Pengaruh pemahaman konsep standard operating procedure terhadap produktivitas kerja room service di melia bali hotel spa and resort

Authors

  • I Wayan Raditya Wira Sandinata Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Made Hadi Purnantara Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Gst Made Suka Arnawa Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i1.294

Keywords:

Standard Operating Procedure, Produktivitas kerja, Hotel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Standard Operating Procedure (SOP) terhadap Produktivitas Room service di Melia Bali Hotel SPA and Resorts. Penelitian dilakukan di Melia Bali Hotel SPA and Resorts dengan mengambil responden adalah karyawan bagian Food and Beverages Service. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada karyawan. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data, yaitu analisis regresi linier sederhana, uji T, dan uji koefesien determinasi. Analisis regresi linier sederhana dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh SOP terhadap produktivitas kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa SOP berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas Room Service. Dalam peningkatan produktivitas karyawan alangkah baiknya pihak manejemen hotel tetap memberikan sosialisasi atau mengingatkan kepada karyawannya untuk lebih menerapkan Standard Operating Procedure sesuai dengan tujuan pihak organisasi dan manajemen

 

This study aims to determine the effect of Standard Operating Procedure (SOP) on Productivity Room service at Melia Bali Hotel SPA and Resorts. The research was conducted at Melia Bali Hotel SPA and Resorts by taking respondents who were employees of the Food and Beverages Service. The research was conducted by distributing questionnaires to employees. The analytical technique used to analyze the data, namely simple linear regression analysis, T test, and coefficient of determination test. Simple linear regression analysis was conducted to determine whether or not the influence of SOP on work productivity. The research method used is quantitative descriptive statistics. The results of the study indicate that SOP has a positive and significant effect on the productivity of Room Service. In increasing employee productivity, it would be better if the hotel management continued to provide socialization or remind employees to better implement Standard Operating Procedures in accordance with the goals of the organization and management.

Author Biographies

I Wayan Raditya Wira Sandinata, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

I Made Hadi Purnantara, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

I Gst Made Suka Arnawa, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

References

Dr. H.Edy Sutrisno, M.si (2010), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Jakarta: Ghalia Indonesia Jakarta.

Fred Luthans, (2006), Perilaku Organisasi, Edisi kesepuluh, Penerbit Andi Copyright, Yogyakarta.

Hadari Nawawi, (2008), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Penerbit Gadjah Mada University, Yogyakarta.

Malayu SP. Hasibuan, (2009), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Penerbit PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Pantiyasa, I Wayan, 2013.Metodelogi Penelitian. Denpasar, Percetakan STPBI.

Azwar, Aziz Dzulfidya. 2015. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah ( Studi Empiris Pada DPKAD Dan Inspektorat Kota Bandung. Skripsi Akuntansi (Online).

Damanik, Valentino , dkk. 2015. City Hotel Di Medan. Tesis Teknik (Online).

Darmayanti, Yayan. 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Standar Operasional Prosedur Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pengawas Urusan Gerbong Sukacinta (Pug Sct) Pt. Kereta Api Indonesia (Persero) Kabupaten Lahat. Jurnal pendidikan Ekonomi dan Bisnis (Online). https://doi.org/10.21009/JPEB.005.1.5

Dianna, Daru N. 2020. Dasar-Dasar Penelitian Akademik : Analisis Data Kualitatif Dan Kuantitatif. Researchgate.com (Online).

Hakin, Iqbal. 2020. Data Kualitatif dan Kuantitatif : Pengertian, Perbedaan, serta Contohnya. Skripsi Insanpelajar.com (Online).

Hamilah, Siti. 2014. Hubungan Disiplin Kerja Dengan Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT Mitra Saruta Indonesia Di Gresik. Skripsi Psikologi (Online).

Inayah. Nur. 2018. Pengaruh SOP dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Pegawai PT BNI 46(Persero) tbk Cabang Mattoangin Di Kota Makasar. Skripsi Ekonomi Dan Bisnis Islam (Online).

Nurmahani. 2009. Food and Beverage Department Berperan Penting Dalam Meningkatkan Pendapatan Hotel Grand Anteras Indonesia. Skripsi Perhotelan Medan (Online).

Oktaviyani, Karlina. 2017. Pengaruh Pemeriksaan Pajak Dan Penagihan Pajak Terhadap Efektivitas Penerimaan Pajak (Studi pada KPP Pratama Bandung Cibeunying periode 2013-2015). Skripsi Akuntansi (Online).

Putra, Bimantara Yanuar Dwi. 2017. Peranan Waiter Atau Waitress Dalam Melayani Tamu di Canting Restaurant Atria Hotel Malang. Tugas Akhir Perhotelan (Online).

Ramadhan, Achmad Mun’im. 2015. Pengaruh Penerapan SOP (Standard Operating Procedure) Dan Sistem Penghargaan (Reward System) Terhadap Produktivitas Kerja Pada Karyawan Bagian Distribusi PT Unirama Duta Niaga Surabaya. Skripsi Manajemen (Online).

Rosemberg, Marie-Anne.S. 2018. EffortReward Imbalance and Work Productivity Among Hotel Housekeeping Employees. Jurnal Workplace and Healthy (Online). (Effort-Reward Imbalance and Work Productivity Among Hotel Housekeeping Employees: A Pilot Study - Marie-Anne S. Rosemberg, Yang Li, 2018 (sagepub.com) diakses pada 19 November 2020). https://doi.org/10.1177/2165079918755803

Sinurat, Hotin A. 2017. Efektivitas Waiter Carnelian Restoran Grand Serela Hotel Medan Guna Meningkatkan Operasional Hotel. Tugas Akhir Perhotelan (Online).

Siti Rumiati. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Dividend Payout Ratio, dan Leverage Terhadap Tindakan Perataan Laba. Skripsi Akuntansi (Online).

Yoga Kharisma, Gede Pradana dan I Wayan Pantiyasa. 2018. Makotek As A Tourist Attraction In Munggu Village Bali. Artikel Hotel Manajemen (Online). https://doi.org/10.2991/ictgtd-18.2018.2

Published

2023-01-30

How to Cite

Sandinata, I. W. R. W., Purnantara, I. M. H., & Arnawa, I. G. M. S. (2023). Pengaruh pemahaman konsep standard operating procedure terhadap produktivitas kerja room service di melia bali hotel spa and resort. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(1), 224 - 231. https://doi.org/10.22334/paris.v2i1.294