Pengaruh standar operasional prosedur terhadap kinerja pramusaji di puri santrian resort and spa

Authors

  • I Wayan Edi Yusup Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Gst Made Suka Arnawa Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Ni Putu Isha Aprinica Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i1.293

Keywords:

Standar Operasional Prosedur, Kinerja Pramusaji

Abstract

Meningkatnya pendirian Hotel dan restoran di berbagai tempat merupakan hasil dari permintaan pasar yang memang meningkat juga. Oleh karena itu, untuk tetap dapat bersaing dengan restoran-restoran lainnya, setiap restoran harus dapat meningkatkan kinerja waiter/pramusaji mereka untuk dapat menciptakan kepuasan pelanggan yang dapat berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengaruh standar operasional prosedur terhadap kinerja waiter/pramusaji di beach club restaurant puri santrian resort and spa. Penelitian ini dilaksanakan pada Mei 2020. Penentuan sampel pada penelitian ini adalah secara disproportionate stratified random sampling dengan jumlah data di olah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kuantitatif, yang menggambarkan bahwa standar operasional prosedur mempengaruhi kinerja waiter/pramusaji. Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh implementasi standar operasional prosedur terhadap kinerja waiter/pramusaji yang dibagi dengan tiga dimensi yaitu efesien, efektif dan konsisten. Ini berarti bahwa terdapat hubungan positif yang kuat antara standar operasional prosedur (X) dengan kinerja waiter/pramusaji (Y). Nilai koefisien determinasi penelitian ini yaitu sebesar 84,0% yang berarti variasi standar operasional prosedur terhadap kinerja waiter/pramusaji sebesar 84,0% sedangkan sisanya 16,0% ditentukan oleh variabel lain diluar standar operasional prosedur yang tidak dibahas di dalam penelitian ini.

 

The increase in the establishment of hotels and restaurants in various places is the result of market demand is indeed increasing as well. Therefore, in order to remain competitive with other restaurants, every restaurant should be able to improve the performance of their waiter/waitress to be able to create customer satisfaction which can affect customer loyalty. The purpose of this study was to determine the level of influence of standard operating procedures on the performance of the waiter/waitress at the beach club restaurant puri santrian resort and spa. This research was carried out in May 2020. The determination of the sample in this study was disproportionately stratified random sampling with the amount of data processed using descriptive analysis and linear regression analysis simple. The method used in this research is descriptive and quantitative, which illustrates that standard operating procedures affect the performance of waiters/waitresses. Results This study shows the effect of implementing standard operating procedures on performance waiter/waitress divided by three dimensions, namely efficient, effective and consistent. This means that there is a strong positive relationship between standard operating procedures (X) and performance waiter/waitress (Y). The value of the coefficient of determination in this study is 84.0%, which means the variation standard operating procedures on the performance of waiters/waitresses by 84.0% while the remaining 16.0% determined by other variables outside of standard operating procedures that are not discussed in the study this.

Author Biographies

I Wayan Edi Yusup, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

I Gst Made Suka Arnawa, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

Ni Putu Isha Aprinica, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI. Penerbit PT Rineka Cipta. Jakarta.

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4, Buku 2, Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D Cetakan Ke 24. CV Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Usman, Akbar. 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Maulana (2019) mengenai “Analisis Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Terhadap Kinerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara VI Unit Kebun Kayu Aro Kerinci Jambi

Megantara dan Prihatini (2016) mengenai “Pengaruh Kepemimpinan Dan Standard Operasional Prosedur Terhadap Kinerja Karyawan Studi Kasus Pada Departemen Housekeeping Hotel Crowne Plaza

Orlando (2020) mengenai “Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur, Kedisiplinan, dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Maya Sanur Resort & Spa Bali Pusat Statistik Provinsi Bali, 2021 Data jumlah hotel di Bali tahun 2019

Putra (2015) mengenai “Pengaruh Penerapan Standard Operating Procedure Di Departemen Food and Beverage Service Grand Aston City Hall Medan

Roziqin tahun 2018 mengenai “Pengaruh Standar Operasional Prosedur Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Pengawasan (Studi Kasus Pada PT. Turen Indah Malang)”. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa variabel SOP berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan.

Ryu, K., & Han, Lee. 2012. “The Influence of The Quality of The Physical Environment, Food, and Service on Restaurant Image, Customer Perceived Value, Customer Satisfaction, and Behavioral Intentions”, International Journal of Contemporary Hospitality Management, Vol.24, No. 2, pp.200– 223. https://doi.org/10.1108/09596111211206141

Saif, Muhammad. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Makanan Medan Napoleon”. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Sumatera Utara: Medan.

Published

2023-01-30

How to Cite

Yusup, I. W. E., Arnawa, I. G. M. S., & Aprinica, N. P. I. (2023). Pengaruh standar operasional prosedur terhadap kinerja pramusaji di puri santrian resort and spa . Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(1), 210 - 223. https://doi.org/10.22334/paris.v2i1.293