Pengaruh Motivasi dan Pemberian Kompensasi Terhadap Loyalitas Karyawan di Hotel Four Points By Sheraton Bali Seminyak

Authors

  • I Putu Aditya Dharmadi Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Komang Shanty Murni Parwati Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Komang Ratih Tunjungsari Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i3.349

Keywords:

Motivasi, Pemberian Kompensasi, Loyalitas

Abstract

Loyalitas karyawan sangat penting bagi pertumbuhan produktivitas perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui signifikansi pengaruh Motivasi dan Kompensasi terhadap Loyalitas Karyawan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 77 orang. Jumlah sampel diambil sebanyak 65 orang. Teknik ini menggunakan metode teknik quota sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Pengujian hipotesis ini dilakukan pada tingkat signifikansi 5%. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa motivasi dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial terhadap loyalitas karyawan. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan manajemen dapat meningkatkan loyalitas karyawan dalam bentuk memberikan bonus atau reward, memberikan kompensasi kepada karyawan yang bekerja secara over time.

 

Employee loyalty is very important for the growth of company productivity. The purpose of this study was to determine the significance of the effect of motivation and compensation on employee loyalty. The population in this study were 77 people. The number of samples taken as many as 65 people. This technique uses the quota sampling technique method. The data analysis technique used multiple linear regression. This hypothesis testing was carried out at a significance level of 5%. This study shows the results that motivation and compensation have a positive and significant effect simultaneously and partially on employee loyalty. Based on the results of this study, it is expected that management can increase employee loyalty in the form of giving bonuses or rewards, providing compensation to employees who work over time.

Author Biographies

I Putu Aditya Dharmadi, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

Komang Shanty Murni Parwati, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

Komang Ratih Tunjungsari, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

References

Amins, A. (2012) Manajemen Kinerja Pemerintah Daerah. Yogyakarta: Laksbag PRESSindo.

Budiiyanto, M. E. (2013) Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ghozali, I. (2013) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, H. T. (2012) Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Harrianto, R. (2010) Buku Ajar Kesehatan Kerja. Jakarta: EGC.

Margono (2010) Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moeheriono (2012) Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Prawirosentono, S. (2015) Manajemen Sumber Daya Manusia: Kebijakan Kinerja Karyawan, Kiat Menuju Organisasi Kompetitif Dalam Perdagangan Bebas Dunia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Purnaya, I. G. K. (2016) Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi.

Sedarmayanti (2013) Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Simamora, H. (2006) Manajemen Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Soekresno (2015) Manajemen Food & Baverage Service Hotel. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2015) Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Wibowo (2014) Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Widayat (2014) Metode Penelitian Pemasaran (Aplikasi Software SPSS). Malang: UMM Press.

Widodo, P. E. (2015) Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wirawan (2010) Konflik dan Manajemen Konflik: Teori. Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.

Akbar, S. (2018) ‘Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja’, Jiaganis, 3(2), pp. 1–17. https://doi.org/10.22216/benefita.v3i2.2061

Budianto, A. and Amelia, K. (2015) ‘Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada PT Perusahaan Gas Negara (PERSERO) Tbk SBU Distributor Wilayah I Jakarta’, Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Pamulang, Vol. 3, No.

Diputra, I. N. Y. (2016) ‘Pengaruh Kompensasi, Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Griya Santrian’, E- Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 4, 2016: 2369-2395, 4(2), pp. 515–523.

Gardjito, A. H. (2014) ‘Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja ( Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT . Karmand Mitra Andalan Surabaya )’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 13 No.

Novita, S. P. (2013) ‘Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Kencana Printing’, Undergraduate BINUS.

Nurhaida, L. (2010) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Latihan Inkuiri (Inquiry Training Learning Model) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Zat dan Wujudnya Kelas VIII MTs N 3 Medan T.P 2009/2010’, Skripsi FMIPA Unimed, Medan.

Palupiningtyas, D. (2019) ‘Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Restoran S Semarang’, Jurnal Visi Manajemen, Vol 4 No 2.

Pratama, I. G. A. A. (2020) ‘Pengaruh Komunikasi, Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Hotel Mercure Legian Bali’, Journal Research Management (JARMA), Vol. 02 No, pp. 12–22. https://doi.org/10.51713/jarma.v2i1.31

Bali, B. (2021) Data Jumlah Restoran di Bali Tahun 2016-2020. Available at: https://bali.bps.go.id/statictable/2018/04/13/87/b anyaknya-restoran -dan-rumah-makan-dirinci- menurut-kabupaten-kota-di-bali-2012- 2019.html.

Pariwisata, U. U. N. 10 T. 2009 T. (2009) Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 Tentang Pariwisata.

Published

2023-03-30

How to Cite

Dharmadi, I. P. A., Parwati, K. S. M., & Tunjungsari, K. R. (2023). Pengaruh Motivasi dan Pemberian Kompensasi Terhadap Loyalitas Karyawan di Hotel Four Points By Sheraton Bali Seminyak. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(3), 672 - 681. https://doi.org/10.22334/paris.v2i3.349