Pengaruh Pelatihan Soft Skill dan Hard Skill Terhadap Kinerja Karyawan di Bali Beach Glamping Resort

Authors

  • Ni Kadek Ari Widyaningsih Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Firman Sinaga Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Putu Eka Wirawan Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i3.358

Keywords:

Soft skill, Hard skill, Kinerja, Resort

Abstract

Ditemukan complain mengenai operasional di front office, restaurant, kitchen dan house keeping pada Bali Beach Glamping Resort. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelatihan soft skill dan hard skill terhadap kinerja di Bali Beach Glamping Resort. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan SPSS 23. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner dan studi dokumen. Kuesioner disebar kepada seluruh karyawan di Bali Beach Glamping. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik seperti uji validitas, uji reliabitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda. Hasil analisis dalam penelitian ini adalah semakin tinggi pelatihan soft skill dan hard skill maka kinerja karyawan akan semakin meningkat. Simpulan penelitian ini adalah pelatihan soft skill dan hard skill berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan di Bali Beach Glamping Resort. Dalam penelitian ini indikator pada pelatihan soft skill yang memiliki pengaruh paling tinggi terhadap kinerja karyawan adalah pelatihan leadership, sedangkan indikator pada hard skill yang memiliki pengaruh paling tinggi adalah pelatihan pelayanan. Manfaat penelitian ini untuk industri yaitu memberikan masukan kepada resort berupa informasi yang dapat dijadikan referensi mengenai peltihan yang efektif diterapkan di industri perhotelan sehingga menghasilkan karyawan yang kompeten dibidangnya. Dan kepada department front office, restaurant kitchen dan house keeping yang ada di Bali Beach Glamping dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan dalam memberikan pelatihan yang tepat dimasa mendatang. Dalam pelatihan soft skill agar lebih meningkatkan pelatihan untuk problem solving sedangkan pada pelatihan hard skill lebih meningkatkan pelatihan teknologi.

 

Complaints were found regarding operations at the front office, restaurant, kitchen and house keeping at Bali Beach Glamping Resort. The purpose of this study was to determine the effect of soft skill and hard skill training on performance at Bali Beach Glamping Resort. The research method used is a quantitative method using SPSS 23. Data collection techniques used in this research are questionnaires and document studies. Questionnaires were distributed to all employees at Bali Beach Glamping. The data analysis technique used is statistical tests such as validity tests, reliability tests, classical assumption tests, simple linear regression tests and multiple linear regression tests. The results of the analysis in this study are the higher the soft skill and hard skill training, the higher the employee's performance. The conclusion of this research is that soft skill and hard skill training have a significant effect on employee performance at Bali Beach Glamping Resort. In this study, the indicator on soft skills training that has the highest influence on employee performance is leadership training, while the indicator on hard skills that has the highest influence is service training. The benefit of this research for the industry is to provide input to resorts in the form of information that can be used as a reference regarding effective training applied in the hospitality industry so as to produce competent employees in their fields. And to the front office, restaurant kitchen and house keeping departments in Bali Beach Glamping, this research can be used as a reference in providing appropriate training in the future. In soft skills training to further improve training for problem solving, while in hard skills training further improve technology training.

Author Biographies

Ni Kadek Ari Widyaningsih, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

Firman Sinaga, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

Putu Eka Wirawan, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

References

Adi Surya, Wahyu dkk. 2014. Pengaruh Employee Knowledge, Skill Dan Ability (KSA) Terhadap Sistem Penggunaan Informasi Sumber Daya Manusia Dan Kinerja Karyawan. Jurnal. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Assyifa, Nur dkk. 2015. Analisis Kinerja Pegawai Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (Studi Kasus Di Rektorat Jendral Minyak Dan Gas Bumi). Jurnal. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro

Astutik, Wahyuni Sri dan Mochamad Aeng Yuda Pambudi. 2019. Pengaruh Kinerja Karyawan Melalui Hard skill , Soft skill Dan Pengalaman Kerja Pada PT. Erajaya ( Erafone) Di Malang Tahun 2019. Jurnal. Universitas Pawyatan Daha. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.350

Awal, Andre dan Youmil Abrian. 2020 . Pengaruh Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Di The Axana Hotel Padang. Jurnal. Program Studi DIV Manajemen Perhotelan Jurusan Pariwisata UNP. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i1.2372

Darmawan, I Made Yusa. 2011. Pengaruh Kompensari Dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Disiplin Dan Kinerja Karyawan Di Hotel Nikki Denpasar. Universitas Udayana Denpasar

Dewi, Tiara Setia. 2018. Pengaruh Pelatihan Skill Terhadap Kinerja Karyawan Di Neo Hotel Denpasar Bali. Sekolah Tinggi Pariwisata Bali International

Fadli, Muhammad. 2015. Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Grand Cempaka Resort & Convention Cipayung Bogor. E-Jurnal. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Pakuan Bogor

Hasan, Iqbal. 2010. Analisis Data Dengan Statistik, Cet-5. Jakarta:PT Bumi Aksara

Kumara, I Wayan Sutya Edi dan I Wayan Mudiarta Utama. 2016. Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Yang Dimediasi Kepemimpinan Pada Hotel Satria Cottages Kuta-Bali. E- jurnal. Manajemen Unud

Mandasari, Widha. 2016. Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan Operasional Melalui Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja (Studi Kasus Pada Lembaga Penyiaran Publik RRI Semarang). Program Studi Manajemen Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2006. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta : Refika Aditama

Mudlofir, Ali. 2012. Pendidikan Profesional. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Pantiyasa, I. W. 2013. Metodologi Penelitian. Denpasar : SekolahTinggi Pariwisata Bali Internasional

Pantiyasa, I. W. 2019. Teknik Penulisan Skripsi. Denpasar : Jayapangus Pres

Putra, G.N. Triyo Mandala. 2016. Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Pramusaji Pada Donbiu Restaurant Di Padma Resort Legian. Skripsi. Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional

Rasid, Zulkifli dkk. 2018. Pengaruh Hard skill Dan Soft skill Terhadap Kinerja Karyawan Perum Damri Manado. Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado

Ruky, Achmad S. 2011. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: Bumi Aksara Manara, M. Untung. 2014. Hard skill Dan Soft skill Paga BagianSumber Daya Manusia Di Organisasi Industri. Jurnal. Fakultas Psikologi Universitas Merdeka Malang

Sajaya Sakti Bagus Sasmita, Alim. 2015. Kualitas Sumber Daya Manusia Sebagai Determinan Dalam Kinerja Pegawai Di Kecamatan Bongan Kabupaten Indramayu. Usulan Penelitian Ristek. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pasundan

Sedarmayanti. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama

Setiawan, Rony Ika. . Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Pariwisata : Perspektif Potensi Wisata Daerah Berkembang. Jurnal. Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara Blitar

Shu, Efin dan Daniel Cassa Augustinus. 2018. Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Santika Premier Dyandra Medan. Universitas Pelita Harapan Medan

Suhandi, Nazori dkk. 2018. Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk Terhadap Jumlah Kemiskinan Menggunakan Metode RegresiLinear di Kota Palembang. Universitas Indo Global Mandiri. https://doi.org/10.36982/jig.v9i2.543

Triasmoko, Denny dkk. 2014. Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Penelitian Pada Karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Kediri). Jurnal. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang

Wahyuni, Akhmad Jafar. 2016. Pengaruh Hard skill Dan Soft skill Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Provinsi Selawesi Selatan. Jurnal. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Widiastuti, Ni Komang. 2013. Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Kinerja Keuangan Daerah Dan Kesejahteraan Keuangan Daerah Dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten/Kota Di Provinsi Bali. Jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana Bali Wijayanti, Vera Dwi dan Tony Susilo

Wibowo. 2020. Pengaruh Hard Skill Dan Soft Skill Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta Kabupaten Gresik. Jurnal. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas PGRI Adibuana Surabaya

Yuniari, Santi. 2013. Pengaruh Model Core Berbasis Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahanan Matematika Siswa. FMIP : STKIP Siliwangi Bandung

Yusup. 2019. Pengaruh Skill Dan Knowledge Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar. Riset. Dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bangkinang

Published

2023-03-30

How to Cite

Widyaningsih, N. K. A., Sinaga, F., & Wirawan, P. E. (2023). Pengaruh Pelatihan Soft Skill dan Hard Skill Terhadap Kinerja Karyawan di Bali Beach Glamping Resort. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(3), 747 - 753. https://doi.org/10.22334/paris.v2i3.358