Pengaruh Harga dan Pelayanan Food & Beverage Service Teradap Kepuasan Pelanggan di Bamboo Bar & Lounge at Prama Sanur Beach

Authors

  • Kadek Ardiana Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Nyoman Sudiarta Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Putu Eka Wirawan Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.388

Keywords:

Harga, Pelayanan Food & Beverage, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan pelayanan makanan dan minuman terhadap kepuasan pelanggan pada Bamboo Bar & Lounge Pantai Prama Sanur secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengolah data primer melalui kuesioner yang diberikan kepada pengunjung restoran di Bamboo Bar & Lounge. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 60 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik (uji normalitas, uji autokorelasi, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas) dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan harga dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara parsial harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sehingga restoran Bamboo Bar & Lounge di Pantai Prama Sanur harus memperhatikan harga dan pelayanan agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan di Bamboo Bar & Lounge di pantai Prama Sanur.

 

This study aims to determine the effect of prices and food and beverage services on customer satisfaction at Bamboo Bar & Lounge at Prama Sanur Beach partially and simultaneously. This study uses quantitative methods by processing primary data through questionnaires given to restaurant visitors at Bamboo Bar & Lounge. Sampling using purposive sampling. The sample obtained is as many as 60 respondents. The data analysis used is the classical assumption test (normality test, autocorrelation test, linearity test, multicollinearity test, heteroscedasticity test) and multiple linear regression analysis. The results showed that simultaneously price and service had a significant effect on customer satisfaction. Partially the price has a significant effect on customer satisfaction. Service has a significant effect on customer satisfaction. So the Bamboo Bar & Lounge restaurant at Prama Sanur Beach must pay attention to prices and services in order to be able to increase customer satisfaction at Bamboo Bar & Lounge at Prama Sanur beach.

Author Biographies

Kadek Ardiana , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

I Nyoman Sudiarta , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

Putu Eka Wirawan , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

References

Annisa Fiazisyah. (2018). Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Cepat Saji Kfc Basuki. E-Journal Boga, 7(2), 178–187

Faizah, N. R., Suryoko, S., & Saryadi. (2013). Pengaruh Harga,Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran O-Mamamia Steak and Ice Cream Cabang Jati Semarang. Jurusan Administrasi Bisnis, 2(2), 1–8.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012 Marketing Management: 14 Edition. New Jersey: Prentice Hall, Pearson Hall, Pearson Education, Inc

Kotler, 2008:266, Pengertian Pelayanan Menurut Para Ahli, tersedia di http://eprints.mercubuanayogya.ac.id/1011/4/BAB_II.pdf

Mertayasa, I Gede Agus. (2012). Food and Beverage Service Operational. Yogyakarta: Andi

Ninemeier dan Hayes, (2017), Pengertian Restoran Menurut Para Ahli, tersedia di https://www.arsitur.com/2015/10/pengertianrestoran-menurut-para-ahli.html

Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif No. 11 Tahun 2014 tentang Restoran

Penghitungan, F., Akhir, N., & Kuliah, M. (2013). Universitas bakrie. 3(1), 1.

Putra, I., & Syah, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Food and Beverage Department Terhadap Kepuasan Penumpang KM . Kelud PT . PELNI. 2(2), 54–66. https://doi.org/10.56444/psgj.v2i02.2278

Soekresno. (2000). Management Food and Beverage, Service Hotel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Studi, P., Konsentrasi, P. K. K., Boga, T., Pendidikan, J., Keluarga, K., & Teknik, F. (2019). RESTORAN THE TCO SEMARANG DAN RESTORAN

SK Menteri Pariwisata No.37/PW.304/MPT/86 tentang Akomodasi

SK Menparpostel No. KM/37/PW/304/MPPT-86 tentang Hotel

Suwandi, A. S. dan I. S. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Citra Merek Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pos Expres Dikantor Pos Bondowoso dan Situbondo. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, Vol.14(No.1).

Tjiptono. (2012). pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produkterhadap keputusan pembelian. jakarta.

Venesia, L. H. dan Y. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal WIDYA Ekonomika, (Volume 1 No 1).

Published

2023-04-30

How to Cite

Ardiana , K., Sudiarta , I. N., & Wirawan , P. E. (2023). Pengaruh Harga dan Pelayanan Food & Beverage Service Teradap Kepuasan Pelanggan di Bamboo Bar & Lounge at Prama Sanur Beach. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(4), 919 - 928. https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.388