Analisis menu a’la carte menggunakan metode menu engineering di poppies restaurant kuta

Authors

  • I Putu Nanda Anggitha Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Nyoman Sudiarta Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Utik Kuntariati Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i1.291

Keywords:

menu lunch a’la carte, menu engineering, item menu

Abstract

Dari banyaknya Restoran di Bali, ternyata belum semua restoran melakukan analisis Menu Enginering secara rutin yang menyebabkan tidak adanya data untuk mengetahui performa menu dan juga keuntungan. Dalam penelitian ini akan menganalisa menu a’la carte di Poppies Restaurant menggunakan metode menu engineering. Hasil penelitian menunjukan dari 80 item menu a’la carte di poppies restaurant terdapat 22 item termasuk dalam kategori star, 30 item termasuk dalam kategori plowhorse, 9 item termasuk dalam kategore puzzle, dan 19 item yang termasuk dalam kategoti dog. Hasil analisis tersebut menunjukkan klasifikasi menu dog masih cukup tinggi, hal itu menunjukkan performa menu a’la carte di Poppies Restaurant belum maksimal dan harus diperbaiki, oleh karena itu perlu dilakukannya analisis menu rutin intensif untuk memaksimalkan performa menu dan pendapatan di Poppies Restaurant.

 

Of the many restaurants in Bali, it turns out that not all restaurants perform Menu Enginering analysis on a regular basis which causes no data to determine menu performance and profits. In this study, we will analyze the a'la carte menu at Poppies Restaurant using the menu engineering method. The results showed that of the 80 a'la carte menu items at Poppies restaurant there were 22 items included in the star category, 30 items included in the plowhorse category, 9 items included in the puzzle category, and 19 items which are included in the dog category. The results of the analysis show that the classification of the dog menu is still quite high, it shows that the performance of the a'la carte menu at Poppies Restaurant has not been maximized and must be improved, therefore it is necessary to do an intensive routine menu analysis to maximize menu performance and income at Poppies Restaurant.

Author Biographies

I Putu Nanda Anggitha, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

I Nyoman Sudiarta, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

Utik Kuntariati, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

References

Agusthe. 2018. Tingkat Popularitas dan Profitabilitas Menu A’la Carte Melalui Metode Menu Engineering di Evas Restaurant Hotel Grand Rocky Bukittinggi. Skripsi Universitas Negeri Padang, Padang

Coltman , Michael M, Martin G. Jagels (2001). Hospitality Management Accounting. Canada : John Wiley and Sons , Inc.

Dhurmasana, Gede Made, (2017) “Analisis Menu A’La Carte menggunakan metode Menu Engineering di Restoran Ling-Lings Seminyak”. Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional Denpasar, Bali.

Haryati. 2018. Analisis Menu A’la Carte di Restoran Seleriana. Skripsi Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional, Denpasar.

Hikmawati. 2017. “Metodologi Penelitian”. Depok:PT RajaGrafindo Persada. https://books.google.co.id/books?id=QJy2lhN8In8C&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=fal se (Di akses pada tanggal 20 Januari 2021)

https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/jst/article/download/24/19#:~:text=Menu%20engineering%20ad alah%20pendekatan%20untuk,yang%20paling%20popul ar%20dan%20menguntungkan. (DI akses pada tanggal 5 agustus 2021)

Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. (n.d.). Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2014. Retrieved from www.kemenpar.go.id.

Khafid. 2015. Strategi Bersaing Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan (Studi Kasus Pada Perusahaan Otobus Al-MubarokMalang). Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Pantiyasa, I. W., (2013). Metodologi Penelitian. Bali : Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional. Pengetahuan Tata Hidang, Adjuno Wiwoho 2008 hal.2

Sudiarta, I. N., (2010). Food and Menu Knowledge. Bali : Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryawati, D. A., & Osin, R. F. (2019). Analisis Menu untuk Menentukan Strategi Bauran Pemasaran pada Bunut Café di Hotel White Rose Legian Kuta. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 3(1), 29-35. https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v3i1.49

Walker, John R,. The Restaurant: From Concept To Operation 6th Edition. New Jersey: John Wiley & Sons.

Wiyasha, IBM,. 2007.Akutansi Manajemen untuk Hotel dan Restoran Edisi ke 1.Yogyakarta: Andi.

Wiyasha, IBM,.2014. Akutansi Manajemen untuk Hotel dan Restoran edisi ke 2.Yogyakarta: Andi.

Yusuf. 2015. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan”. Jakarta:Prenadamedia Group.

Published

2023-01-30

How to Cite

Anggitha, I. P. N., Sudiarta, I. N., & Kuntariati, U. (2023). Analisis menu a’la carte menggunakan metode menu engineering di poppies restaurant kuta. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(1), 202 - 209. https://doi.org/10.22334/paris.v2i1.291