Upaya peningkatan kinerja karyawan melalui pelatihan soft skill dan hard skill di the westin resort & spa ubud pada masa pandemi covid-19

Authors

  • Dewa Ayu Nopita Dewi Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Muhamad Nova Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i1.281

Keywords:

Covid-19, Soft Skill, Hard Skill, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitiani ini i dilatarbelakangi i oleh kurang ioptimalnya i kinerja karyawan di The Westin Resort & Spa Ubud di i tengah i pandemi Covid-19 i yang sedang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis pelatihan soft skill dan hard skill yang diberikan pada masa sebelum dan selama pandemi serta persepsi stakeholder terhadap pemberian pelatihan-pelatihan tersebut guna meningkatkan kinerja karyawan pada masa pandemi Covid-19. Teknik i i pengumpulan i data i dalam penelitian ini i yaitu observasi ipartisipan, wawancara terstruktur, dan i studi dokumentasi i. Teknik i analisis i data i yang i digunakan i adalah i analisis i deskriptif i kualitatif i. Hasil i penelitian i menunjukkan i bahwa i jenis i pelatihan soft skill yang diberikan pada i masa i sebelum i dan i selama pandemi Covid-19 antara lain Hospitality Training dan Leadership Training. Sementara itu, terdapat 4 (empat) jenis pelatihan hard skill yang diberikan pada masa sebelum dan selama pandemi Covid-19 i antara lain 1). Operations Related Training, 2). Health, Safety, & Security Training, 3). Global Quality Program, dan 4). CTC (Commitment to Clean Training). Pemberian pelatihan-pelatihan tersebut dinilai efektif dan mampu meningkatkan kinerja karyawan serta pelatihan yang paling berperan penting di tengah pandemi Covid-19 yaitu Global Quality Program dan CTC (Commitment to Clean Training).

 

This i research i is i motivated i by i the i less i than i optimal performance of employees at The Westin Resort & Spa Ubud in i the i midst i of ithe i ongoing Covid-19 i pandemic. This i study i aims i to i determine i the i types of i soft i skill i and i hard i skill i training i provided before i and during i the i pandemic i as i well i as stakeholder perceptions of the i provision of these trainings in order to i improve i employee performance during i the i Covid-19 i pandemic i. Data i collection i techniques i in i this i study i were participant observation i, structured interviews i, and documentation studies. The i data i analysis i technique i used i is i descriptive i qualitative i analysis i. The i results i showed i that i the i types i of soft skill training provided before and during the Covid-19 pandemic included Hospitality Training and Leadership Training. Meanwhile, there i are i 4 (four) types of hard skills training provided before and during the Covid-19 pandemic, including 1). Operations Related Training, 2). Health, Safety, & Security Training, 3). Global Quality i Program, and 4). CTC (Commitment to Clean Training). The provision of these trainings is considered effective and able to improve employee i performance i as well as the i training i that plays the i most important role in i the i midst i of i the i Covid-19 i i pandemic i, namely the i Global Quality Program and CTC (Commitment to Clean Training).

Author Biographies

Dewa Ayu Nopita Dewi, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Diploma 3 Perhotelan

Muhamad Nova, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Diploma 3 Perhotelan

References

Astutik, W.S. dkk. (2019). Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Hard Skill, Soft Skill dan Pengalaman Kerja Pada PT. Erajaya (Erafone) di Malang Tahun 2019. Jurnal. Universitas Pawyatan Daha. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.350

Awal, A. dkk. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Di The Axana Hotel Padang. Jurnal. Program Studi DIV Manajemen Perhotelan Jurusan Pariwisata UNP. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i1.2372

Dewi, T. S. (2018). Pengaruh Pelatihan Skill Terhadap Kinerja Karyawan Di Neo Hotel Denpasar Bali. Skripsi. Sekolah Tinggi Pariwisata Bali International (STPBI)

Dewi, S.R. (2019). Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan Pada PT. Indaco Warna Dunia di Karanganyar. Jurnal. Fakultas ISIP

Fadli, M. (2015). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Grand Cempaka Resort & Convention Cipayung Bogor. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Pakuan Bogor

Handoko, T. H. (2007). Manajemen ¬Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Kasie, R. (2020). New Normal Ditengah Pandemi Covid-19. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-sidempuan/baca artikel/13169/New-Normal-di-Tengah-Pandemi-Covid-19.html. Diakses pada 10 Januari 2022.

Luthans, F. (2005). Perilaku Organisasi .Edisi Sepuluh. Yogyakarta: Andi

Mangkunegara. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Manara, M. (2014). Hard Skill Dan Soft Skill Pada Bagian Sumber Daya Manusia Di Organisasi Industri. Jurnal. Fakultas Psikologi Universitas Merdeka Malang

Mudlofir, A. (2012). Pendidikan Profesional. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Masram, H. & Hj. Mu’ah. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Profesional. Sidoarjo: Zifatama Publisher

Nawfal, B. (2021). Kesejahteraan Karyawan Dimasa Pandemi Covid-19 di Wilayah Industri Cikarang. Jurnal Doktor Manajemen. Universitas Mercu Buana. https://doi.org/10.22441/jdm.v4i1.11781

Pantiyasa, I.W. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen. Denpasar: Sekolah Tinggi Pariwisata Bali International (STPBI)

Rasid, Z. dkk. (2018). Pengaruh Hard Skill Dan Soft Skill Terhadap Kinerja Karyawan Perum Damri Manado. Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado

Rivai, V. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Edisi 1. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sedarmayanti. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Refika Aditama.

SK Menparpostel No. KM/37/PW/304/MPPT-86. Sumber: https://jdih.kemenparekraf.go.id/asset/data_puu/regulation_subject_1567753049_km94hk103mppt_87.pdf . Diakses pada 11 Januari 2022.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.

The Westin Resort & Spa Ubud Bali. Sumber: https://www.marriott.com/en-us/hotels/dpswr-the-westin-resort-and-spa-ubud-bali/overview/. Diakses pada 11 Januari 2022.

Wahyuni, dkk. (2016). Pengaruh Hard Skill Dan Soft Skill Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Provinsi Selawesi Selatan. Jurnal. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Published

2023-01-30

How to Cite

Dewi, D. A. N., & Nova, M. (2023). Upaya peningkatan kinerja karyawan melalui pelatihan soft skill dan hard skill di the westin resort & spa ubud pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(1), 101-111. https://doi.org/10.22334/paris.v2i1.281