Pengaruh Kualitas Pelayanan Pramusaji Terhadap Loyalitas Pelanggan di Restoran Hotel Daun Bali

Authors

  • I Wayan Yoga Pratama Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Nyoman Sudiarta Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Gusti Ayu Praminatih Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i3.352

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Loyalitas, Restoran

Abstract

Pariwisata erat hubungannya dengan pelayanan. Termasuk pada pelayanan makanan dan minuman yang ada dalam akomodasi itu sendiri, dimana pada sebuah restoran kualitas pelayanan pramusaji sangat penting agar dapat melayani tamu dan membuat tamu merasa nyaman serta merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Pada sebuah restoran kualitas pelayanan pramusaji sangat penting agar dapat melayani tamu dan membuat tamu merasa nyaman serta merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Pelayanan yang baik akan memberikan beragam keuntungan pada usaha mengingat kepuasaan tamu telah mampu dicapai secara menyeluruh. Berdasarkan hal tersebut kemudian dibuatlah penelitian ini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan pramusaji terhadap loyalitas pelanggan di Restoran Daun Bali Hotel. Penelitian ini berbentuk korelasional yang menggunakan variabel bebas kualitas pelayanan yang terbentuk dari indikator sebuah pelayanan seperti tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empaty sebagai sebuah variabel bebas dan loyalitas pelanggan sebagai variabel terikat. Pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likert. dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sedarhana, dan teknik pengumpulan data sekunder dalam penelitian ini kemudian menggunakan kepustakaan dan dokumentasi sebagai sumber data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persamaan regresi linier sederhana yang diperoleh dari Y = Loyality = 0,471 dengan sig. = 0,001 < 0,05 (sangat nyata). Analisis Determinasi dari pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 22,2 persen dan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain, persamaan regresi linier tersebut untuk mengukur pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Dari hasil tersebut kemudian dapat diambil kesimpulan bahwa variabel X (kualitas pelayanan) sangat berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y (loyalitas pelanggan).

 

Tourism is closely related to service. Including the food and beverage service that is in the accommodation itself, where in a restaurant the quality of waiter service is very important in order to be able to serve guests and make guests feel comfortable and satisfied with the services provided. In a restaurant, the quality of waiter service is very important in order to serve guests and make guests feel comfortable and satisfied with the services provided. Good service will provide various benefits to the business considering that guest satisfaction has been able to be achieved as a whole. Based on this, this research was then made, this study aims to determine how the influence of the service quality of waiters on customer loyalty at the Daun Bali Hotel Restaurant. This research is in the form of correlation that uses the independent variable of service quality which is formed from indicators of a service such as tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy as an independent variable and customer loyalty as the dependent variable. Collecting data using a Likert scale questionnaire. with data analysis techniques using simple linear regression analysis, and secondary data collection techniques in this study then use literature and documentation as data sources. The results of this study indicate that the simple linear regression equation obtained from Y = Loyalty = 0.471 with sig. = 0.001 &; 0.05 (very real). Determination analysis of the effect of service quality on customer loyalty is 22.2 percent and the rest is influenced by other variables, the linear regression equation is to measure the effect of service quality on customer loyalty. From these results, it can be concluded that the variable X (quality of service) has a significant effect on the variable Y (customer loyalty).

Author Biographies

I Wayan Yoga Pratama, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

I Nyoman Sudiarta, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

Gusti Ayu Praminatih, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

References

Arief, A. R. 2005. No Titl. Pengantar Perhotelan Dan Restoran, (Yogyakarta : Graha Ilmu).

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM dan SPSS 21. In Aplikasi Analisis Multivariate dengan Pogram iIBM SPSS 21. https://doi.org/10.1126/science.1158668

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM dan SPSS 21. In Aplikasi Analisis Multivariate dengan Pogram iIBM SPSS 21. https://doi.org/10.1016/j.tsf.2010.0 9.040

Pantiyasa, I Wayan. 2013. Metodologi penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1016/j.maturitas.2005.10.005

Sulartiningrum. 2003. Pengantar Akomodasi dan Restoran, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama).

Venesia, L. H. dan Y. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala . E-Journal WIDYA Ekonomika, (Volume 1 No 1).

Published

2023-03-30

How to Cite

Pratama, I. W. Y., Sudiarta, I. N., & Praminatih, G. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pramusaji Terhadap Loyalitas Pelanggan di Restoran Hotel Daun Bali. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(3), 682 - 695. https://doi.org/10.22334/paris.v2i3.352