Dampak Proses Rekrutmen, Orientasi dan Penempatan Kerja Terhadap Kelancaran Operasional di Bintang Bungalow

Authors

  • Ni Made Niktya Pratiwi Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Ni Putu Isha Aprinica Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Kadek Ayu Ekasani Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i2.340

Keywords:

Rekrutmen, orientasi, penempatan kerja

Abstract

Karyawan merupakan asset bagi perusahaan karena karyawan merupakan sumber daya manusia yang penting dalam menjalankan aktivitas operasional perusahaan. Sejalan dengan hal tersebut maka Langkah awal yang paling penting dilakukan perusahaan untuk memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas adalah dari proses rekrutmen, orientasi dan penempatan kerja yang sesuai dan objektif. penelitian ini bertujusn untuk megetahui bagaimana pengaruh proses rekrutmen,orientasi dan penempatan kerja terhadap kelancaran operasioal di bintang bungalow. dengan Pelaksanaan proses rekrutmen, pemberin orientasi dan penempatan kerja yang baik dan benar maka dapat dipastikan operasional perusahaan akan berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Jenis penelitian yang digunakan untuk menganalisa dampak proses rekrutmen,orientasi dan penempatan kerja terhadap kelancaran operasional di bintang bungalow adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini bertujusn untuk megetahui bagaimana dampak proses rekrutmen,orientasi dan penempatan kerja terhadap kelancaran operasioal di bintang bungalow. Dengan menggunakan Teknik observasi,wawancara,dokumentasi dan Teknik penentuan informan pada Teknik pengumpulan data maka penelitian kualitatif lebih tepat digunakan agar lebih mendalam Analisa dari kegiatan yang terjadi. Hasil penelitian mengenai dampak proses rekrutmen,orientasi dan penempatan kerja terhadap kelancaran operasional di bintang bungalow secara garis besar ketiga variable proses tersebut belum diterapkan dengan baik oleh Bintang Bungalow sehingga banyak menemukan kendala dalam menjalankan operasional perusahaan.

 

Employees are assets for the company because employees are important human resources in carrying out the company's operational activities. In line with this, the most important initial step taken by the company to obtain quality human resources is from the recruitment process, orientation and work placement that is appropriate and objective. This study aims to find out how the influence of the recruitment process, orientation and work placement on the smooth operation of Bintang Bungalow. With the implementation of a good and correct recruitment, orientation and work placement process, it is certain that the company's operations will run smoothly without significant obstacles. The type of research used to analyze the impact of the recruitment process, orientation and work placement on the smooth operation of the Bintang Bungalow is a descriptive study using a qualitative approach, this study aims to find out how the impact of the recruitment, orientation and work placement process on the smooth operation of the Bintang Bungalow. By using observation, interview, documentation and informant determination techniques in data collection techniques, qualitative research is more appropriate to use for a more in-depth analysis of the activities that occur. The results of the research on the impact of the recruitment, orientation and work placement process on the smooth operation of Bintang Bungalow, broadly speaking, the three process variables have not been implemented properly by Bintang Bungalow so that they find many obstacles in running the company's operations.

Author Biographies

Ni Made Niktya Pratiwi, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Diploma IV Manajemen Perhotelan, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Ni Putu Isha Aprinica, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Diploma IV Manajemen Perhotelan, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Kadek Ayu Ekasani, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Diploma IV Manajemen Perhotelan, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

References

Almasri, M. N. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia: Imlementasi dalam Pendidikan Islam. Kutubkhanah, 19(2), 133-151.

Hasibuan, S.P, Melayu. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Aristini, A. A., & Perdanawati, L. P. V. I. (2017). Pengaruh Proses Recruitment Dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Restoran Sari Organik Di Ubud Kabupaten Gianyar. Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium, 3(2), 21-32.)

Astuti, M. W., & Bukhari, E. (2018). Analisis Kinerja Pegawai Pt Tirta Investama. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(1), 22-36. https://doi.org/10.21009/JRMSI.009.1.02

Avena, Ria Erawati. (2018). Pengaruh Rekrutmen, Seleksi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank BTN Syariah Yogyakarta. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Skripsi.

Bahri, S. (2019). Pengaruh Penempatan, Motivasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 16-30. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3402

Buwana, M. H. S., & Suryawardani, B. (2017). Analisis Promosi Penjualan Dapur Bebek Bojongsoang Bandung Tahun 2017. eProceedings of Applied Science, 3(2).

Cindy, N. (2021). Pengaruh rekrutmen dan seleksi terhadap kinerja karyawan PT. Optimo Indonesia/Novia Cindy/20160303/Pembimbing: Ponco Priyantono.

Damanik, D. (2018). Analisis Kemampuan Kerja Pramusaji Terhadap Kelancaran Operasional Di Food And Baverage Service Department Hotel Losari Blok m2 Jakarta. Jurnal Industri Pariwisata, 1(1). https://doi.org/10.36441/pariwisata.v1i1.11

Damayanti, Y. R. (2016). Fungsi Penempatan Pegawai Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Pegawai Pada Bagian Tata Usaha Sekretariat Daerah Kota Bandung (Doctoral dissertation, Perpustakaan).

Husaini, Abdullah. (2017). Peranan Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Organisasi. Jurnal Warta Edisi: 1.

Ismail, T. (2019). Pentingnya Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa Di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional PGSD.

Iswadi, S. P. Pengaruh Kualifikasi Karyawan Terhadap Etos Kerja Karyawan Pada PT. Ascom Patra Asriondo di jakarta.

Jaya, K. M., Novarini, N. N. A., & Suarjana, I. W. (2018). Pengaruh Proses Rekrutmen dan Seleksi terhadap Kinerja Karyawan Hotel Biyukukung Suites & Spa Ubud. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 13(2). https://doi.org/10.32493/JJSDM.v2i1.1934

Jaya, M. K., Mulyadi, D., & Sulaeman, E. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan pada kantor kementerian agama Kabupaten Karawang. Jurnal manajemen, 10(1), 1038-1046.)

Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 15 No. 1 Oktober 2014| administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id) (Sembiring, I. J. (2014). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan (Studi pada pelanggan McDonald’s MT. Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1)

Kafid, M. N. (2014). Implementasi ta’zir untuk mengembangkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Futuhiyyah Mranggen Demak (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Kristiani, L. E. (2015). Analisis Prosedur Kebijakan Pemberian Kredit Pada Bank Jatim Cabang Kediri. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI, Kediri.

Lubis, L. S., & Nainggolan, N. P. (2019). Proses Rekrutmen Dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Schneider Electric Manufacturing Batam. Jurnal Akuntansi Barelang, 2(1), 76-88.Kelancaran operasional ) https://doi.org/10.36985/manajemen.v2i1.83

Mukayan, I., & Ruzikna, R. (2017). Pengaruh Rekrutmen terhadap Kinerja Karyawan (Kasus Hotel Resty Menara Pekanbaru) Periode 2014– 2016 (Doctoral dissertation, Riau University).

Muryanti, S. (2017). Pengaruh penempatan karyawan dan beban kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Irsindo Pratama Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Padmayoni, Ni Putu Gili. (2019). Analisis Proses Perekrutan Karyawan Pada Hotel Discovery Kartika Plaza. JMPP, vol 2(2), pp: 10-23. https://doi.org/10.23887/jmpp.v2i2.22095

Putra, D. P., Milwandhari, S., & Choldun, M. I. (2020). Sistem Infomasi ERecruitment (Modul: Validasi Data Rencana Lowongan Dan Pendaftaran (Studi Kasus: PT. Industri Telekomunikasi Indonesia). Improve, 11(1), 13-18.)

Riniwati, H. (2016). Manajemen Sumberdaya Manusia: Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM. Universitas Brawijaya Press.)

Rivai, Vithzal. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Cet. 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sakit, K. K. P. R. Pengaruh Orientasi Karyawan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Lira Medika Karawang.

Setiawan, R. I. (2016). Pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata: perspektif potensi wisata daerah berkembang. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 1(1), 23-35.)

Suandi, A. (2012). Tinjauan Rekrutmen Karyawan Pada PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah X Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).

Sunarsi, D. (2018). Pengaruh rekrutmen, seleksi dan pelatihan terhadap produktivitas kerja karyawan. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 6(1), 14-31. https://doi.org/10.32493/jk.v6i4.y2018.p1-12

Wibowo, M., & Andreani, F. (2013). Analisis Penerapan Sistem Manajemen Limbah Berdasarkan Sertifikasi Eco-Hotel Di Sheraton Surabaya Hotel and Towers. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 1(2), 389-401.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.

Published

2023-02-28

How to Cite

Pratiwi, N. M. N., Aprinica, N. P. I., & Ekasani, K. A. (2023). Dampak Proses Rekrutmen, Orientasi dan Penempatan Kerja Terhadap Kelancaran Operasional di Bintang Bungalow. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(2), 582 - 594. https://doi.org/10.22334/paris.v2i2.340