Pengaruh Rekrutmen, Kompetensi dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan

Authors

  • Ni Ketut Devina Sari Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Made Arya Astina Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Gusti Ayu Praminatih Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.393

Keywords:

Rekrutmen, Kompetensi dan Pengembangan Karir, Bali Mandira

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah unrtuk mengetahui pengaruh rekrutmen , komptetensi dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan di Hotel Bali Mandira Beach Resort & Spa Legian. Penelitian ini dilakukan di Bali Mandira Beach Resort & SPA Legian, yaitu pada bulan Februari sampai dengan Juni 2021. Jenis penelitan adalah penelitian korelasional. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh Rekrutmen, Kompetensi dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja. Sampel digunakan sebanyak 40 orang karyawan dengan teknik sampling jenuh. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan Rekrutmen, Kompetensi dan pengembangan karir berpengaruh sangat signifikan (p<0,01) secara parsial terhadap Kinerja Karyawan Kemudian, Rekrutmen, Kompetensi dan Pengembangan karir berpengaruh sangat signifikan (p<0,01) secara simultan terhadap Kinerja Karyawan.

 

Employees who are skilled in serving hotel guests according to their competence will improve the quality of service and performance of a hotel as a whole. This research was conducted at Bali Mandira Beach Resort & SPA Legian, from February to June 2021. The data analysis method used in this study was multiple linear regression which was used to determine the effect of Recruitment, Competence and Career Development on Performance by distributing questionnaires to The sample of 40 employees used as a saturated sampling technique. Testing the research hypothesis using SPSS 25.0. The results of this study indicate that recruitment, competence and career development have a very significant effect partially on employee performance, getting results of 0.000 < 0.01. Then, Recruitment, Competence and Development have a very significant effect simultaneously on Employee Performance getting the results 0.000 <0.001. It can be concluded that the results show that recruitment, competence and employee development affect employee performance. Employees can produce quality work that either matches or exceeds the standards set by the company.

Author Biographies

Ni Ketut Devina Sari, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

Made Arya Astina, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

Gusti Ayu Praminatih , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

References

Ade, Prawita Sari. 2016. Strategi Pemasaran Paket Wisata Melalui Media Online di Truly Asia Tour and Travel. Junal IPTA Universitas Udayana. Vo1.IV.No.1. https://doi.org/10.24843/IPTA.2016.v04.i01.p13

Agus Purwanto,Erwan dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial. Jogyakarta : Gaya Media.

Akebono Brake Astra Indonesia. Jakarta: Skripsi IBM ASMI.

Anshari, Rindy. 2012. Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Online dan Tingkat Kepuasan Membeli (( Studi Korelasional tentang Strategi Penjualan Produk Fashion melalui “Instagram” terhadap Kepuasan Membeli Mahasiswa FISIP USU). Jurnal Ekonomi Vo1.II.No.7

Arwinda. 2018. Pengaruh Pola Rekrutment Pekerja dan Pengembangan karir Kinerja karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Akuntan Publik.

Ambar T. Sulistiani & Rosidah. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Graha Ilmu, yogyakarta, Hlm. 140

Budhiningtias Winanti, Marliana (2011) Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan (Survei pada PT. Flag Indonesia Wilayah Jawa Barat). Majalah Ilmiah UNIKOM, Volume. ISSN 1411-9374.

Evans, Dave dan Jake McKee. 2010. Social Media Marketing The Next Generation of Business Engangement. Canada : Wiley Publishing, Inc.

Faisal, Reza. 2011. Strategi Promosi Penjualaan Online Lazada.co.id. Jurnal Ekonomi Universitas Padjajaran Bandung Vo1.IV.No.1.

Foster. 2014. Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Jakarta: Alfabeta CV.

Hurriyati. 2010. Analisis Pengaruh Harga, Produk, Kebersihan dan Kualitas Pelayanan Terhadap kepuaasan tamu yang menginap (Studi Kasus pada Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang). Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Intan, Luh Putu. 2017. Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Four Points By Sheraton Bali Kuta.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13.Jakarta : Erlangga.

MGH World. 2016. How to increase the direct bookig through the hotel : A Senior Sales Manager’s Guide. www.hotelier.com/htitdc/92134.

Rutoto, Sabar. 2007. Pengantar Metedologi Penelitian, FKIP : Universitas Muria Kudus Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: AFABETA,cv.

Sekaran, Uma. 2011. Research Methods For Business. Edisi 1 dan 2. Jakarta : Salemba Empat.

Singgih Nurgiyanto, Fuadi. 2014. Pengaruh Strategi Ecommerce terhadap penjualan. Junal IPTA Vo1.VII.No.1 Santoso, Singgih. 2015. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT Gramedia.

Sihite. 2010. Manajemen Perhotelan. Edisi 5. Semarang : Universitas Diponegoro

Soeprihanto. 2010. Penerimaan Pemesanan. Jakarta : PT Bina Intitama Sejahtera.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumarni. 2010. Metodelogi Penelitian untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta : Unit Penerbit dan Percetakan Manajemen Perusahaan YKPN.

Sumarni, Murti & John Soeprihanto. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi 5. Yogyakarta : Liberty Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : ANDI.

Widiana. 2010. Stategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wirakusuma. 2017. Pengaruh Pengembangan karir Karyawan dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik Di Denpasar)

Wiyasa, Ida Bagus. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran. Bandung: Karya Putra Darwati.

Wijaya. 2016. Pengaruh Tipe Pengembangan karir dan proses rekrutmen Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Sun Island Kuta

Zamrudi, Zakky. 2013. Strategi Implementasi dari penjualan online secara otomatis terhadap keputusan pembelian.

Zeithaml. 2012. Analisis Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Penerimakaan Pemesanan Pada Cargo Service Center PT. Garuda Indonesia Denpasar.

Published

2023-04-30

How to Cite

Sari, N. K. D., Astina, M. A., & Praminatih , G. A. (2023). Pengaruh Rekrutmen, Kompetensi dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(4), 978 - 999. https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.393