Peranan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran

Authors

  • Made Karina Puspa Paramita Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Luh Eka Susanti Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Bondan Pambudi Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.392

Keywords:

Facebook, Instagram, Media Sosial, Pemasaran

Abstract

Dengan adanya COVID-19 perkembangan perusahaan restoran maupun hotel saat ini tentunya mengandalkan media sosial sebagai pemasaran. Media sosial saat ini sudah tidak asing lagi dikenal oleh kalangan masyarakat, Oleh karena itu pemasaran elektronik dapat dipandang sebagai sebuah praktek bisnis modern. Montana Del Café telah memanfaatkan media sosialnya sebagai salah satu pemasarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagamaina peranan media sosial sebagai pemasaran di Montana Del Café. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Sumber data yang digunakan merupakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Data diperoleh melalui proses wawancara, dokumentasi, teknik pengambilan basis data. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa penggunaan Instagram dan Facebook sebagai media sosial yang digunakan di Montana Del Café memegang peranan untuk mewaliki sebagai media promotor, sebagai alat pengenalan produk, meningkatkan penjualan, meningkatkan brand image, memperluas jangkauan pemasaran, sebagai media komunikasi antar pelanggan, meningkatkan konsumen potensial, serta untuk meningkatkan awareness dan promotion. Dibandingkan dengan penelitian terdahulu mengenai peran media sosial sebagai media pemasaran, penggunaan media sosial yang dilakukan Montana Del Café sudah maksimal dan efektif.

 

With the COVID-19, the development of restaurant and hotel companies today, of course, relies on social media as marketing. Social media is now familiar to the public, therefore electronic marketing can be seen as a modern business practice. Montana Del Café has used social media as one of its marketing. The purpose of this study was to determine the role of social media as marketing in Montana Del Café. This research uses descriptive qualitative method and SWOT analysis. The data sources used are primary data sources and secondary data sources. Data obtained through the process of interviews, documentation, database retrieval techniques. The results of this study found that the use of Instagram and Facebook as social media used in Montana Del Café plays a role to represent as a media promoter, as a product introduction tool, increase sales, increase brand image, expand marketing reach, as a medium of communication between customers, increase consumers potential, as well as to increase awareness and promotion. Compared to previous research on the role of social media as a marketing medium, Montana Del Café's use of social media is maximal and effective.

Author Biographies

Made Karina Puspa Paramita , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

Luh Eka Susanti , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

Bondan Pambudi , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

References

Agustina, A. (2020) Pengaruh Internet Marketing dalam Pembentukan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Konsumen Rindu Syar’i).

Dinda, 2019. Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal common, VOl 3 No.1. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

El-gohary, H. (2010) ‘E-Marketing - A literature Review from a Small Businesses perspective’, International Journal of Business and Social Science, 1(1), pp. 214–244.

Evans, D. (2010) Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Available at: http://www.amazon.com/dp/047 0634030.

Fitriani, Y. (2017) ‘Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial sebagai Sarana Penyebaran Informasi bagi Masyarakat’, Paradigma - Jurnal Komputer dan Informatika, 19(2), p. 152. Available at: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/i ndex.php/paradigma/article/view /2120.

Ghassani, Salsabil. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap ]]]Proses Keputusan Pembelian Happy Go Lucky Bandung. Bandung: Telkom University

Kaplan, A. M. and Haenlein, M. (2010) ‘Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media’, Business Horizons, pp. 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Kotler, P. and Amstrong, G. (2014) Principles of Marketing., The Economic Journal. https://doi.org/10.2307/2224326

Muzdalifah, L. (2017) ‘E-Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Di Rumah Penganti Sidoarjo’, Wiga?: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi. https://doi.org/10.30741/wiga.v7i2.344

Noor, A., Suryana, M. and Amalia, S. (2019) ‘Perilaku Mahasiswa Pariwisata Menggunakan Media Sosial Untuk Mempromosikan Destinasi Wisata’, Altasia: Jurnal Pariwisata Indonesia. https://doi.org/10.37253/altasia.v1i2.466

Putra, N. (2014). Penelitian Kualitatif IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya

Puspitarini, D. S. and Nuraeni, R. (2019) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House)’, Jurnal Common. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Setiadi, A. (2016) ‘Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi’, Jurnal Ilmiah Matrik.

Syabaniah, R. N. (2017) ‘Pengaruh Antara Media Sosial dan Sosialisasi Informasi Terhadap Minat Memilih Perguruan Tinggi’, Swabumi, 5(2), pp. 195–199. Available at: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/i ndex.php/swabumi/article/view/ 2687/pdf.

Winarta, S. S. (2019) Pengaruh Internet Marketing dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Sinabug Hills Berastagi). Universitas Quality.

Yulianto, A., Perhotelan, I. and Pendahuluan, I. (2015) ‘Kajian Internet Marketing Sebagai Salah Satu Media’, VI(1), pp. 65–78.

Published

2023-04-30

How to Cite

Paramita , M. K. P., Susanti , L. E., & Pambudi , B. (2023). Peranan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(4), 962 - 977. https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.392