Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Housekeeping The Ritz Carlton Bali

Authors

  • Kezia Mirna Wastuty Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Wayan Eka Sudarmawan Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Wayan Restu Suarmana Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i3.357

Keywords:

Pelatihan, Motivasi, Prestasi Kerja, Housekeeping, The Ritz Carlton Bali

Abstract

Karyawan dapat diartikan sebagai motor penggerak suatu perusahaan. Pelatihan dan motivasi merupakan cara untuk meningkatkan prestasi kerja. Dilihat dari fenomena unik yang didapat dari penelitian, adanya peningkatan prestasi kerja karyawan housekeeping The Ritz Carlton Bali yang cukup signifikan dari tahun 2020 hingga 2021 dimana peningkatan tersebut cukup sulit didapatkan di tahun sebelumnya. hal ini merupakan pencapaian terbaru untuk department housekeeping. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui suatu fenomena apakah peningkatan prestasi kerja karyawan Housekeeping di The Ritz Carlton Bali dipengaruhi oleh pelatihan dan motivasi atau dipengaruhi oleh faktor lainnya. Jenis penelitian yang digunakan data kuantitatif dan kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah Kuisioner, Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Sampel yang diambil untuk penelitian ini berjumlah 45 orang karyawan Housekeeping dengan cara sampling jenuh / sensus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan Secara parsial Pelatihan (X1) berpengaruh terhadap Prestasi Kerja(Y) Karyawan Housekeeping di The Ritz Carlton Bali. Secara parsial Motivasi (X2) berpengaruh terhadap Prestasi Kerja (Y) Karyawan Housekeeping di The Ritz Carlton Bali. Dan secara simultan Pelatihan (X1) dan Motivasi (X2) berpengaruh terhadap Prestasi Kerja (Y) karyawan pada Housekeeping di The Ritz Carlton Bali. simpulannya Pelatihan dan Motivasi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Prestasi Kerja karyawan Housekeeping The Ritz Carlton Bali. Saran Peneliti berharap Pelatihan secara virtual yang dilakukan oleh pihak Manajemen The Ritz Carlton Nusa Dua Bali lebih dikembangkan sebagai alternative yang dapat menunjang kegiatan pelatihan di era new normal ini.

 

Employees can be interpreted as the activator of a company. Training and motivation are ways to improve job performance. Judging from the unique phenomenon obtained from the study, there was a significant increase in the work performance of The Ritz Carlton Bali housekeeping employees from 2020 to 2021 where the increase was quite difficult to obtain in the previous year. This is the latest achievement for the housekeeping department. So this study aims to determine a phenomenon whether the increase in the work performance of Housekeeping employees at The Ritz Carlton Bali is influenced by training and motivation or influenced by other factors. This type of research used quantitative and qualitative data with data collection methods used were Questioner, Interviews, Observations, and Documentation. The sample taken for this study amounted to 45 Housekeeping employees by sampling saturated / census. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. Testing the research hypothesis using SPSS 25.0. The results of this study indicate that partially training (X1) has an effect on Work Performance (Y) for Housekeeping Employees at The Ritz Carlton Bali. Partially, Motivation (X2) has an effect on Work Performance (Y) for Housekeeping Employees at The Ritz Carlton Bali. And simultaneously Training (X1) and Motivation (X2) affect the Work Performance (Y) of employees in Housekeeping at The Ritz Carlton Bali. In conclusion, training and motivation simultaneously have a significant effect on the work performance of the Housekeeping employees of The Ritz Carlton Bali. Suggestions Researchers hope that the virtual training carried out by the Management of The Ritz Carlton Nusa Dua Bali is more developed as an alternative that can support training activities in this new normal era.

Author Biographies

Kezia Mirna Wastuty, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

I Wayan Eka Sudarmawan, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

I Wayan Restu Suarmana, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

References

Agusnawar. (2000). Operasional tata Graha Hotel: Hotel Housekeeping Operational. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Busro, Muhammad. (2018). TeoriTeori Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta:Prenadameidia

Group.

Dessler, Gary. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Indeks, Jakarta.

Danang, Sunyoto. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Buku Seru.

Deden,I.,Putra,E.P. (2017). Statistika II “Modul Panduan SPSS”. Bali : STPBI-SPB.

Edy Sutrisno. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ketiga, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Gomes, Faustino Cardoso. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Andi Offset.

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang : Universitas Diponogoro

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu S.P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-11. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Hadi, Sutrisno. (1983). Metodologi Research. Yogyakarta: Yayasan Penerbit FKLTS Psikologi UGM. Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sedarmayanti. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.

Supardi dan Anwar, S. (2004). Dasardasar Perilaku Organisasi. Yogjakarta: UII Press.

Simanjuntak, P. J. (2001). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga Penerbit Universitas Indonesia

Pantiyasa, I Wayan. (2019). Teknik Penulisan Skripsi. Bali: Jayapangus Press.

Pantiyasa, I Wayan. (2013). Metodologi Penelitian. Bali: STPBI.

Agus Aryanta, IK., (2020). Dispar Badung Catat Kunjungan Wisatawan Domestik Minus 81 Persen. Tribun Bali, 4 September, hal: 1, paragraf 2.

Afifah,I. (2014). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pada Karyawan Hotel Kalibaru Cottages Banyuwangi. Jember: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember.

Aditya.P., Enang.N.S.P., (2019). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Di PT Sentra Anugrah Motor. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Langlangbuana. Vol.3,No.2.

Andre.A.,Youmil.B., (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan di The Axana Hotel Padang. Manajemen Perhotelan Jurusan Pariwisata.Universitas Negeri Padang. Vol.1 No.1. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i1.2372

Baidlowi, Muhammad. (2015). Pengaruh Motivasi Dan Pengembangan Karyawan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Perum Bulog Sub Divre 1 Semarang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Negeri Walisongo, Semarang.

Hardjanto, I. & Meitaningrum, D.A. & Siswidiyanto. (2013). Efektivitas pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kinerja pegawai.Retrieved fromhttp://administrasipublik.student journal.ub.ac.id/index.php/jap/article/viewFile/117/97

Ishak,W. (2021). Pengaruh Pelatihan dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Hotel Dalton Makassar. Makassar:UNM.

Irfan.R.A & Melda.G. (2020). Hubungan Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Guru pada SMK YAPIA Parung, Kab. Bogor. Universitas Pamulang. Vol. 4, No.1.by openjournal.unpam.ac.id/index.php/JJSDM/article/view/6788/pdf. https://doi.org/10.32493/JJSDM.v4i1.6788

Winanda,A. (2017). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pabrik Sarung Tenun Behaestex Kediri. Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia. Vol.1,No.6.

Yuniasih.Y. (2015). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Prestasi Kerja. Tasikmalaya: Fakultas ekonomi universitas siliwangi. Sulaiman, W. 2004. Analisis Regresi Menggunakan SPSS Contoh Kasus dan Pemecahannya. ANDI, Yogyakarta, 258 hlm.

Manullang,M. Marihot. (2008). Manajemen Personalia (Cetakan keempat). Yogyakarta.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. (2014). Evaluasi Kinerja SDM. PT. Refika Aditama, Bandung.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengeluarkan Keputusan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020. Protokol Kesehatan.

Published

2023-03-30

How to Cite

Wastuty, K. M., Sudarmawan, I. W. E., & Suarmana, I. W. R. (2023). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Housekeeping The Ritz Carlton Bali. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(3), 729 - 746. https://doi.org/10.22334/paris.v2i3.357