Penerapan Standar Operasional Prosedur Pembersihan Kamar Occupied Pada Masa Pandemi Covid 19 di Hotel W Seminyak

Authors

  • I Kadek Adi Pramuditha Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Pande Putu Juniarta Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i3.375

Keywords:

Standar Oprasional Prosedur, Pembersihan Kamar Occupied, Pandemi Covid 19

Abstract

Kamar occupied pada masa pandemi covid 19 di Hotel W Seminyak, agar penelitian ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan kinerja dan lancarnya oprasional dalam penerapan SOP pembersihan kamar occupied. Penelitan ini menggunkan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan dari hasil tersebut akan dibandingkan dengan SOP yang berlaku di Hotel W Seminyak. Hasil penelitian, penerapan SOP pembersihan kamar occupied pada masa pandemi covid 19 di Hotel W Seminyak secara umum SOP adalah pedoman untuk mempermudah room attendant melakukan pekerjaan. Mengingat pentingnya sebuah SOP pembersihan kamar occupied maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana penerapan SOP pembersihan kamar occupied. Secara umum room attendant telah menerapkan SOP yang berlaku di W Seminyak hotel dengan baik, tetapi masih ada SOP yang belum disesuaikan diantaranya tidak mengganti linen secara berkala, tidak pernah melakukan pengecekan spot pada inner duvet, bed topper, dan sofa yang ada di room, jarang melakukan dusting dengan SOP.

 

The room occupied during the COVID 19 pandemic at Hotel W Seminyak, so that this can be useful in improve performance and smooth the implementation of the SOP for the room occupied. This research uses observation, interview, documentation and literature studies techniques. Hotel W Seminyak The results of the study, the application of SOP for occupied rooms during the covid 19 pandemic at Hotel W Seminyak in general, SOP are guidelines to make it easier for room attendants to do work. In general, the room attendants have implemented the SOP that apply at the Seminyak W hotel well, but there are still SOP that have not been adjusted, including not changing regularly, never checking the places on the inner duvet, bed the topper, and sofa in the room, rarely do dusting with SOP.

Author Biographies

I Kadek Adi Pramuditha, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D3 Perhotelan

Pande Putu Juniarta, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D3 Perhotelan

References

Arnawa, I. P. 2020. Pengaruh Tingkat Hunian Kamar dan Pendapatan Spa terhadap Laba Operasional di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. Jurnal Bisnis Hospitaliti, 9(2), 54–63. https://doi.org/10.52352/jbh.v9i2.504

Lilik Setyawan, N. N. 2020. Evaluasi Tingkat Kepuasan Tamu Terhadap Pelayanan Front Office Di Happy Puppy Karaoke Keluarga Seturan Yogyakarta. Jurnal Nusantara, 3(2), 51–60.

Mahmudi, W. A. 2015. Peranan Kerjasama Team Antar Karyawan Banquet Guna Meningkatkan Pelayanan Out Let Banquet Pada Hotel Kartika Graha Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 21.

Putri, A. R., & Kristiutami, Y. P. 2016. Pelayanan Housekeeping Dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar Di Grandia Hotel Bandung. Konferensi Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi, 1(1),267–276. http://seminar.bsi.ac.id/knist/index.php/UnivBSI/article/view/56/54%0Ahttp://seminar.bsi.ac.id/knist/index.php/UnivBSI/article/view/56

Published

2023-03-30

How to Cite

Pramuditha, I. K. A., & Juniarta, P. P. (2023). Penerapan Standar Operasional Prosedur Pembersihan Kamar Occupied Pada Masa Pandemi Covid 19 di Hotel W Seminyak. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(3), 816 - 819. https://doi.org/10.22334/paris.v2i3.375