Pengaruh Kepemimpinan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan

Authors

  • Ni Ketut Dewi Widhiastuti Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Nyoman Gede Astina Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Ni Wayan Mega Sari Apri Yani Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.394

Keywords:

Kepemimpinan, Pelatihan; Kinerja, Karyawan

Abstract

Perkembangan hotel yang sangat pesat terutama di Bali yang dimana merupakan tempat wisata yang sudah terkenal secara internasional, menjadikan banyak orang tertarik untuk bekerja di hotel. Di hotel sendiri SDM merupakan aset yang sangat dijaga agar tetap berada dalam perusahaan, mendukung dalam perkembangan hotel agar dapat mencapai terget yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan dan pelatihan terhadap kinerja karyawan di Jimbaran Lestari Hotel dan Residence Spa. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 47 orang menggunakan teknik total sampel. analisa data menggunakan regresi linear berganda. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan koefisien regresi sebesar 0,088 dan nilai t hitung sebesar 2,044. Pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan koefisien regresi sebesar 0,392 dan nilai t hitung sebesar 5,59. Kepemimpinan dan pelatihan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai F hitung 17,211 sig 0,00. Hal ini berarti peningkatan pada kepemimpinan dan pelatihan akan berdampak pada peningkatan kinerja karyawan.

 

The rapid development of hotels, especially in Bali, which is an internationally well-known tourist spot, makes many people interested in working in hotels. At the hotel itself, HR is an asset that is highly guarded in order to remain in the company, supporting the development of the hotel in order to achieve the desired target. This study aims to analyze the influence of leadership and training on employee performance at Jimbaran Lestari Hotel and Residence Spa. The number of samples used were 47 people using the total sample technique. data analysis using multiple linear regression. Hypothesis testing was carried out by t-test and F-test. The results showed that leadership had a positive and significant effect on employee performance with a regression coefficient of 0.088 and a t-count value of 2.044. Training has a positive and significant effect on employee performance with a regression coefficient of 0.392 and a t value of 5.59 . Leadership and training together have a significant effect on employee performance with a calculated F value of 17,211 sig 0.00. This means that an increase in leadership and training will have an impact on increasing employee performance.

Author Biographies

Ni Ketut Dewi Widhiastuti , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

I Nyoman Gede Astina , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

Ni Wayan Mega Sari Apri Yani , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D4 Manajemen Perhotelan

References

Frankel,J.P.& Wallen N.E (2008). How to disign and Evaluate Research in Education.New York : McGraw-Hill Campanies,Inc

Morissan, A. M. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Septini. (2016). Pengaruh Kepemimpinan & Motivasi Terhadap KInerja Karyawan Pada F&B Service Departemen The Obroi Bali . Denpasar: STPBI .

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif , dan R&D . Bandung : Alfabeta .

Published

2023-04-30

How to Cite

Widhiastuti , N. K. D., Astina , I. N. G., & Yani , N. W. M. S. A. (2023). Pengaruh Kepemimpinan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(4), 1000 - 1013. https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.394