Strategi Pemasaran Pada Tradisi Beach Front Villa di Masa New Normal Pandemi Covid-19

Authors

  • I Komang Boy Pratama Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Made Trisna Semara Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Komang Shanty Muni Parwati Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.385

Keywords:

Strategi Pemasaran, Covid-19, New Normal

Abstract

Bali yang merupakan icon pariwisata Indonesia yang mengalami mati suri akibat wabah COVID-19 yang berkepanjangan. Salah satu akomodasi yang ada dibali, yang sangat merasakan dampak dari COVID-19 ini adalah Tradisi Beach Front Villa. Maka penelitian ini diharapkan dapat membantu manajemen Tradisi Beach Front Villa untuk mengetahui dan menentukan strategi pemasaran dengan teknik bauran pemasaran serta metode SWOT yang tepat, sehingga dapat meningkatkan tingkat hunian kamar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Studi Pustaka, Observasi, Wawancara, Kuesioner, Studi Dokumentasi, dan Teknik Analisis Data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, Analisis SWOT, IFAS, dan EFAS. Hasil strategi pemasaran pada Tradisi Beach Front Villa, yaitu villa ini menggunakan variabel SWOT untuk membentuk strategi pemasaran mereka. Hasil analisis IFAS diketahui skor dari kekuatan adalah 2.21 dan skor dari kelemahan yaitu 1.35. Sedangkan untuk analisis EFAS diketahui skor dari peluang adalah 1.99 dan skor dari ancaman adalah 1.38. Hasil dari Kuadran SWOT, perusahaan berada di kuadran 1 yaitu strategi agresif. Tradisi Beach Front Villa memiliki potensi internal dan eksternal yang bermanfaat dalam mendatangkan customer pada masa new normal pandemi COVID-19.

 

Bali, which is an Indonesian tourism icon, has died suspended due to the prolonged COVID-19 outbreak. One of the existing accommodation In Bali, one that has really felt the impact of COVID-19 is the Beach Front Tradition Villas. So this research is expected to help the management of the Beach Front Tradition Villa to find out and determine marketing strategies with mix techniques appropriate marketing and SWOT methods, so as to increase occupancy rates room. Data collection techniques in this study were library research, observation, Interviews, Questionnaires, Documentation Studies, and Data Analysis Techniques. While technique data analysis used is Qualitative Descriptive Analysis, SWOT Analysis, IFAS, and EFAS. The results of the marketing strategy on the Beach Front Villa Tradition, namely this villa use SWOT variables to shape their marketing strategy. Analysis results IFAS known that the score of strength is 2.21 and the score of weakness is 1.35. Meanwhile, for the EFAS analysis, it is known that the score of opportunity is 1.99 and the score is 1.99 threat is 1.38. The results of the SWOT Quadrant, the company is in quadrant 1 namely aggressive strategy. Tradition Beach Front Villa has internal and external potential useful in bringing in customers during the new normal during the COVID-19 pandemic.

Author Biographies

I Komang Boy Pratama , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

I Made Trisna Semara , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

Komang Shanty Muni Parwati , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

References

Agusrinal. (2014). Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Anyaman Pandan. Jurnal Sains, Teknoligi Dan Industri, Vol. 11, N(2), 2.

Morrisey, G. (1995). A Guide to Strategic Thinking: Building Your Planning Foundation (1st ed.). Jassey-Bass.

Nugraha, E. E., & Anastasia, N. (2019). Pengaruh Elemen Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Fotografi Sweet Seventeen Birthday di Surabaya. Agora, 7(Universitas Kristen Petra).

Rangkuti, F. (2018). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Saribu, H., & Maranatha, E.G. (2020). Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT. Asragraphia Medan. Jurnal Manajemen, 6(Universitas Prima Indonesia).

Published

2023-04-30

How to Cite

Pratama , I. K. B., Semara , I. M. T., & Parwati , K. S. M. (2023). Strategi Pemasaran Pada Tradisi Beach Front Villa di Masa New Normal Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(4), 877 - 887. https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.385