Penerapan Core Value Marriott “Serve Our World” dalam Implementasi Konsep Palemahan Tri Hita Karana di Westin Resort & Spa Ubud

Authors

  • Ni Luh Eka Widiastuti Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i2.313

Keywords:

Serve Our World, Palemahan, Tri Hita Karana, Persepsi

Abstract

Isu lingkungan mempengaruhi perubahan pembangunan pariwisata yang akan berdampak pada kunjungan turis. Turis dominan menginap di akomodasi wisata seperti hotel yang tidak bersifat merusak lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui penerapan setiap program Serve Our World dalam pemanfaatan limbah yang terkait dengan konsep Palemahan Tri Hita Karana serta bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat atas penerapan program yang juga dijalankan di lingkungan masyarakat. Lokasi penelitian ini berada di The Westin Resort & Spa Ubud yang merupakan hotel berstandar bintang 5, serta dinaungi oleh perusahaan Marriot. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif data deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data, seperti wawancara, kuesioner, observasi, serta dokumentasi. Hasil menunjukan bahwa The Westin Resort & Spa Ubud, sudah menerapkan atau mengimplementasikan setiap program yang masuk dalam kategori penerapan Serve Our World dengan sangat baik, baik itu di dalam lingkungan area hotel ataupun di lingkungan masyarakat. Serta hasil persepsi yang positif dari masyarakat tentang penerapan program tersebut, namun ada satu kegiatan dari indikator penilaian dari persepsi masyarakat atas penerapan program yang belum terpenuhi seperti: tidak mempunyai program penduar ulangan limbah , baik limbah organik ataupun non organik. Jadi ketika melakukan kegiatan pembersihan, semua jenis sampah dikumpulkan lalu dipilah sesuai dengan jenisnya. Setelah itu semua sampah yang dipilah dan di buang di TPA Desa.

 

Environmental concerns have an impact on changes in tourism development, which will affect visitor numbers. Tourist lodgings, including hotels, that do not harm the environment are preferred by dominant tourists. This study intends to ascertain the implementation of each Serve Our World program in the use of garbage associated with the Palemahan Tri Hita Karana idea as well as to ascertain how the program is perceived by the general public when it is implemented in the local community. The Westin Resort & Spa Ubud, a 5-star hotel that is owned by the Marriott corporation, is the site of this study. Descriptive data and qualitative research are used in the research approach. use methods for gathering data include questionnaires, observations, interviews, and recordkeeping. The findings demonstrate that The Westin Resort & Spa Ubud has successfully adopted or is currently implementing each initiative that falls under the category of serving our world, both inside the hotel and outside it. Along with the outcomes of the community's good impressions of the program's implementation, there is one signal from the assessment of the community's perspective of the program's implementation that has not been met, such as the absence of an organic or non-organic waste recycling program. Therefore, when performing cleaning tasks, garbage of all types is gathered and afterwards separated according to type. Following that, all of the trash is sorted and dumped in the village's ultimate disposal facility.

Author Biography

Ni Luh Eka Widiastuti, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Diploma 3 Perhotelan Institut Pariwisata Dan Bisnis Internasional

References

Basuki, & Suryono. (2017). Variasi Bahasa Presenter pada Program Tembang-Tembung di Adi TV. Caraka, 4(1), 146–155.

Dewa Ayu, E. P. (2019). Implementasi Corporate Social Responsibility. Pusaka (Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event), 1(1), 29–35. https://doi.org/10.33649/pusaka.v1i1.10

Dianti, G. P., Mahyuni, L. P., Fin, S., Villa, U., Nasional, U. P., & Karana, T. H. (2018). Praktik Corporate Social Responsibility ( Csr ) Pada Intercontinental Bali Resort Hotel?: Eksplorasi Berbasis. 3(1), 12–22.

Dina, S., & Khariuddin, H. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Aparatur Kantor Camat Enok Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Analisis Manajemen , 3(1), 57–67.

Kurnisar. (2000). Pengelolaan Sampah Sebagai Implementasi Falsafah Tri Hita Karana. Pancasila Sebagai Sumber Dari Segala Sumbr Hukum Di Indonesia, 1966(Xx), 243–253. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/download/467/385

Kusumawati, R. (2008). Analisis pengaruh budaya organisasi Dan gaya kepemimpinan terhadap Kepuasan kerja untuk meningkatkan Kinerja karyawan (studi kasus pada rs roemani semarang). Program PAsca Sarjana Universitas Di Ponegoro.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2005). Perilaku dan budaya organisasi.

Muis, M. R., Jufrizen, J., & Fahmi, M. (2018). Pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 1(1), 9–25. https://doi.org/10.36778/jesya.v1i1.7

Octaviana, N. (2011). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja Serta Kinerja Karyawan (Pada PT. Mirota Kampus di Yogyakarta). UPN" Veteran" Yogyakarta.

Parma, I. P. G. (2010). Pengamalan Konsep Tri Hita Karana di Hotel: Sebuah Studi Kasus Pengembangan Hotel Berwawasan Budaya di Matahari Beach Resort and Spa. Jurnal Media Bina Ilmiah Lembaga Pengembangan Sumber Daya Insani (LPSDI), 4(2), 1–8.

Parmajaya, I. P. G. (2018). Implementasi Konsep Tri Hita Karana Dalam Perspektif Kehidupan Global?: Berpikir Global Berperilaku Lokal. Purwadita, 2(2), 27–33. https://media.neliti.com/media/publications/268211-implementasi-konsep-tri-hita-karana-dala-28de05c4.pdf

Prof, O., & Sutjipta, N. (2016). Penerapan tri hita karana kawasan agrowisata buyan dan tamblingan di desa pancasari kecamatan sukasada kabupaten buleleng.

Purana, I. M. (2016). Pelaksanaan Tri Hita Karana Dalam Kehidupan Umat Hindu. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 5(2085), 67–76. http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/237

Putu, N., Adi, M., Suarna, W., Windia, W., Magister, P., & Lingkungan, I. (2015). Pengelolaan Lingkungan Hotel Berbasis Tri Hit Karana Di Kawasan Pariwisata Sanur. Ecotrophic, 9(2), 14–21. https://doi.org/10.24843/EJES.2015.v09.i02.p03

Rahman, J. H. (2017). Jenis jenis data penelitian. Jurnal Teknik Pengumpulan Data Dalam Rancangan Penelitian, 4(2), 33–41.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Setiawan, G. (2004). Implementasi dalam birokrasi pembangunan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Usman, N. (2002). Konteks implementasi berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wijaya, I. N. A., Sulistyawati, A. S., & Ariana, I. N. J. (2020). Implementasi Core Value di sheraton bali kuta resort. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 4(1), 133. https://doi.org/10.24843/jkh.2020.v04.i01.p010

Yogi, M. (2014). Instrumen Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan Pengembangan. Implementation Science, 39(1),1–24.

Published

2023-02-28

How to Cite

Widiastuti, N. L. E. (2023). Penerapan Core Value Marriott “Serve Our World” dalam Implementasi Konsep Palemahan Tri Hita Karana di Westin Resort & Spa Ubud. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(2), 367 - 375. https://doi.org/10.22334/paris.v2i2.313