorangan di Alila Ubud Hotel. IPBI.

Ni Made Kartika Dewi. (2018). Prosedur Penanganan Check In dan Check Out Tamu Rombongan di Padma Resort Ubud. IPBI.

Rifka R. N. (2017). Step by Step Lancar Membuat SOP. Huta Publisher.

Soenarno. (2006). Front Office Management. Andi.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Teuku Aditya Pratama. (2016). Analisis Prosedur Pelayanan Receptionist dalam Penanganan Tamu Check-In FIT di Grand Hyatt Bali. STPBI.

Wuryanti, L., Angriani, R., Program,), Manajemen, S., & Ekonomi, F. (2021). Strategi dalam meningkatkan efektifitas karang taruna tanjung anom pesawaran. In Japma (Vol. 1, Issue 1).

Zaki Baridwan. (2009). Sistem Akuntansi Penyususnan Prosedur dan Metode. YKPN.

Published

2023-01-30

How to Cite

Dewi, A. A. M. R., & Nova, M. (2023). Penerapan prosedur check in oleh resepsionis di jambuluwuk oceano seminyak hotel. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(1), 94-100. https://doi.org/10.22334/paris.v2i1.279