Implementasi standar operasional prosedur pramusaji dalam pelayanan lunch pasca pandemi covid-19 di lakeview hotel and restaurant kintamani

Implementation standard operating procedures of waiter in lunch services of post covid-19 pandemic in lakeview hotel and restaurant kintamani

Authors

  • Ni Wayan Risma Pramesti Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v1i1.4

Keywords:

Standar Operasional Prosedur, New Normal, Pramusaji

Abstract

Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan suatu dokumen yang berisi pedoman untuk melaksanakan pekerjaan secara sistematis serta untuk memastikan tindakan penggunaan fasilitas berjalan secara efektif dan efisien dalam suatu organisasi. Pasca pandemi covid-19 yang merubah tatanan kehidupan masyarakat diseluruh dunia mengakibatkan dikeluarkannya peraturan pemerintah untuk pelaku usaha agar menerapkan kehidupan new normal dalam menjalankan aktivitas biasa di luar rumah. Adanya standar operasional prosedur ini untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam pelayanan pramusaji di era new normal ini serta dapat digunakan sebagai acuan dalam bekerja. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara, data dipaparkan dan disajikan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa masih adanya ketidaksesuaian yang terjadi antara SOP pelayanan pramusaji yang diterapkan dengan kondisi kenyataan dilapangan saat memberikan pelayanan. Hasil observasi yang dilakukan selama 3 (tiga) hari dikemukakan beberapa langkah yang tidak sesuai antara lain offer assistance, say thank you, explaining orders dan clear up. Hal ini dikarenakan kurangnya pengawasan saat situasi restoran yang ramai dan kurangnya penguasaan menu oleh pramusaji.

Published

2022-01-31

How to Cite

Pramesti , N. W. R. (2022). Implementasi standar operasional prosedur pramusaji dalam pelayanan lunch pasca pandemi covid-19 di lakeview hotel and restaurant kintamani: Implementation standard operating procedures of waiter in lunch services of post covid-19 pandemic in lakeview hotel and restaurant kintamani. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(1), 39-59. https://doi.org/10.22334/paris.v1i1.4