Analisis menu a’la carte pada basilico retaurant di prama sanur beach hotel
Analysis of the a'la carte menu in basilico retaurant at prama sanur beach hotel
Keywords:
A’la Carte, Klasifikasi Menu, Menu EngineeringAbstract
Penelitian ini dilakukan karena pihak manajemen pada Basilico Italian Pavilion di Prama Sanur Beach Hotel belum melakukan analisis menu engineering secara sistematis sehingga masih ditemukan menu yang kurang diminati di dalam menu. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Analisis yang dilakukan menggunakan teknik menu engineering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari klasifikasi menu a’la carte menggunakan metode menu engineering adalah dari jumlah 47 item menu, 7 item atau 14,89% termasuk dalam kategori star, 17 item atau 36,17% termasuk dalam kategori plowhorse, 11 item atau 23,40% termasuk dalam kategori puzzle, 12 item atau 25,53% termasuk dalam kategori dog. Berdasarkan hasil analisis dapat dilihat bahwa item menu dengan kategori dog masih tinggi dan memiliki selisih yang tidak jauh dengan kategori star, plowhorse dan juga puzzle. Hal ini menunjukkan performa menu di Basilico Italian Pavilion & Bar belum cukup bagus dan perlu dilakukan pengambilan keputusan yang lebih bijak agar perancangan menu di peri ode berikutnya lebih maksimal.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Quido I Made Dedy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.