Efisiensi Penggunaan Teknik Hybrid Terhadap Pembuatan Roti Sourdough

Authors

  • Yulius Budiman Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Putu Sabda Jayendra Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.408

Keywords:

Efisiensi, Teknik Hybrid, Teknik Konvensional

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil akhir dan karakteristik dari penerapan teknik hybrid dan yang menggunakan teknik konvensional terhadap pembuatan roti sourdough, dan pendapat dari responden, terhadap hasil roti Sour dough yang menggunakan tekik hybrid, dan yang mengguakan metode konvensional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, wawancara, kuisioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis terapan, analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil eksperimen didapati bahwa karakteristik yang dihasilkan dari roti sourdough yang menggunakan teknik hybrid mendekati karakteristik dari roti sourdough yang menggunakan teknik konvensional, namun terdapat sedikit kekurangan yaitu rasa dan aroma khas dari roti sourdough yang kurang maksimal.

 

The purpose of this study was to compare the final results and characteristics of the application of hybrid techniques and those using conventional techniques to sourdough bread making, and the opinions of respondents, on the results of sourdough bread using hybrid techniques, and those using conventional methods. The approach used in this research is quantitative and qualitative. Data collection techniques used in this study were experiments, interviews, and questionnaires. The analytical techniques used in this research are applied analysis, quantitative descriptive analysis, and qualitative descriptive analysis. From the experimental results, it was found that the characteristics produced from sourdough bread using a hybrid technique were close to the characteristics of sourdough bread using conventional techniques, but there were a few drawbacks, namely the taste and distinctive aroma of sourdough bread that were less than optimal.

Author Biographies

Yulius Budiman , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D3 Perhotelan

Putu Sabda Jayendra , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

D3 Perhotelan

References

Koswara, S. 2009. “Seri Teknologi Pangan Populer (Teori Praktek)”. Teknologi Pengolahan Roti. e-BookPangan.com.

Kusharto, 2007. “Serat Makanan dan Perannya Bagi Kesehatan”. Jurnal Gizi Dan Pangan , Bogor. https://doi.org/10.25182/jgp.2006.1.2.45-54

Kusnedi Rahmat, 2021. ”Pengaruh Penambahan Pengembang Roti Terhadap Parammeter Organoleptik Pada Pembuatan Roti Manis”. https://jurnal.pradita.ac.id/index.php/jb/article/view/173. (diakses pada 5 September 2022).

Published

2023-04-30

How to Cite

Budiman , Y., & Jayendra , P. S. (2023). Efisiensi Penggunaan Teknik Hybrid Terhadap Pembuatan Roti Sourdough. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(4), 1096 -. https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.408