Analisis implementasi green hotel di sarinbuana eco lodge

Authors

  • Ni Putu Intan Putri Saraswati Dewi Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Putu Sabda Jayendra Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Ketut Muliadiasa Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i1.302

Keywords:

Implementasi, green hotel, sustainability, manajemen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari dimensi green hotel dan manajemen pengelolaannya.di Sarinbuana Eco Lodge. Penelitian ini penting guna mendorong industri perhotelan untuk mengadaptasi langkah-langkah ramah lingkungan untuk keberlanjutan. Jenis dari ini penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan kuesioner yang mengacu pada Pedoman Pelaksanaan Green Hotel di Indonesia yang diterbitkan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2016. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase implementasi green hotel sebesar 83,73 % dari dimensi green hotel serta manajemen pengelolaan yang mana menunjukkan bahwa implementasi green hotel di Sarinbuana Eco Lodge sudah berjalan dengan cukup baik dan sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan Green Hotel di Indonesia. Sebagai suatu akomodasi, Sarinbuana Eco Lodge mampu menciptakan kesimbangan antara lingkungan, sosial serta ekonomi melalui penerapan dimensi-dimensi green hotel pada seluruh operasionalnya.

 

This study aims to determine the implementation of the green hotel dimension and its management at Sarinbuana Eco Lodge. This research is important to encourage the hotel industry to adopt environmentally friendly measures for sustainability. The type of this research is descriptive qualitative. The data collection techniques used in this study were interviews, observations and questionnaire referring to Guidelines for the Implementation of Green Hotels in Indonesia published by the Ministry of Tourism and Creative Economy in 2016. The data analysis technique used in this study is the analysis technique by Miles and Huberman. The results of this study indicate that the percentage of green hotel implementation is 83, 73 % of the green hotel dimension and green management which shows that the implementation of green hotel at Sarinbuana Eco Lodge has been going quite well and in accordance with the Guidelines for the Implementation of Green Hotels in Indonesia. As an accommodation, Sarinbuana Eco Lodge is able to create a balance between the environment, social and economy through the application of green hotel dimensions in all its operations.

Author Biographies

Ni Putu Intan Putri Saraswati Dewi, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

Putu Sabda Jayendra, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

I Ketut Muliadiasa, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

References

Ajat Rukajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.

Abdul, Majid. Implementasi Kurikulum. 2013. Kajian Teoritis dan Praktis. Bandung: Interes Media

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.

Candra Wijaya. dan Muhamad Rifa'i. 2016. Dasar-Dasar Manajemen. Medan: Perdana Publishing.

Djatmiko, R. D. 2016. Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Yogyakarta: deepublish.

Gunawan, Imam. 2015. “Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik”, Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Andarwanto, Andri. 2015. Pengaruh kompetensi, Independensi, Akuntanbilitas dan profesionalisme auditor terhadap kualitas audit (studi empiris pada KAP di Surakarta dan Yogyakarta). Skripsi. Sarjana universitas muhammadiyah Surakarta.

Amado dos Santos, R., Méxas, M. P., Meiriño, M. J., Sampaio, M. C., & Costa, H. G. (2020). Criteria for assessing a sustainable hotel business. Journal of Cleaner Production, 262. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.121347

Asadi, S., Om Salameh Pourhashemi, S., Nilashi, M., Abdullah, R., Samad, S., Yadegaridehkordi, E., Aljojo, N., & Razali, N. S. (2020). Investigating influence of green innovation on sustainability performance: A case on Malaysian hotel industry. Journal of Cleaner Production, 258, 120860. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.120860

Aminuddin, I., Krishnadianty, D., Syukur, A. G., & Dian, I. A. (2016). Panduan Pengembangan Akomodasi Wisata Ramah Lingkungan. https://d2d2tb15kqhejt.cloudfront.net/downloa ds/buku_beeps_akomodasi_rev_5.pdf diakses pada tanggal 22 Januari 2021

Bahunta, Lussiany., Waspodo, Roh. (2019). Rancangan Sumur Resapan Air Hujan Sebagai Upaya Pengurangan Limpasan di Kampung Babakan, Cibinong, Kabupaten Bogor. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, 4 (01), 37. https://doi.org/10.29244/jsil.4.1.37-48

Fivanda, F. (2017). Evaluasi Terhadap Konsep Desain Interior Ramah Lingkungan Pada Lobby Lounge Boutique Hotel Studi Kasus?: Greenhost Boutique Hotel Yogyakarta. Visual, 12(Vol 12, No 2 (2017)), 10–18. https://journal.untar.ac.id/index.php/visual/arti cle/view/2123. https://doi.org/10.24912/jurnal.v12i2.2123

Anonim. Undang Undang tentang Kepariwisataan, UU No. 10 Tahun 2009. Jakarta: Direktorat Jenderal Hukum dan HAM

Anonim. 2009. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: Sekretariat Negara.

Dewan Energi Nasional (DEN). (2019). Outlook Energi Indonesia 2019, Jakarta. 75 hal.

Kementrian Pariwisata. (2016). Panduan dan Pedoman Pelaksanaan Green Hotel di Indonesia. http://www.kemenpar.go.id/post/panduandan-pedoman- pelaksanaan-green-hotel-diindonesia diakses pada tanggal 10 Desember 2020.

Published

2023-01-30

How to Cite

Dewi, N. P. I. P. S., Jayendra, P. S., & Muliadiasa, I. K. (2023). Analisis implementasi green hotel di sarinbuana eco lodge. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(1), 296 - 312. https://doi.org/10.22334/paris.v2i1.302