Analisis menu a’la carte pada basilico retaurant di prama sanur beach hotel

Analysis of the a'la carte menu in basilico retaurant at prama sanur beach hotel

Authors

  • Quido I Made Dedy Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Keywords:

A’la Carte, Klasifikasi Menu, Menu Engineering

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pihak manajemen pada Basilico Italian Pavilion di Prama Sanur Beach Hotel belum melakukan analisis menu engineering secara sistematis sehingga masih ditemukan menu yang kurang diminati di dalam menu. Jenis data  dalam penelitian ini  adalah kualitatif dan  kuantitatif. Teknik pengumpulan data  dengan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Analisis yang dilakukan menggunakan teknik menu engineering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari klasifikasi menu a’la carte menggunakan metode menu engineering adalah dari jumlah 47 item menu, 7 item atau 14,89% termasuk dalam kategori star, 17 item atau 36,17% termasuk dalam kategori plowhorse, 11 item atau 23,40% termasuk dalam kategori puzzle, 12 item atau 25,53% termasuk dalam kategori dog. Berdasarkan hasil analisis dapat dilihat bahwa item menu dengan kategori dog masih tinggi  dan memiliki selisih yang tidak jauh dengan kategori star, plowhorse dan juga puzzle. Hal ini menunjukkan performa menu di Basilico Italian Pavilion & Bar belum cukup bagus dan perlu dilakukan pengambilan keputusan yang lebih bijak agar perancangan menu di peri ode berikutnya lebih maksimal.

Author Biography

Quido I Made Dedy , Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Program Studi Diploma IV Manajemen Perhotelan

Published

2022-04-30

How to Cite

Dedy , Q. I. M. (2022). Analisis menu a’la carte pada basilico retaurant di prama sanur beach hotel: Analysis of the a’la carte menu in basilico retaurant at prama sanur beach hotel. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(4), 813-821. Retrieved from https://paris.ipb-intl.ac.id/index.php/paris/article/view/60

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.