Analisis Pengaruh Visibility Credibility Attraction Power Celebrity Endorsment Terhadap Minat Kunjungan Tamu di Hotel Four Points by Sheraton Manado

Authors

  • Enrico Supit Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Wayan Eka Sudarmawan Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Ni Made Rinayanthi Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i2.321

Keywords:

Selebgram, Promosi, Kunjungan tamu

Abstract

Penelitian membahas tentang pengaruh promosi yang dilakukan oleh selebgram Anggia Kloer dalam mempromosikan fasiltas dan event – event yang akan diadakan melalui selebgram dengan maksud meningkatkan kepercayaan konsumen di Manado agar dapat dikenal oleh banyak orang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah visibility, credibility, attraction, power berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjungan tamu di hotel Four Points by Sheraton Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang pernah menginap di Four Points By Sheraton Manado, mempunyai instagram dan mengikuti Anggia Kloer di instagram. Sampel Penelitian ini berjumlah 40 orang. Data penelitian ini diperoleh dengan menyebarakan kuesioner secara online menggunakan Google Form kepada responden. Teknik analisis statik yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji validitas, uji reliabiltas, uji t, dan uji f. Berdasarkan hasil Visibility, credibility, attraction dan power selebgram secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjungan di Hotel Four Point by Sheraton Manado. Visibility, credibility, attraction dan power selebgram secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjungan di Hotel Four Point by Sheraton Manado.

 

The study discusses the influence of promotions carried out by selebgram Anggia Kloer inpromoting facilities and events that will be held through the program with selebgram of increasing consumer confidence in Manado so that it can be known by many people. The purpose of this study was to determine whether visibility, credibility, attraction, power had a positive and significant effect on the interest of visiting guests at the Four Points by Sheraton Manado hotel. The population in this study are guests who have stayed at Four Points by Sheraton Manado, have Instagram and follow Anggia Kloer on Instagram. The sample of this study amounted to 40 people. The research data was obtained by distributing online questionnaires using Google Form to respondents. Static analysis techniques used are multiple linear regression, validity test, reliability test, t test, and f test. Based on the results of Visibility, credibility, attraction and power of the program, partially positive and significant effect on interest in visiting the Four Point Hotel by Sheraton Manado. Visibility, credibility, attraction and power of the program simultaneously have a positive and significant effect on interest in visiting the Four Point Hotel by Sheraton Manado.

Author Biographies

Enrico Supit, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Diploma IV Manajemen Perhotelan, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

I Wayan Eka Sudarmawan, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Diploma IV Manajemen Perhotelan, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Ni Made Rinayanthi, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Diploma IV Manajemen Perhotelan, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

References

Arikunto, Suharsimi. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Hermawan, Asep. (2009). Penelitian Bisnis: Paradigma Kuantitatif. Jakarta: Grasindo

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid a, edisi 9, Penerbit PT. Nebyamin Molan. Prenhallindo. Jakarta.

Kriyantono, Rachmat. (2014). Teori Public Relations Prespektif Barat dan Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta: Kencana

Pantiyasa. I. W. (2015). Pedoman Penulisan Skripsi/Tugas Akhir. Diploma Manajemen Perhotelan. Bali STPBI

Priyatno, Duwi. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Jakarta: Andi Publisher

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi. Jakarta: Erlangga

Surmawan, U. (2003). Perilaku KonsumenTeori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia

Umar, Husein, (2002). Meteodologi Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran. Edisi II. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Anggun, Maulidya. (2015). Strategi Pemilihan Selebgram Sebagai Upaya Promosi Produk Hijab Oleh Online Shop di Instagram. Malang: Universitas Bramawijaya (diunduh tanggal 20 Januari 2021)

Atkin, Charles, and Block, Martin. (1983). Effectiveness Of Celebrity Endorsers. Journal of Advertising Research (Diundah tanggal 10 Januari 2021)

Dyah, Andini. (2014). Studi Elaboration Likehood Mode Pada Pengaruh Selebgram Terhadap Minat Pemebelian Dalam Media Sosial Instagram. Malang: Universitas Bramawijaya (diunduh tanggal 7 Januari 2021)

Soesatyo, N dan Julian R. (2013). Analisis Credibility Celebrity Endorser Model: Sikap Audience Terhadap Iklan dan Merek Serta Pengaruhnya Pada Minat Beli “Top Coffee”. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.1 (Diundah tanggal 7 Januari 2021)

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Dipenogoro https://www.researchgate.net/publication/289671928_Aplikasi_Analisis_Multivariate_Dengan_Program_IBM_SPSS_21_Update_PLS_Regresi (diunduh tanggal 10 Desember 2020)

Published

2023-02-28

How to Cite

Supit, E., Sudarmawan, I. W. E., & Rinayanthi, N. M. (2023). Analisis Pengaruh Visibility Credibility Attraction Power Celebrity Endorsment Terhadap Minat Kunjungan Tamu di Hotel Four Points by Sheraton Manado. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(2), 442 - 463. https://doi.org/10.22334/paris.v2i2.321