Pengaruh personal hygiene terhadap kualitas pelayanan pramusaji di w hotel & resort

The effect of personal hygiene on the quality of service at the w hotel & resort

Authors

  • Fyan Anthony Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Keywords:

Personal Hygiene, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan agar dapat mengetahui pengaruh personal hygiene pramusaji terhadap kualitas pelayanan pramusaji W Hotel & Resort. Penelitian menghabiskan waktu 2 bulan, yakni dari bulan Mei 2021 hingga Juni 2021. Populasi penelitian ialah karyawan tetap di W Hotel & Resort. Banyaknya sampel penelitian sebanyak 82 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proportional area random sampling. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan semua butir pernyataan dalam kuesioner dinyatakan valid serta semua variabel dinyatakan reliabel. Berdasarkan uji normalitas dinyatakan terdistribusi normal. Dalam uji analisis regresi linear sederhana didapatkan setiap peningkatan personal hygiene dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Berdasarkan uji t didapatkan nilai t-hitung sebesar 8,164 dengan signifikansi 0,000 ini menunjukkan di mana personal hygiene memberikan dampak yang baik serta signifikan terhadap kualitas pelayanan. Pengaruh personal hygiene terhadap kualitas pelayanan sebesar 45,4%. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan pramusaji perlu memperhatikan faktor personal hygiene.

Published

2022-06-30

How to Cite

Anthony, F. (2022). Pengaruh personal hygiene terhadap kualitas pelayanan pramusaji di w hotel & resort : The effect of personal hygiene on the quality of service at the w hotel & resort. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(6), 1526 -1536. Retrieved from https://paris.ipb-intl.ac.id/index.php/paris/article/view/98