Strategi Pemasaran di Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar

Authors

  • Kadek Ayu Chintya Dewi Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Made Trisna Semara Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Ni Putu Isha Aprinica Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i3.355

Keywords:

Starbucks Drive Thru, Analisis SWOT, Bauran Pemasaran 7P

Abstract

Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar merupakan sebuah kedai kopi yang berlokasi di Jl. Teuku Umar Barat No.157, Padangsambian, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali. Starbucks merupakan coffee shop yang memiliki banyak gerai di Indonesia maupun Dunia, Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar satu-satunya gerai Starbucks di Bali yang mempunyai sistem layanan tanpa turun (drive thru). Analisa Strategi pemasaran dan mengetahui strategi pemasaran yang digunakan dengan menggunakan metode analisis SWOT merupakan metode analisis penulis dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Penelitian ini juga dilakukan dengan cara metode SWOT, mencari faktor eksternal maupun internal perusahaan dengan menggunakan matriks IFAS dan EFAS, mengetahui posisi perusahaan dalam kuadran SWOT, serta mencari tau strategi alternative yang digunakan dalam perusahaan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah tentang identifikasi dari ke-7 elemen bauran pemasaran (marketing mix) yang dimiliki oleh Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar berada di kuadran I (satu). Posisi ini menandakan bahwa Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar merupakan perusahaan yang kuat dan berpeluang. Strategi yang disarankan adalah strategi agresif (growth-oriented strategy) yang berarti memanfaatkan layanan tanpa turun (drive thru) dan Starbucks Reward Card yang dimiliki Starbucks untuk mendatangkan customer di masa pandemi COVID-19.

 

Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar is a coffee shop located on Jl. Teuku Umar Barat No.157, Padangsambian, Kec. West Denpasar, Denpasar City, Bali. Starbucks is a coffee shop that has many outlets in Indonesia and around the world, Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar is the only Starbucks outlet in Bali that has a drive thru service system. Analysis of marketing strategy and knowing the marketing strategy used by using the SWOT analysis method is the author's analysis method uses qualitative analysis methods. This research was also conducted using the SWOT method, looking for external and internal factors of the company by using the IFAS and EFAS matrices, knowing the company'sposition in the SWOT quadrant, and looking for alternative strategies used in the company. Methods of data collection are done by means of observation, interviews, questionnaires, and documentation. The results of the research are about the identification of the 7 elements of the marketing mix owned by Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar. The results showed that Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar was in quadrant I (one). This position indicates that Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar is a strong and potential company. The recommended strategy is an aggressive strategy (growth-oriented strategy) which means utilizing drive thru services and Starbucks Reward Cards that are owned by Starbucks to bring in customers during the COVID-19 pandemic.

Author Biographies

Kadek Ayu Chintya Dewi, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

I Made Trisna Semara, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

Ni Putu Isha Aprinica, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

References

Agusrinal. (2014). Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Anyaman Pandan. Jurnal Sains, Teknoligi Dan Industri, Vol. 11, N (2), 2.

Alhalim, R. (2015). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Tujuan Penjualan Pada PT. Danbi Internasional di Kabupaten Garu. Universitas Pasundan, 1(Bandung), 22.

Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Budi, Agung Permana. (2013). Manajemen Marketing Perhotelan. CV. Andi Offset.

Habibah, U., & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. 1(1), 31–48.

Herviani, V., & Febriansyah, A. (2016). Volume VIII / No. 2 / OKTOBER 2016 ISSN: 2086-0447 Jurnal Riset Akuntansi – Volume VIII / No.2 / Oktober 2016 i Program Studi Akuntansi – Universitas Komputer Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi, 8(2), 19–27. https://doi.org/10.34010/jra.v8i2.525

Kembuan, P. C., Mananeke, L., & Soegoto, A. S. (2014). Analisis Segmentasi, Targeting Dan Positioning Pembiayaan Mobil Pada Pt. Adira Dinamika Multifinance Tbk Cabang Manado. 2(3).

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip- Prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran.Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Pretice Hall.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran, Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional sampei Era Modernisasi Global. CV. Alfabeta.

Morrisey, G. (1995). A Guide to Strategic Thinking: Building Your Planning Foundation (1st ed.). Jassey-Bass.

Noor, J. (2011). Metodelogi Penelitian. Kencana.

Nuary, N. (2016). Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Swot Pada Pt. Super Sukses Motor Banjarmasin. Ilmiah Ekonomi Bisnis, 2, 30–42.

Nugraha, E. E., & Anastasia, N. (2019). Pengaruh Elemen Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Fotografi Sweet Seventeen Birthday di Surabaya. Agora, 7(Universitas Kristen Petra).

Nugroho, R., & Japarianto, E. (2013). Pengaruh Product, Promotion, Place, Price, People, dan Physical Evidence Terhadap Tingkat Kunjungan di Coffee Cozies Surabaya. Manajemen Pemasaran Petra, 1(Universitas Kristen Petra), 3.

Pearce, J. A., & Richard, B. R. (1997). Manajemen Strategik: Formulasi, Implementasi dan Pengendalian (1st ed.). Binarupa Akasara.

Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Centro Inti Media.

Rangkuti, F. (2018). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2),83–96. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13769 Diakses pada 1 April 2021 pukul 13.24 WITA

Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.36226/jrmb.v1i1.8 diakses pada 1 April 2021 pukul 13.24 WITA

Kristiutami, Y. P., & Raharjo, S. N. (2020). Strategi Pemasaran Hotel Grand Asrillia Di Masa Pandemi Covid-19. Media Wisata, 19(2), 231–250. https://doi.org/10.36275/mws diakses pada 1 April 2021 pukul 13.24 WITA

Saribu, H., & Maranatha, E.G. (2020). Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT. Asragraphia Medan. Jurnal Manajemen, 6(Universitas Prima Indonesia).

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti,.(2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1),59–66. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/i ndex.php/jab/article/view/1172 diakses pada 1 April 2021 pukul 13.24 WITA

Wijaya, C. P., & Santoso, T. P. B. (2018). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar Pada Hotel Bali Mandira Legian – Bali. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 13(1), 42–53. http://www.jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pa riwisata/article/view/341 Diakses pada 20 April 2021 pada pukul 18.30 WITA

Setiyarti, T., & Wardhana, I. W. W. (2018). Riset Ekonomi Manajemen. Universitas Tidar.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta cv.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (I. D. Sutopo (ed.)). Alfabeta cv.

Supranto, & Limakrisna, N. (2011). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran: Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Mitra Wacana Media.

Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Strategik (1st ed.). ANDI.

Published

2023-03-30

How to Cite

Dewi, K. A. C., Semara, I. M. T., & Aprinica, N. P. I. (2023). Strategi Pemasaran di Starbucks Drive Thru Teuku Umar Denpasar. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(3), 708 - 728. https://doi.org/10.22334/paris.v2i3.355