Implikasi pelatihan terhadap motivasi kerja dan kinerja karyawan departemen front office di desamuda villas

Authors

  • Made Riski Prayoga Dinata Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Francisca Titing Koerniawaty Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Dika Pranadwipa Koeswiyono Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i1.300

Keywords:

Pelatihan, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Pada masa era globalisasi saat ini, manajemen hotel harus menerapkan program- program pelatihan untuk karyawan guna meningkatkan skill dan pengetahuan yang berdampak terhadap motivasi kerja dan kinerja karyawan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis pelatihan yang digunakan serta implikasinya terhadap motivasi kerja dan kinerja karyawan di Desamuda Villas. Populasi dalam penelitian ini yaitu Human Resources Manager (HRM), front office supervisor dan karyawan front office serta menggunakan teknik purposive sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi serta teknik analisis yang digunakan yaitu Miles dan Hubberman. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa jenis- jenis pelatihan di Desamuda Villas adalah perawatan diri (grooming), menyambut dan melayani tamu (welcoming and serving guests), etika berkomunikasi bagi front office, etika bertelefon (telephone manner), manajemen waktu (time management) dan mengatasi tamu komplain (handling complain). Adapun Implikasi dari pelatihan tersebut pada motivasi kerja dan kinerja karyawan adalah berdampak baik. Namun, kinerja karyawan pada pelatihan mengatasi tamu komplain (handling complain) kurang berdampak baik.

 

In the current era of globalization, hotel management must implement training programs for employees to improve skills and knowledge that have an impact on work motivation and employee performance. The purpose of this study was to determine the type of training used and its implications for work motivation and employee performance at Desamuda Villas. The population in this study is Human Resources Manager (HRM), front office supervisor and front office employee and uses a purposive sample technique. The method used in this research is qualitative method. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, literature study and documentation as well as analytical techniques used, namely Miles and Hubberman. The results of this study indicate that the types of training at Desamuda Villas are grooming, welcoming and serving guests, communication etiquette for the front office, telephone manners, time management and time management. Overcoming guest complaints (handling complaints). The implication of the training on work motivation and employee performance is a good impact. However, the employee's performance in the training to deal with guest complaints (handling complaints) did not have a good impact.

Author Biographies

Made Riski Prayoga Dinata, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

Francisca Titing Koerniawaty, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

Dika Pranadwipa Koeswiyono, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

References

Edison, Emron, Anwar Yohny, and Imas Komariyah. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Hamali, Arif Yusuf. 2016. Pemahaman Manajemen Sumberdaya Mausia. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Servive.

Hasibuan, Malayu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Marlina. 2015. Psikologi Industri Dan Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.

Pantiyasa, I. Wayan. 2013. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Rivai, Veithzal. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siagian, Sondang P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Simamora, Henry. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widodo, Suparno Eko. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Published

2023-01-30

How to Cite

Dinata, M. R. P., Koerniawaty, F. T., & Koeswiyono, D. P. (2023). Implikasi pelatihan terhadap motivasi kerja dan kinerja karyawan departemen front office di desamuda villas. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(1), 268 - 282. https://doi.org/10.22334/paris.v2i1.300