Peranan Pelatihan Chse Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Hrd The Sankara Suite

Authors

  • I Made Deki Suryananta Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Gede Yoga Kharisma Pradana Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Made Hadi Purnantara Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.386

Keywords:

Pelatihan; CHSE, HRD, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui peranan Pelatihan CHSE dalam meningkatkan kinerja karyawan, dikarenakan baru dua komponen saja yang sudah diterapkan oleh Hotel The Sankara Suite yaitu Clean dan Health untuk komponen security dan environment lingkungan belum terpenuhi semuanya, karena dalam mendukung industri pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi yang belum juga usai, hotel harus menerapkan CHSE (Clean, Health, Safety, Environment) agar terciptanya kebersihan, kesehatan, keamanan dan ramah lingkungan. Penelitian ini dilakukan di Hotel The Sankara Suite yaitu pada bulan April sampai dengan Juni 2021. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang digunakan untuk mengetahui peranan pelatihan CHSE dalam meningkatkan kinerja karyawan HRD The Sankara Suite, dengan tahapan analisis data: 1. Pengumpulan data, 2. Reduksi data, 3. Penyajian data, dan 4. Penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan CHSE memberikan peranan dalam meningkatkan kinerja karyawan HRD The Sankara Suite, yang didasari oleh 4 faktor yang saling berhubungan yaitu: Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan. Pentingnya menjaga kebersihan, kesehatan dan keramah lingkungan dengan menggunakan pelatihan CHSE bagi Karyawan HRD di The Sankara Suite agar HRD bisa kembali kerja dengan rasa aman seperti bagaimana biasanya dan mendatangkan tamu seperti sebelum pandemi. Sertifikasi CHSE yang diusung oleh kemenparkraf ini tentunya bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan wisatawan untuk berkunjung kembali ke destinasi wisata. Diharapkan agar pihak Hotel The Sankara Suite meminta pihak manajemen Hotel untuk mensupport Hotel The Sankara Suite menjadi hemat energy agar penilaian CHSE di The Sankara Suite bisa semua terpenuhi. Hal tersebut juga akan sangat berpengaruh terhadap kegiatan operasional Hotel.

 

The purpose of the research is to find out the role of CHSE Training in improving employee performance, because only two components that have been implemented by The Sankara Suite Hotel, namely Clean and Health for security and environmental components have not been fulfilled, because in supporting the tourism industry and the creative economy in In the midst of a pandemic that has not yet ended, hotels must implement CHSE (Clean, Health, Safety, Environment) in order to create cleanliness, health, security and environmental friendliness. This research was conducted at The Sankara Suite Hotel, from April to June 2021. The data analysis method used in this study was descriptive qualitative which was used to determine the role of CHSE training in improving the performance of HRD The Sankara Suite employees, with data analysis stages: 1 Data collection, 2. Data reduction, 3. Data presentation, and 4. Data presentation. The results of this study indicate that CHSE training plays a role in improving the performance of HRD The Sankara Suite employees, which is based on 4 interrelated factors, namely: Cleanliness, Health, Safety, and Environment. The importance of maintaining cleanliness, health and environmental friendliness by using CHSE training for HRD Employees at The Sankara Suite so that HRD can return to work safely as usual and bring in guests like before the pandemic. The CHSE certification carried out by the Ministry of Tourism and Creative Economy of course aims to restore the confidence of tourists to return to tourist destinations. It is hoped that The Sankara Suite Hotel will ask the Hotel management to support The Sankara Suite Hotel to be energy efficient so that the CHSE assessment at The Sankara Suite can all be fulfilled. This will also greatly affect the hotel's operational activities

Author Biographies

I Made Deki Suryananta , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

Gede Yoga Kharisma Pradana , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

I Made Hadi Purnantara , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

References

Abraham, Maslow. 2009. Paradigma baru Manajemen Sumber Daya Sebagai Basis Meraih Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta : Ekonisia.

Cahayani, Ati. 2005. Strategi dan Kebijakan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Indeks.

Candra, L.F.K. & Rekha, A. 2020. The Effects of Pandemic Era to Tourism Industry in Tangerang. JITHOR, 3 (1), eISSN: 2654- 4687 pISSN: 2654- 3894. Halaman 3.

Candranegara, I Made Wimas. 2021. Implementasi Program “We Love Bali” Berbasis CHSE (Clean, Health, Safety, Environment) dalam Pemulihan Pariwisata Bali. Journal of Contemporary Public Administration (JCPA). Vol. 1, No. 1, (27-32). https://doi.org/10.22225/jcpa.1.1.3308.27-32

Ervina. 2019. Perbedaan Antara HRD dan Personalia di Perusahaan. (Diakses Pada Tanggal 23 April 2021, Hari Jumat Pukul 11.28 Wita). URL: https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/perbedaan-hrd-dan- personalia-adalah/

Fitriana, Rina. 2020. Pembekalan Materi CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability) dalam Training of Trainers Akademisi Pendamping Desa Wisata. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 3, No. 1 (138-145).

Google Maps. 2021. (Diakses Pada Tanggal 31 Mei 2021, Hari Senin Pukul 21.40 Wita).URL:https://www.google.com/maps/place/The+Sankara+Suites+%.26+Villas+by+Pramana/@8.4813059,115.2691768,17z/data=!4m9!3m8!1s0x2dd23d4eb79e4f09:0x7a4221e7d6105908!5m3!1s20210602!4m1!1i2!8m2!3d-8.4812129!4d115.2679268.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mulasari, Surahma Asti. 2020. Pengetahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Kelompok Sadar Wisata di Desa Caturharjo Yogyakarta. Jurnal Abdimas Universal. Vol. 3, No. 1, (55-59). https://doi.org/10.20527/jbk.v6i1.8355

Nawawi, Hadari. 2005. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pantiyasa, I Wayan. 2013. Metodologi Penelitian. Denpasar: STPBI. Prihartanta, Widayat. 2015. Teori - Teori Motivasi. Jurnal Adabiya. Vol. 1 No.83.

Ravi, Ahmad. 2021. Pengembangan SDM Pokdarwis Desa Wisata Sungai Awan Kiri melalui Clean, Health, Safety, and Environmental Sustainbility (CHSE). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Ketapang. Vol. 5, No. 2, (511-519). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.5824

Santoso, Daniel. 2021. Tugas Dan Tanggung Jawab Manager Hrd. (Diakses Pada Tanggal 31 Mei 2021, Hari Senin Pukul 23.33 Wita). URL: https://smartpresence.id/blog/hr/tugas-dan-tanggung-jawab-manager-hrd.

Saputra, Harja. 2020. Definisi Hotel dan Manajemen Perhotelan. (Diakses Pada Tanggal 14 April 2021, Hari Rabu Pukul 15.47 Wita). URL: https://www.harjasaputra.com/teori/definisi-hotel-dan-manajemen-perhotelan/.

Sembiring, Jimmy Joses. 2010. Smart HRD. Jakarta: Visi Media.Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susepti, Amalia. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Tamu Hotel. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 50, No. 5.

Widiastuti, Ika. 2017. Pelayanan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Widya. Vol. 4, No.1, (224-233).

Published

2023-04-30

How to Cite

Suryananta , I. M. D., Pradana , G. Y. K., & Purnantara , I. M. H. (2023). Peranan Pelatihan Chse Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Hrd The Sankara Suite. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(4), 888 - 904. https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.386