Pengaruh Lokasi dan Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik ke Mata Air Tembeling, Nusa Penida

Authors

  • Elfira Damayanti Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Denok Lestari Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Ketut Muliadiasa Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i3.343

Keywords:

Lokasi, Motivasi Wisata, Keputusan Berkunjung

Abstract

Lokasi dan motivasi wisata mampu memberikan pengaruh terhadap tingkat keputusan berkunjung wisatawan ke Mata Air Tembeling. Penelitian tersebut dilakukan untuk menganalisis : 1) pengaruh lokasi terhadap.keputusan.berkunjung.wisatawan.domestik.ke Mata Air Tembeling, 2) pengaruh motivasi wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan domestik ke Mata Air Tembeling, 3) pengaruh lokasi dan motivasi wisata terhadap keputusan wisatawan domestik ke Mata Air Tembeling. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif sedangkan teknik penetuan sampel.yang digunakan yaitu purposive sampling. Kriteria responden adalah yang sudah pernah berkunjung maupun yang sedang berkunjung ke Mata Air Tembeling. Penelitian ini mengambil 100 responden dengan cara memperoleh data melalui penyebaran kuesioner dan studi literatur. Sementara pengujian instrumen dilakukan dengan uji.validitas dan uji.reliabilitas, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Lokasi bernilai positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan domestik ke Mata Air Tembeling, 2) Motivasi wisata bernilai positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan domestik ke Mata Air Tembeling, 3) lokasi dan motivasi wisata berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan domestik ke Mata Air Tembeling. Berdasarkan analisis data, lokasi memberikan pengaruh sebesar 3,69%, dan motivasi wisata berpengaruh sebesar 7,19%. Dapat dikatakan motivasi wisatawan berpengaruh dominan terhadap keputusan berkunjung. keduanya memberikan pengaruh sebesar 66,9% serta sisanya dipengaruhi variabel lainnya.

 

The decision level of visitors visiting Tembeling Springs may be influenced by the location and purpose of tourism. The study was conducted to analyze: 1) The effect of location on the decision of domestic tourists to visit Tembeling Springs, 2) the impact of tourist motivation on the decision of domestic tourists to visit Tembel Springs 3) The impact of geography and tourism motivation on domestic tourists' decision to visit Tembeling Springs. This study is quantitatively descriptive, and the sample strategy employed is purposive sampling. Those who have visited or are currently visiting Tembel Springs qualify as respondents. This study collected data from 100 participants via questionnaires and a review of the relevant literature. In the meantime, the testing of the instruments was undertaken using the validity and reliability tests, whereas the data analysis technique employed the classical assumption test, multiple linear regression analysis, and descriptive statistics. The findings indicated that : 1) The location of Tembeling Springs has a good impact on the decision of domestic tourists to visit the destination, 2) Positive tourism motivation has a substantial impact on the decision of domestic tourists to visit Tembeling Springs, 3) The decision of domestic tourists to visit Tembeling Springs is heavily influenced by geography and tourist motive. Location has an effect of 3.69 percent, whereas tourism motive has an effect of 7.29 percent, according to data research. It might be claimed that tourist motive has the greatest impact on visitation choices. Both have a 66.9% impact, while the remainder is impacted by other variables.

Author Biographies

Elfira Damayanti, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Pariwisata

Denok Lestari, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Pariwisata

I Ketut Muliadiasa, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Pariwisata

References

Abdillah, Yanuar Fahmi. 2017. “Pengaruh Citra Destinasi Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Wisata B29 Lumajang.” Skripsi STIE Widyagama Lumajang.

Ayun, Herawati. 2020. “Pengaruh Atraksi, Motivasi Berkunjung Dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Pada Pengunjung Wisata Pantai Menganti).”

Delamartha et al. 2021. “Kesiapan Aksesibilitas Wisata Dalam Mengintegrasikan Obyek Wisata (Studi Kasus?: Karanganyar Bagian Timur).” Jurnal Plano Buana Vol 1 No (2) :78–91. doi: 10.36456/jpb.v1i2.3229.

Febriana, Nini. 2015. Persepsi Wisatawan Tentang Daya Tarik Wisata Pemandian Tirta Alami Kabupaten Padang Pariaman.

Fitroh et al. 2017. “Keputusan Berkunjung ( Survei Pada Pengunjung Wisata Alam Kawah Ijen ).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 4 No (2) :18–25.

Hardina et al. 2021. “Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisata Taman Sari Di Yogyakarta.” Journal of Business and Innovation Management Vol 2 No (1) :85–100.

Hariyadi et al. 2021. “Motivasi Wisatawan Tentang Daya Tarik Wisata ( Dtw ) Terhadap Minat Kunjungan Kembali Di Camp Area Umbul Bengkok (Caub).” Melancong: Jurnal Perjalanan Wisata, Destinasi, Dan Hospitalitas Vol 4 No (1):10–31.

Hermansyah et al. 2012. “Analisis Faktor-Faktor Pendorong Motivasi Wisatawan Nusantara Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Kebun Raya Bogor (Survei Pada Wisatawan Nusantara Yang Berkunjung Ke Kebun Raya Bogor).” Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal Vol 2 No (1). https://doi.org/10.17509/thej.v2i1.1936

Inayatuka et al. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan India Berkunjung Ke Bali.” E-Jurnal Manajemen Vol 8 No (5). doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i05.p08.

Jayadi et al. 2017. “Karakteristik Dan Motivasi Wisatawan Berkunjung Ke Pantai Green Bowl , Ungasan , Kuta Selatan , Bali.” Jurnal Analisis Pariwisata Vol 1 No (2):69–77.

Muksin, I. Ketut. 2016. Daya Tarik Wisata. Bali: Universitas Udayana.

Nurrohman et al. 2016. “Analisis Motivasi Berkunjung Wisatawan Dan Tingkat Pengetahuan Wisatawan Tentang Produk Industri Kreatif Sektor Kerajinan (Studi Pada Wisatawan Domestik Di Kota Batu, Jawa Timur).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol 3 No (2).

Surakarta, D. I. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hand Sanitizer Nature Leaf Pada Remaja Di Surakarta.” Jurnal Ekobis Dewantara Vol 4 No (1):20–31. doi: 10.26460/ed_en.v4i1.2287.

Suwena, I. Ketut, and I. Gst Ngr Widyatmadja. 2017. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka Larasan.

Tanaya et al. 2020. “Pengaruh Motivasi Wisata Dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Di Museum Angkut Batu (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Angkatan 2016).” Riset Manajemen (2011): 67–83.

Published

2023-03-30

How to Cite

Damayanti, E., Lestari, D., & Muliadiasa, I. K. (2023). Pengaruh Lokasi dan Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik ke Mata Air Tembeling, Nusa Penida. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(3), 616 - 628. https://doi.org/10.22334/paris.v2i3.343