Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar di Tengah Pandemic Covid-19

Authors

  • Luh Made Saksiari Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Ida Bagus Made Wiyasha Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Nyoman Surya Wijaya Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.391

Keywords:

Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran 7P, Tingkat Hunian Kamar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi potensi lingkungan internal dan eksternal serta menganalisis strategi yang tepat yang akan digunakan untuk meningkatkan tingkat hunian kamar di tengah pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan data kualitatif berupa Bauran Pemasaran 7P dan data kuantitatif berupa hasil kuisioner yang digunakan untuk menentukan analisis SWOT dan analisis Triangulasi. Data primer diperoleh dari hasil wawancara, pemberian bobot dan rating untuk faktor-faktor IFAS, EFAS, sedangkan data sekunder diperoleh dari data statistic seperti three months forecast, history and forecast, cancelation report Pandemic Covid-19. Teknik pengumpulan menggunakan wawancara, observarsi partisifatif, wawancara tidak terstuktur, studi dokumentasi, kuesioner. Hasil penelitian menghasilkan Strategi pemasaran alternatif yang dihasilkan dari kaudran SWOT adalah titik sumbu X (internal) 8,6 dengan sumbu Y (eksternal) 10,6, sehingga koordinat sumbu (x,y) berada pada titik kuadran I, yang artinya berada disituasi yang menguntungkan, dimana memiliki peluang dan kekuatan sehingga peluang pasar yang besar dapat dimanfaatkan secara optimal seperti memanfaatkan lokasi yang strategis, memanfaatkan café lokal yang berdampingan dengan hotel untuk sarana operasional seperti penyediaan breakfast, menambah daya tarik dengan menambahkan guest activity dan melakukan promosi mengenai kegiatan operasioal hotel selama pandemi dengan memanfaatkan teknologi digitalisasi untuk menarik tamu untuk berkunjung. Hasil analisa Triangulasi berdasarkan focus strategy serta hasil analisa kuadran SWOT menunjukkan perlu berfokus dalam memperbaharui website dengan promo-promo terbaru, melakukan promosi secara berkala melalui sosial media seperti instagram dan facebook, menambah benefit kepada tamu yang menginap, serta melakukan competitor analysis dengan menyesuaikan harga kompetitor dan memperbaharui publish rate supaya memiliki harga saing yang sesuai dengan kompetitronya.

 

The purpose of this study is to identify the potential of the internal and external environment and to analyze the appropriate strategies to be used to increase room occupancy rates amid the COVID-19 pandemic. This study uses qualitative data in the form of the 7P Marketing Mix and quantitative data in the form of questionnaire results used to determine the SWOT analysis and triangulation analysis. Primary data was obtained from interviews, giving weights and ratings for IFAS, EFAS factors, while secondary data was obtained from statistical data such as three months forecast, history and forecast, Cancellation Report of the Pandemic Covid-19. Collection techniques using interviews, participatory observation, unstructured interviews, documentation studies, questionnaires. The results of the study yielded an alternative marketing strategy that resulted from the SWOT quadrant, namely the X (internal) axis point 8.6 and the Y (external) axis 10.6, so that the coordinates of the (x,y) axis are at the point of quadrant I, which means it is in a good location. profitable, which has opportunities and strengths so that large market opportunities can be utilized optimally such as taking advantage of strategic locations, utilizing local cafes adjacent to hotels for operational facilities such as providing breakfast, adding attraction by adding guest activities and conducting promotions regarding hotel operational activities during a pandemic by utilizing digitization technology to attract guests to visit. The results of the Triangulation analysis based on the focus strategy as well as the results of the SWOT quadrant analysis show that it is necessary to focus on updating the website with the latest promos, conducting regular promotions through social media such as Instagram and Facebook, adding benefits to guests who stay overnight, and conducting competitor analysis by adjusting competitors' prices. and update the publish rate so that it has a competitive price in accordance with its competitors.

Author Biographies

Luh Made Saksiari , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

Ida Bagus Made Wiyasha , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

Nyoman Surya Wijaya , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

References

Agusta, I. (2003). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27.

Alhalim, R. (2016). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Tujuan Penjualan Pada PT. Danbi International di Kabupaten Garut. PERPUSTAKAAN

Alma, B., & Priansa, D. J. (2014). Manajemenbisnis syariah: Menanamkan nilai dan praktik syariah dalam bisnis kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Dicky Sumarsono, C. H. A. (2014). Dahsyatnya bisnis hotel di Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Fitrah, M. (2017). Luthfiyah. Metodologi Penelitian.

Kasiram, M. (2008). Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Malang: UIN- Malang Pers.

Kesumawatie, M. I., Yulfajar, A., & Hamdiyah, N. (2018). Strategi Pemasaran Hotel-Budget Dalam Meningkatkan Occupancy Rate Sebagai Hotel Start-Up Di Kota Surabaya (Studi Kasus pada Hotel Oriza Surabaya). Media Mahardhika, 16(2), 254–263.

Kismono, G. (2001). Pengantar bisnis. Yogyakarta: BPFE.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip- prinsip Pemasaran Edisi 13 Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., Armstrong, G., Saunders, J., & Wong, V. (2016). Principles of marketing (Sixteenth). England: Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Global edition (Global). Harlow: Pearson Education Limited.

Kuantitatif, P. (2013). kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi Ketiga). Jakarta: Salemba Empat.

Porter, M. E., & Advantage, C. (1985). Creating and sustaining superior performance. Competitive Advantage, 167, 167–206.

Philip, K., & Lane, K. K. (2013). Marketing management-14. vydání. Grada Publishing as.

Rangkuti, F. (2016). Teknik membedah kasus bisnis Analisis SWOT.

Saladin, D., & Oesman, Y. M. (2003). Intisari pemasaran dan unsur-unsur pemasaran. Cetakan Ketiga, Bandung: Linda Karya.

Stanton, A. (1995). Prinsip-Prinsip Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Sugiyono, M. P. P., & Kuantitatif, P. (2009). Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Cet. VII.

Sunyoto, D., & Susanti, F. E. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa Merencanakan,

Mengelola, dan Membidik Pasar Jasa. Yogyakarta (Indonesia): CAPS (Center for Academic Publishing Service). Surya, D. G. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK SEGMENTASI PASAR TERHADAP TINGKAT HUNIAN KAMAR THE ALEA HOTEL SEMINYAK. Majalah Ilmiah Widyacakra, 2(02), 56.

Sutopo, H. B. (2006). Penelitian kualitatif: Dasar teori dan terapannya dalam penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Tjiptono, F. (2009). Strategi Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Yani, A., Mangkunegara, A. A. A. P., Revisi, P. K. E., & Aditama, R. (n.d.). Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yoeti, O. A. (2013). Pemasaran Pariwisata Terpadu Edisi Revisi. Bandung: Angkasa.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.

Hanggara, S. (2009). Monitoring jaringan Wireless dengan menggunakan WirelessMon. Semarang: Politeknik Negeri Semarang.

Haryani, H., & Hartanto, C. F. B. (2019). CONTRASTIVE ANALYSIS OF USING ACTIVE AND PASSIVE SENTENCE IN THE NOVEL OF “EAT, PRAY, AND LOVE” BY MARGARET GILBERT. English Language and Literature International Conference (ELLiC) Proceedings, 3, 397–403.

Khaer, A. A., & Utomo, C. (2012). Pengaruh Tingkat Hunian Pada Keputusan Investasi Proyek Hotel Santika Gubeng Surabaya. Jurnal Teknik ITS, 1(1), D93–D96.

Kotler, P. (2011). Reinventing marketing to manage the environmental imperative. Journal of Marketing, 75(4), 132–135. https://doi.org/10.1509/jmkg.75.4.132

Kotler, P. (2017). Philip Kotler: some of my adventures in marketing. Journal of Historical Research in Marketing. https://doi.org/10.1108/JHRM-11-2016-0027

Lestari, P. A. A., Zaini, O. K., & Farradia, Y. (2019). PENGARUH PENETAPAN HARGA TERHADAP TINGKAT HUNIAN TIPE DELUXE PADA HOTEL BYDIEL CIANJUR. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen, 4(4).

Marsiani, N. L. G., Putri, I. A. T. E., & Suarka, F. M. (n.d.). Pengaruh tingkat hunian kamar terhadap pendapatan makanan dan minuman di grand aston bali beach resort tanjung benoa bali. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 1(2), 165–179.

Mayantari, N. W., Astawa, I. P., & Susanto, B. (2017). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENUNJANG RESERVASI UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN KAMAR PADA HOTEL LE MERIDIEN BALI JIMBARAN. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(2 Juli), 146.

Nugroho, R., & Japarianto, E. (2013). Pengaruh People, Physical Evidence, Product, Promotion, Price Dan PlaceTerhadap Tingkat Kunjungan Di Kafe Coffee Cozies Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1– 9.

Pantiyasa, I. W. (2013). Strategi Pengembangan Potensi Desa Menjadi Desa Wisata di Kabupaten Tabanan (Studi Kasus Desa Tegal Linggah, Penebel, Tabanan). Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 4(1), 1. https://doi.org/10.22334/jihm.v4i1.48

Pradana, G. Y. K., & Arcana, K. T. P. (2020). Balinese traditional homestay in a sustainable tourism entering millennial era. Journal of Xi’an University of Architecture & Technology, 12(3), 4208–4217.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif. Rahmania, S. N. (2016). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI PENDEKATAN DIFERENSIASI PRODUK JASA UNTUK MENINGKATKAN OCCUPANCY HOTEL AZIZA SOLO. Jurnal Hotelier, 2(2), 39–48.

Robinson Jr, R. B., & Pearce, J. A. (1983). The impact of formalized strategic planning on financial performance in small organizations. Strategic Management Journal, 4(3), 197–207. https://doi.org/10.1002/smj.4250040302

Saragih, J. T., & Suryadi, E. (2014). Strategi bersaing PT. PGN (Persero) Tbk. SBU Distribusi Wilayah 1. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(2), 109–120.

Tangkilisan, L. C., Engka, D. S. M., & Tolosang, K. D. (2019). PENGARUH JUMLAH WISATAWAN ASING DAN DOMESTIK TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) SULAWESI UTARA MELALUI TINGKAT HUNIAN HOTEL SEBAGAI INTERVENING VARIABEL (Studi Pada Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2007-2016). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(01).

Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran. Wiagustini, N. L. P., & Pertamawati, N. P. (2015). Pengaruh risiko bisnis dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal dan nilai perusahaan pada perusahaan farmasi di bursa efek Indonesia. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan.

Wicaksono, M. S., & Yunitasari, D. (2018). Efektivitas endorser dalam promosi pariwisata Indonesia. Jurnal Gama Societa, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.22146/jgs.34041

Wijayanthi, I. A. T., Ratini, P. M., & Pradnyadari, N. K. (2020). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Hunian Kamar di Anantara Uluwatu Bali Resort. JUIMA: JURNAL ILMU MANAJEMEN, 10(1), 22–31.

https://kemlu.go.id/paramaribo/id/news/10779/ informasi-protokol-kesehatan-bagi-wni-dan- wna-yang-akan-ke-indonesia-surat-edaran-no- 8-tahun-2021-terbaru(diakses 19 April 2021)

https://pedulicovid19.kemenparekraf.go.id/ke menparekraf-libatkan-4-000-peserta-dalam- program-we-love-bali/ (www.lpem.org, diakses pada tanggal 22 Februari 2021)

Published

2023-04-30

How to Cite

Saksiari , L. M., Wiyasha , I. B. M., & Wijaya , N. S. (2023). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar di Tengah Pandemic Covid-19 . Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(4), 941 - 961. https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.391