Kajian Penerapan Setandard Oprating Procedure di Kitchen Bali Hai Cruice Benoa

Authors

  • Dewa Putu Septiana Putra Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Deden Ismail Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Bondan Pambudi Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i3.346

Keywords:

Standard Operating Prosedure, Kitchen, Bali Hai Cruice Benoa

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara Standard Operational Procedure yang berlaku dengan penerapan.Standard Operating Procedure merupakan pedoman tertulis yang berisi serangkaian prosedur kerja operasional Suatu organisasi agar berjalan efektif, serta mencapai sasaran atau target yang telah ditetapkan.Penelitian ini berlokasi di Bali Hai Cruise Benoa. Pada Standard Operating Procedure di Kitchen Bali Hai Cruise Benoa penyimpanan bahan makanan berpengaruh terhadap pengolahan bahan makanan, kualitas makanan dan penyajian bahan makanan tersebut.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “bagaimana kajian penerapan Standard Operating Procedure(SOP) di kitchen Bali Hai Cruise Benoa”. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif, data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan doumentasi kepada karyawan atau staff kitchen Bali Hai Cruise Benoa.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Binomial. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara keseluruhan penerapan Standard Operating Procedure (SOP) di kitchen Bali Hai Cruise Benoa telah memenuhi standard dan persyaratan yang berlaku.

 

 

This research is research that aims to determine the compatibility between the applicable Standard Operating Procedures and implementation. Standard Operating Procedures are written guidelines that contain a series of operational work procedures for an organization to run effectively, and achieve the goals or targets that have been set. This research is located in Bali Hi Cruise Benoa. In the Standard Operating Procedure at Kitchen Bali Hai Cruise Benoa food storage affects the processing of food ingredients, food quality and presentation of the food ingredients. in the Bali Hi Cruise Benoa kitchen.” This study uses quantitative and qualitative data, data obtained through the distribution of questionnaires and documentation to employees or staff of the Bali Hai Cruise Benoa kitchen. The analysis used in this study is binomial analysis. The results of this study state that overall the implementation of the Standard Operating Procedure (SOP) in the Bali Hai Cruise Benoa kitchen has met the applicable standards and requirements.

Author Biographies

Dewa Putu Septiana Putra, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

Deden Ismail, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

Bondan Pambudi, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

References

A, Yoeti, Oka. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.

Adi Soenarno. 2006. Front Office Management, Yogyakarta: Andi.

Bagus, Putu Sudira. 1996. Tata Boga. Jakarta: Department Pendidikan dan Kebudayaan Bandung.

Bartono. 2005. Food Product Manajemen di Hotel dan Restor, Yogyakarta: Andi

Etnmawati.2015. Prosedur Pengendalian Bahan Makanan pada Royal Orchid Garden Hotel & Conddominium Batu.

Furqon.2009. Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2002. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gultom, dkk. 2019. Pengaruh Penyimpanan Bahan Makanan Terhadap Kualitas Bahan Makanan di Kitchen Hotel The Patra Resort & Villas Bali.

Marpaung, Happy. 2000. Pengantar Pariwisata. Bandung: CV. Alfabeta.

Nursalam dan Siti Pariani. 2000. Pendekatan Praktis Metodologi. Jakarta: Salemba Medika

Pantiyasa, Wayan. 2013. Metodologi Penelitian. Denpasar: Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional.

Potter, N.N. dan Hotchkiss. J. H. 2012. Food Science. New York: Chapman and Hall.

Pratiwi, S.Y. 2011.Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Keja terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasaan Kerja sebagai Variabel Intervening

Ridwan.2008. Dasar-dasar Statistika. Bandung: CV. Alfabeta.

Sambodo, Agus dan Bagyono. 2006. Dasar-dasar Kantor Depan Hotel. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sihite. R. 2000. Food and Beverage Department Bertanggung Jawab atas Penyediaan Makanan. APSS.

Simangusong. F. R. 2019. Penerapan Standard Operational Procedure (SOP) Utensil Pastry untuk Meningkatkan Kinerja Staff di Hotel Aryaduta Medan.

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Stup.R. 2001.Standard Operating Procedure:A Writting Guide, (Online) (http://dairyalliance.psu.edu/pdf/ud011.pdf, diakses 2 Oktober 2011).

Syamsul. R. 2000. Pengertian Dapur. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Umi Narimawati. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.

West. B. B. Wood L, Harger. V. P. 2006. Food Service in Institutions. New York: Jhon Willey and Sons Inc.

Published

2023-03-30

How to Cite

Putra, D. P. S., Ismail, D., & Pambudi, B. (2023). Kajian Penerapan Setandard Oprating Procedure di Kitchen Bali Hai Cruice Benoa. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(3), 637 - 645. https://doi.org/10.22334/paris.v2i3.346