Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Masa Pandemi

Authors

  • Ni Putu Widiartini Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Ni Putu Isha Aprinica Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.406

Keywords:

Pandemi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini mengenai peran manajemen SDM dalam meningkatkan kinerja karyawan. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana peran manajemen SDM dalam meningkatkan kinerja karyawan di masa pandemi. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat diperoleh bahwa peran manajemen sumber daya manusia dalam meningkakan kinerja karyawan yaitu dengan cara mengecek kuantitas hasil kerja, kualitas kerja, menanyakan hal tentang keinisiatifan saat interview, ketelitian karyawan, kepemimpinan, kejujuran serta kreativitas karyawan. selain itu maanjemen sumber daya manusia selalu memberikan training kepada setiap karyawan setiap bulan untuk meningkatkan skill dan ilmu karyawan.

 

This research is about the role of HR management in improving employee performance. The goal is to find out how the role of HR management in improving employee performance during the pandemic. Data collection techniques used are observation and interviews. The type of data used in this research is qualitative. From the results of research and discussion, it can be seen that the role of human resource management in improving employee performance is by checking the quantity of work, quality of work, asking questions about initiative during interviews, employee accuracy, leadership, honesty and employee creativity. In addition, human resource management always provides training to each employee every month to improve employee skills and knowledge.

Author Biographies

Ni Putu Widiartini , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D3 Perhotelan

Ni Putu Isha Aprinica , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D3 Perhotelan

References

Budiarti, N.Y. (2020). Pengaruh Praktek Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan. Sustainability (Switzerland), 4(1), 109–110. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951. http://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-

Sarah Dryhurst, Claudia R. Schneider, John Kerr, Alexandra L. J. Freeman, Gabriel Recchia, Anne Marthe van der Bles, David Spiegelhalter & Sander van der Linden (2020) Risk perceptions of COVID-19 around the world, Journal of Risk Research, 23:7-8, 994-1006, DOI: 10.1080/13669877.2020.1758193 http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article

Arsyad, F. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Hotel Nusantara Syari’ah Bandar Lampung. 32–47. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Ningsih, N. S. (2012). Peranan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Pt. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru. 29–33. http://repository.uin-suska.ac.id/1436/

Rahmayanti, N. E. (2021). Pengaruh HRD (Human Resources Development) Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN (Persero) Wilayah Sulsel Sultra Dan Sulbar. 3(March), 7. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/18065-Full_Text.pdf

Published

2023-04-30

How to Cite

Widiartini , N. P., & Aprinica , N. P. I. (2023). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(4), 1082 - 1086. https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.406